PENGARUH PENGGUNAAN GAME ONLINE KAHOOT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA GEOGRAFI DI KABUPATEN SAMBAS

Fera Fera, Ajun Purwanto

Sari


Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh penggunaan game online Kahoot terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran geografi belajar siswa kelas XI SMA Negeri 2 Tebas Kabupaten Sambas. Tujuan khusus penelitian ini untuk mendapatkan informasi yang lebih objektif tentang hasil belajar siswa sebelum dan setelah menggunakan game online Kahoot, pengaruh penggunaan game online Kahoot terhadap hasil belajar mata pelajaran geografi kelas XI SMA Negeri 2 Tebas Kabupaten Sambas. Metode yang adalah metode eksperimen, bentuk penelitian Pre-eksperimen dan rancangan penelitian One- Group Pretest-Posttest Design. Teknik pengumpul data menggunakan teknik Pengukuran dan dokumenter. Alat pengumpul  data yaitu tes dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian siswa kelas XI yang terdiri dari 4 kelas, penentuan sampel menggunakan sampling purposive, sehingga terpilih kelas XI IIS 3 SMA Negeri 2 Tebas. Teknik pengukuran data dengan tes pilihan ganda. Hasil uji hipotesis diperoleh rata-rata hasil belajar siswa menggunakan game online Kahoot  60.14. analisis T-Test diperoleh t 3,594 ˃2,052. Dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak yang berarti “terdapat perbedaan pada hasil belajar sebelum dan sesudah menggunakan game online Kahoot siswa kelas XI IIS 3 SMA Negeri 2 Tebas.

 

Kata kunci : Game Online Kahoot, hasil belajar.

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Dewi, C. K. (2018). Pengembangan Alat Evaluasi Menggunakan Aplikasi Kahoot Pada Pembelajaran Matematika Kelas X (Skripsi). Tersedia dari http://repository.radenintan.ac.id/4286/1/SKRIPSI%20CAHYA%20KURNIA.pdf.

Kaunang, S. E. (2020). Interesting Learning Model Using Kahoot Application As A Learning Evaluation Material Of Student. Dinamika Pembelajaran : Jurnal Imiah Pembelajaran Vol 2, Juni 2020, 42-49.

Putri, A. R., & Muzakki, M. A. (2019). Implemetasi Kahoot Sebagai Media Pembelajaran. Penguatan Muatan Lokal Bahasa Daerah sebagai Pondasi Pendidikan Karakter Generasi Milenial” (p. 220). Kudus: Universitas Muria Kudus.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-nc4.footer##

GEO KHATULISTIWA is licensed under a 
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Creative Commons License