ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS TERPADU DI KELAS VIII SMP NEGERI 09 SATAP KECAMATAN NANGA TAYAP KABUPATEN KETAPANG

Margareta Heny, Ihsan Nurhakim, Rosanti Rosanti

Sari


Pendidikan memiliki peran penting dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia, sebagaimana tercantum dalam Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Salah satu mata pelajaran penting di sekolah adalah Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), yang bertujuan mengembangkan pemahaman sosial siswa. Namun, pembelajaran IPS sering kali didominasi metode ceramah yang kurang efektif, sehingga siswa menjadi pasif. Untuk mengatasi hal ini, penggunaan media pembelajaran seperti gambar dapat menjadi solusi guna meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media gambar terhadap keaktifan belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 09 Satap Kecamatan Nanga Tayap, Kabupaten Ketapang, khususnya pada mata pelajaran IPS Terpadu. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan teknik wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media gambar mampu meningkatkan keaktifan belajar siswa dengan menarik perhatian mereka, memudahkan pemahaman, serta mendorong kerjasama dalam kelompok dan kemampuan siswa mengemukakan pendapat. Meskipun terdapat beberapa keterbatasan, seperti ukuran gambar yang hanya dapat dilihat oleh sebagian kelompok siswa, penggunaan media gambar secara umum memberikan dampak positif terhadap keaktifan belajar siswa. Indikator keaktifan belajar, seperti perhatian siswa, kerjasama dalam kelompok, serta kemampuan mengutarakan pendapat, menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam proses pembelajaran IPS Terpadu

Kata Kunci


Media Gambar, Keaktifan, Pembelajaran IPS

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arsyad, A. (2019). Media pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Arsyad, A. (2020). Media pembelajaran edisi revisi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Arsyad, A. (2017). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Briggs, L. J. (dalam Arsyad, A. 2019). Media pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Dale, E. (1969). Audio-visual methods in teaching. New York: Holt, Rinehart and Winston.

Dimyati & Mudjiono. (2013). Belajar dan pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54.

Hamalik, O. (2015). Proses belajar mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamalik, O. (2015). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Heinich, R., Molenda, M., Russell, J. D., & Smaldino, S. E. (2005). Instructional media and technologies for learning. New Jersey: Pearson Merrill Prentice Hall.

Kristanto, V. (2018). Metodologi penelitian pendidikan. Jakarta: Gramedia.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative data analysis: An expanded sourcebook. Thousand Oaks, CA: Sage Publications.

Nasution, A. F. (2023). Metodologi penelitian: Konsep dan aplikasi. Medan: Perdana Publishing.

Piaget, J. (dalam Suparno, P. 2016). Teori perkembangan kognitif Jean Piaget. Yogyakarta: Kanisius.

Rosini, L., & Adab, P. (2023). Metode penelitian sosial. Jakarta: Prenadamedia Group.

Rosita, R. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jakarta: Prenadamedia Group.

Sanjaya, W. (2012). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Saleh, S. (2017). Metodologi penelitian kualitatif. Makassar: Alauddin University Press.

Sardiman, A. M. (2018). Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sudjana, N., & Rivai, A. (2019). Media pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, N. (2014). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Suparno, P. (2016). Teori perkembangan kognitif Jean Piaget. Yogyakarta: Kanisius.

Suhono, T., & Al Fatta, H. (2021). Metodologi penelitian. Yogyakarta: Deepublish.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. (2003). Jakarta: Sekretariat Negara Republik Indonesia.

Vygotsky, L. S. (1978). Mind in society: The development of higher psychological processes. Cambridge, MA: Harvard University Press.

Walidin, W., Saifullah, & Tabrani, Z. A. (2015). Metodologi penelitian kualitatif & grounded theory. Banda Aceh: FTK Ar-Raniry Press.

Windiani, R. (2016). Pendekatan etnografi dalam penelitian kualitatif. Jurnal Sosial Humaniora, 7(2), 99–108.

Yudianti, D., dkk. (2014). (dalam Rosita, 2020). Pendidikan sebagai upaya peningkatan kualitas manusia. Bandung: Alfabeta.

Yusuf, M. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif & penelitian gabungan. Jakarta: Prenadamedia Group.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-nc4.footer##

GEO KHATULISTIWA is licensed under a 
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Creative Commons License