ANALISIS KONDISI SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT DI SEKITAR AREA PERTAMBANGAN BATU GRANIT DI DESA PENIRAMAN KECAMATAN SUNGAI PINYUH KABUPATEN MEMPAWAH

Ridha Maulidiyah, Eviliyanto ., Dian Equanti

Sari


Secara umum tujuan penelitian ini untuk mengetahui a). Kondisi demografi di daerah penelitian b). kondisi sosial masyarakat di sekitar area pertambangan Batu Granit, c). kondisi ekonomi masyarakat di sekitar area pertambangan Batu Granit, d). Aspek lingkungan ini dapat dilihat dari dampak positif dan negatif terhadap penduduk masyarakat desa rasakan setelah berdirinya perusahaan pertambangan di Desa Peniraman. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan bentuk deskriptif dengan metode kuantitatif. Pengumpulan data dengan teknik observasi langsung, Komunikasi tidak langsung dan tudi documenter.. Hasil Penelitian ini adalah Kondisi sosial ekonomi masyarakat di sekitar area pertambangan batu granit Dusun Danau Gambir Desa Peniraman Kecamatan Sungai Pinyuh Kabupaten Mempawah dikatakan sudah cukup baik, masyarakat di Desa Peniraman juga bisa dikatakan sudah cukup sejahtera jika dilihat dari berbagai macam jenis pekerjaan dengan pendapatan yang lumayan didapat, dimana telah disimpulkan bahwa mayoritas masyarakat yang memiliki pekerjaan atau telah memiliki penghasilan, maka juga memiliki tempat tinggal yang sudah baik. Ini menunjukan bahwa kondisi sosial ekonomi tempat tinggal memiliki kecenderungan pada pekerjaan masyarakat yang telah memiliki penghasilan.

 

Kata Kunci : Pertambangan, Batu Granit, Sosial,.

 


Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Equanti, D., & Dkk. (2018). Survei Kondisi Sosial Ekonomi Rumah Tangga Kuliah Kerja Lapangan. Pendidikan Geografi.

Nawawi, H. (2012). Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gajahmada University Pers.

Salim, H. (2012). Hukum Pertambangan Mineral & Batubara. Jakarta: Sinar Grafika.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2009 Tentang Pertambangan Mineral dan Batubara. (n.d.). Retrieved from Jaringan Dokumen dan Informasi Hukum-Sekretariat Kabinet Republik Indonesia: https://jdih.setkab.go.id/PUUdoc/16605/UU0042009.htm#:~:text=1.,dan%20penjualan%2C%20serta%20kegiatan%20pascatambang.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-nc4.footer##

GEO KHATULISTIWA is licensed under a 
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Creative Commons License