PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GEOGRAFI BERBASIS APLIKASI CANVA DALAM BENTUK POSTER DI KELAS X SMA NEGERI 2 SIMPANG HILIR

Mesy Saputri Rahayu, Norsidi Norsidi, Rosanti Rosanti

Sari


Media pembelajaran sangat penting untuk menunjang keberhasilan belajar mengajar terutama untuk meningkatkan keaktifan siswa. Namun saat ini media pembelajaran yang digunakan oleh guru di SMA Negeri 2 Simpang Hilir belum bervariasi. Penelitian bertujuan mengetahui kevalidan dan kepraktisan media pembelajaran geografi berbasis aplikasi Canva dalam bentuk poster. Penelitian menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan model ADDIE. Hasil penelitian yang diperoleh dari validasi ahli materi rata-rata skor sebesar 87,7% (sangat valid), ahli media rata-rata skor sebesar 88,2% (sangat valid). Validasi respon guru rata-rata skor sebesar 97,5% (sangat praktis), validasi respon siswa rata-rata skor sebesar 85,6% (sangat praktis). Secara keseluruhan, penilaian ahli terhadap produk yang dikembangkan menghasilkan rata-rata skor 87,9% (sangat valid), respon guru dan siswa menghasilkan rata-rata skor 90,2% (sangat praktis). Berdasarkan data tersebut maka, media pembelajaran geografi berbasis aplikasi Canva dalam bentuk poster di kelas X SMA Negeri 2 Simpang Hilir dikatakan valid dan praktis digunakan dalam pembelajaran khususnya pada materi pengantar ilmu geografi.


Kata Kunci


Pengembangan, Media Pembelajaran, Canva, Poster

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ardana, M. D., Dayu, D. P. K., & Hastuti, D. N. A. E. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Canva Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas V Sekolah Dasar. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 3, 407–419.

Budiaji, W. (2013). Skala pengukuran dan jumlah respon skala likert. Jurnal Ilmu Pertanian Dan Perikanan, 2(2), 127–133.

Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan bahan ajar berbasis ADDIE model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35–42.

Darung, A., Setyasih, I., & Ningrum, M. V. R. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Geografi Menggunakan Poster Infogrfis. Geoedusains: Jurnal Pendidikan Geografi, 1(1), 27–41.

Dewanti, H., Toenlioe, A. J. E., & Soepriyanto, Y. (2018). Pengembangan Media Pop-Up Book Untuk Pembelajaran Lingkungan Tempat Tinggalku Kelas Iv Sdn 1 Pakunden Kabupaten Ponorogo. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(3), 221–228.

Enterprise, J. (2022). Desain dengan Canva Untuk Pemula. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Hamzah, A. (2019). METODE PENELITIAN & PENGEMBANGAN (Research & Development) Uji Produk Kuantitatif dan Kualitatif Proses dan Hasil. Literasi Nusantara.

Kintoko, K. (2017). Problem-based interactive media on circle’s tangent by using Adobe flash cs6. Daya Matematis: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 5(3), 399.

Lukitawati, P. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis ICT (Information and Communication Technology) Melalui Pendekatan SAVI (Somatic, Auditory, Visual, and Intellectual) Pada Materi Geometri Transformasi Kelas VII Di SMP Ma’had Islam Pekalongan. Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(2), 42–50.

Nurfadhillah, S., Pertiwi, D., Pratiwi, D. I., Dewi, E. P., Saidah, M., & Nurhaliza, S. (2021). Pengembangan media poster dalam pembelajaran IPA kelas IVB SD Negeri Cikokol 3. BINTANG, 3(2), 313–322.

Pangestu, A. R., Purwanto, A., & Rosanti, R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi Stop Motion Pada Mata Pelajaran Geografi. Geodika: Jurnal Kajian Ilmu Dan Pendidikan Geografi, 5(2), 216–225.

Pelangi, G., Syarif, U., & Jakarta, H. (2020). Pemanfaatan aplikasi Canva sebagai media pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia jenjang SMA/MA. Jurnal Sasindo Unpam, 8(2), 79–96.

Pratiwi, U. (2021). Mudah Belajar Desain Grafis Dengan Aplikasi Canva. Yogyakarta: DIVA Press.

Risnawati, R., Andrasmoro, D., & Rosanti, R. (2022). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII SMP NEGERI 1 SANGGAU LEDO KABUPATEN BENGKAYANG. GEO KHATULISTIWA: Jurnal Pendidikan Geografi Dan Pariwisata, 2(2), 53–61.

Sanaky, A. H. (2015). Media Pembelajaran Interaktif-Inovatif. Yogyakarta: KAUKABA DIPANTARA.

Sihwinedar, R. (2015). Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Savi (Somatis, Auditori, Visual, Dan Intelektual) Pada Siswa Kelas Iii Sdn Rejoagung 01 Semboro Tahun Pelajaran 2013/2014. Pancaran Pendidikan, 4(4), 137–148.

Silmi, M. Q., & Rachmadyanti, P. (2018). Pengembangan media pembelajaran video animasi berbasis sparkol videoscribe tentang persiapan kemerdekaan RI SD kelas V. State University of Surabaya.

Siregar, R. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Poster 3 Dimensi Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Tema Energi Dan Perubahannya Di Kelas III SD. EduGlobal: Jurnal Penelitian Pendidikan, 1(3), 258–271.

Sitanggang, M., & Sitompul, P. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android dengan Aplikasi Fiiwrite pada Materi Penyajian Data di Kelas VII SMP Swasta Santo Yosep Medan. Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha, 13(2), 29–34.

Sugandi, D. (2015). Pembelajaran Geografi sebagai Salah Satu Dasar Pembentukan Karakter Bangsa. SOSIOHUMANIKA, 8(2).

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryani, N., Achmad, S., & Putria, A. (2018). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-nc4.footer##

GEO KHATULISTIWA is licensed under a 
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Creative Commons License