ANALISIS KERUANGAN PASAR SABTU-MINGGU DI SEPANJANG JALAN KOMODOR YOS SUDARSOKECAMATAN PONTIANAK BARAT

Abdullah Hambari, Eviliyanto ., Rosanti .

Sari


Pendidikan geografi adalah ilmu yang mempelajari persamaan dan perbedaan geosfer dengan sudut pandang kewilayahan dan kelingkungan dalam konteks keruangan. Mengkaji fenomena alam di muka bumi serta interaksi manusia. Aktivitas perdagangan adalah salah satu interaksi manusia yang berhubungan dengan pemanfaaatan ruang. Namun disisi lain, interaksi tersebut menyebabkan ketidak seimbangan lingkungan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui interaksi keruangan Pasar Sabtu-Minggu di sepanjang Jalan Komodor Yos Sudarso, Kecamatan Pontianak Barat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif berbentuk analisis kegiatan. Interaksi keruangan di Pasar yang berkaitan dengan lingkungan sekitarnya dikelompokkan menjadi (kepadatan lalu-lintas, kemacetan, keamanan, dan keindahan). Ketidak seimbangan lingkungan terjadi karena interaksi pasar. Puncak ketidak seimbangan lingkungan terjadi pada pagi hari, dikarenakan kendaraan pengunjung yang parkir dibadan jalan dan padatnya lalu-lintas yang didominasi oleh mobil muatan. Intensitas tinggi pengunjung dan pedagang mulai dari pagi hari, dan semakin menurun pada sore hari. Pengunjung memuncak pada hari minggu, demikian juga lapak yang dibuka. Peneliti mengeluarkan output penelitian berupa peta tematik sebaran pedagang pasar, menggunakan teknik penginderaan jauh. Informasi sebaran pedagang akan diproses kedalam konsep pemetaan, dengan menggunakan Geographic Information System (GIS) yang dapat digunakan untuk memberikan informasi mengenai persebaran pedagang di sepanjang Jalan Komodor Yos Sudarso.

Kata Kunci: Geografi, dan Interaksi Keruangan


Kata Kunci


Geografi, dan Interaksi Keruangan

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Efendi, Saiful. (2020). Analisis Kinerja Ruas Jalan Akibat Aktivitas Pasar. Skripsi [Online]. Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Mataram.

Rahmanelli. (2016). Wujud Kecerdasan Spasial (Spatial Intelligence) Dalam Kajian Geografi Regional.

Prosiding Seminar Nasional Geografi 2016. Universitas Negeri Padang.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung. Alfabeta

Yuliyanto, T. (2008). “Analisis Keruangan Pasar Burung Ngasem Kota Yogyakarta”. Skripsi [Online]. Fakultas Geografi, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Yermadona, H. & Mira Meilisa. (2020). Pengaruh Aktivitas Pasar Terhadap Arus Lalu Lintas (Studi Kasus Pasar Baso Kabupaten Agam). Jurnal Rang Teknik Vol. 3, No.1, hlm 76


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-nc4.footer##

GEO KHATULISTIWA is licensed under a 
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Creative Commons License