ANALISIS KESIAPAN GURU GEOGRAFI DALAM PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA DI SMA NEGERI 1 GALING

Widiawati Widiawati, Novita Sariani, Rosanti Rosanti

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesiapan guru geografi dalam menerapkan kurikulum merdeka. Tujuannya antara lain untuk mengetahui : 1) Bagaimana kesiapan guru geografi dalam menerapkan kurikulum merdeka pada pelaksanaan pembelajaran di SMAN 1 Galing. 2) Apa kendala yang dihadapi guru geografi dalam menerapkan kurikulum merdeka. Metode penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus. Subjek penelitian adalah sesuatu yang diteliti baik orang, benda, ataupun lembaga (organisasi). Subjek penelitian merupakan siapa atau apa yang bisa memberikan informasi data untuk memenuhi topik peneliti. Subjek dalam penelitian ini adalah Kepala SMAN 1 Galing, Waka kurikulum, dan guru geografi kelas X. Adapun teknik pengumpulan data, yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah guru geografi sudah cukup siap untuk menerapkan kurikulum merdeka, hanya saja masih membutuhkan bimbingan lanjut untuk lebih memahami karakteristik dan struktur yang ada dalam kurikulum merdeka karena masih ada beberapa hal yang masih belum dimengerti oleh guru geografi tentang kurikulum merdeka ini.


Kata Kunci


Kurikulum Merdeka, Kesiapan Guru Geografi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ahmad Susanto. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group

Ansumanti. (2022). Persiapan Guru Dalam Melaksanakan Sistem Pembelajaran Merdeka Belajar Di SDN 140 Seluma Kecamatan Sukaraja Kabupaten Seluma. JPT : Jurnal Pendidikan Tematik, 3(3), 1–6.

Anggraena, dkk. (2022). Panduan Pembelajaran dan Asesmen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Menengah (1st ed.). Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.

Arif Munandar. (2012). Pengantar Kurikulum. Yogyakarta, CV Budi Utama.

Ayundasari, L. (2022). IMPLEMENTASI PENDEKATAN MULTIDIMENSIONAL DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KURIKULUM MERDEKA. Sejarah dan Budaya: Jurnal Sejarah, Budaya, dan Pengajarannya, 16(1), 225. https://doi.org/10.17977/um020v16i12022p225-234

Daga, A. T. (2021). Makna Merdeka Belajar dan Penguatan Peran Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 1075–1090. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1279

Dharma, E., & Sihombing, H. B. (2020). MERDEKA BELAJAR: KAJIAN LITERATUR.

Ihsan, M. (2022). Kesiapan Guru Terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. 1(1).

Inayati, U. 2022. Konsep dan Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Abad-21 di SD/MI. In ICIE: International Conference on Islamic Education, 2, 293 – 304.

Karso. (2019). Keteladanan Guru dalam Proses Pendidikan di Sekolah. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 12 Januari 2019, 12(1), 384.

Kemdikbudristek. (2022). Permendikbudristek No. 56 Tahun 2022 tentang pedoman penerapan kurikulum merdeka dalam rangka pemulihan pembelajaran. In Kemdikbudristek.

Madhakomala, Aisyah, L., Rizqiqa, F. N. R., Putri, F. D., & Nulhaq, S. (2022). Kurikulum Merdeka dalam Perspektif Pemikiran Pendidikan Paulo Freire. At- Ta’lim : Jurnal Pendidikan, 8(2), 162–172. https://doi.org/10.55210/attalim.v8i2.819

Muhamad Zaini. (2009). Pengembangan Kurikulum. Yogyakarta, Teras.

Mardika, T. (2019). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR KESULITAN MEMBACA MENULIS DAN BERHITUNG SISWA KELAS 1 SD. Dinamika Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(1). https://doi.org/10.30595/dinamika.v10i1.4049

Mulyasa. (2015). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung, PT Remaja Rosdakarya.

Nisfa, N. L., Latiana, L., Pranoto, Y. K. S., & Diana, D. (2022). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Terhadap Kemampuan Sosial dan Emosi Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5982–5995. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3032

Rahmawati, R,F. (2022). Analisis Kesiapan Guru dalam Pelaksanaan Kurikulum Merdeka di TK ABA V Gondangmanis Kudus. International Conference On Islamic Education. Volume 2. PP 1-10.

Sari ‎, I., & Gumiandari, S. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pasca Pembelajaran Daring ‎Di SMKN 2 Cirebon ‎. Journal of Education and Culture, 2(3), 1–11. https://doi.org/10.58707/jec.v2i3.267

Wijaya, A., Mustofa, Moh. S., & Husain, F. (2020). Sosialisasi Program Merdeka Belajar dan Guru Penggerak Bagi Guru SMPN 2 Kabupaten Maros. Jurnal Puruhita, 2(1), 46–50. https://doi.org/10.15294/puruhita.v2i1.42325

Wote, A. Y. V., & Sabarua, J. O. (2020). Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora. 1.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-nc4.footer##

GEO KHATULISTIWA is licensed under a 
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Creative Commons License