PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN CHATBOT SOBAGO PADA MATERI TEKTONISME TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 8 PONITIAK
Sari
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui minat belajar siswa dengan tidak menggunakan media pembelajaran chatbot SobaGo pada materi tektonisme dan dengan menggunakan media pembelajaran chatbot SobaGo pada materi tektonisme kelas X di SMA Negeri 8 Pontianak , serta mengetahui apakah terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran chatbot SobaGo pada materi tektonisme terhadap minat belajar siswa kelas X di SMA Negeri 8 Pontianak. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan bentuk quasi experimental design dan rancangan penelitian nonequivalent control group design. Minat belajar siswa dengan tidak menggunakan media pembelajaran chatbot SobaGo dikategorikan dengan minat belajar yang sedang, dengan rata – rata hasil minat belajar sebesar 77,71. Minat belajar siswa dengan menggunakan media pembelajaran chatbot SobaGo dikategorikan dengan minat belajar yang tinggi, dengan rata – rata hasil minat belajar sebesar 82,89. Hasil uji t yang diperoleh, t hitung sebesar 2, 320 lebih tinggi dari t tabel yaitu 1,995. Maka dapat disimpulkan peenggunaan media pembelajaran chatbot SobaGo berpengaruh postitif terhadap minat belajar siswa pada materi tektonisme, dengan hipotesis (Ha) diterima dan Hipotessis (H0) ditolak.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Barakbah, A. (2021). Buku Panduan
Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Politeknik Elektronika Negeri Surabaya: tidak diterbitkan.
Aprilinda, Y., Martavia, T., Erlangga, E.,
Afandi, F. N., & Rizal, U. (2022). Chatbot
Menggunakan Natural Language Processing untuk Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Android. Jurnal Manajemen Sistem Informasi Dan Teknologi, 12(1), 23.
Danuri, & Maisaroh, S. (2019). Metode
Penelitian Pendidikan.
Bantul: Samudra Biru.
Fauzy, H., Arief, Z. A., & Muhyani, M.
(2019). Strategi Motivasi Belajar Dan Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Bahasa Arab. Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 12(1), 112.
Gaho, A. (2023). Analisis Penggunaan
Teknologi Dalam
Pembelajaran. Jurnal
Pemdidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 4(2).
Hasan, M., Milawati, Darodjat, Harahap, T.
K., Tahrim, T., Anwari, A. M., Rahmat, A., Masdiana, & Indra, I. M. (2021). Media Pembelajaran. Klaten: Tahta Media Group.
Hidayat, D. (2022). Pengembangan
Chatbot Revolusi Edukasi 2.0 di Terra Weather pte. ltd. Laporan Magang. Program Studi Informatika Fakultas Teknik Dan Informatika Universitas Multimedia Nusantara. Tangerang.
Hulu, Y., & Telaumbanua, Y. N. (2022).
Analisis Minat Dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning. Educativo:Jurnal Pendidikan, 1(1), 283–290.
Juanta, P., Fa, F., Alexa, H., Andrian, D., &
Nababan, V. S. (2024). Analisis Pengaruh Penggunaan Chatbot sebagai Asisten Pembelajaran AI terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains dan Terapan. 3(1), 38–44.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-nc4.footer##
GEO KHATULISTIWA is licensed under a
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License