UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DI KELAS X SMA NEGERI 1 SEKAYAM KABUPATEN SANGGAU

Lidia Lita, Suherdiyanto Suherdiyanto, Ivan Veriansyah

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Geografi di kelas X SMA Negeri 1 Sekayam Kabupaten Sanggau melalui penerapan Model Pembelajaran Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM). Berdasarkan hasil pra observasi, ditemukan bahwa metode pembelajaran yang diterapkan selama ini masih bersifat satu arah, dengan dominasi ceramah, sehingga menyebabkan siswa kurang aktif dan kesulitan dalam memahami materi, khususnya dalam pembelajaran Geografi. Oleh karena itu, penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Pada Siklus I, hasil belajar siswa menunjukkan peningkatan dengan nilai rata-rata kelas 70 dan ketuntasan klasikal 30%, namun masih belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan, yaitu 75%. Refleksi setelah Siklus I menunjukkan adanya beberapa kelemahan, seperti rendahnya motivasi siswa dalam berdiskusi, kurangnya inisiatif bertanya, dan terbatasnya keberanian siswa untuk menyampaikan pendapat. Siklus II dengan menyesuaikan strategi pembelajaran agar lebih melibatkan siswa dalam menganalisis materi dan berdiskusi.Pada Siklus II, hasil belajar siswa meningkat signifikan, dengan nilai rata-rata kelas mencapai 78,5 dan ketuntasan klasikal 75%. Secara keseluruhan, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) dapat menjadi alternatif yang efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Penerapan model pembelajaran ini mampu meningkatkan pemahaman siswa, membangkitkan motivasi belajar, dan mendorong keterlibatan aktif siswa dalam pembelajaran Geografi. Penelitian ini memberikan kontribusi bagi pengembangan metode pembelajaran yang dapat diimplementasikan di SMA Negeri 1 Sekayam, serta sebagai referensi bagi guru dan pendidik dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran dan hasil belajar siswa di sekolah-sekolah lain

Kata Kunci


Pembelajaran Berbasis Masalah, Hasil Belajar, Geografi, Penelitian Tindakan Kelas

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, S. (2013). ProsedurPenelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

.(2014). Penelitian tindakan. Jakarta: Bumi Aksara.

Darmadi, H. (2014). Metode penelitian pendidikan dan sosial. Bandung: CV. Alfa Beta

Huda, M. (2014). Model-model pengajaran dan pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Isjoni. (2010). Cooperative Learning. Bandung: Alfabeta.

Istarani. 2012. Kumpulan 40 Metode Pembelajaran. Medan: Media Persada Kurniasih, I . (2015). Model Pembelajaran. Yogyakarta: Kata Pena

Mahmud. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Nawawi, H. (2015). Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Purwanto, N. (2013). Prinsip-prinsip dan teknik evaluasi pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Riduwan. (2014). Metodelogi Penelitian. Bandung: Alfabeta

Rusman. (2013). Model-model pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sholeh, M. (2014). Metodologi pembelajaran kontemporer. Yogyakarta: Kaukaba.

Sugiyono. (2014). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Suprijono, A. (2014).Cooperative learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Suwandi, S . (2012). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) & Penulisan Karya Ilmiah. Surakarta: Yuma Pressindo.

Zuldafrial. (2012). Evaluasi pendidikan & penelitian tindakan kelas. Pontianak: STAIN Pontianak Press.

_________. (2011). Penelitian Kualitatif. Surakarta: Yuma Pustaka.

_________.(2012). Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Media Perkasa.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-nc4.footer##

GEO KHATULISTIWA is licensed under a 
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Creative Commons License