ANALISIS SISTEM PENGELOLAAN SAMPAH DI TEMPAT PEMBUANGAN AKHIR (TPA) RASAU JAYA DESA KUALA DUA KECAMATAN SUNGAI RAYA KABUPATEN KUBU RAYATAHUN 2021

Sendy Sandyka Rukmana, Ajun Purwanto, Paiman M.Pd

Sari


Tujuan penelitian ini secara umum adalah untuk mengetahui Sistem Pengelolaan Sampah Di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Rasau Jaya Desa Kuala Dua Kecamatan Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya Tahun 2021. Subjek penelitian ini terdiri dari mandor sekaligus pengelola TPA yang ada di Rasau Jaya, Masyarakat sekitar TPA Rasau Jaya serta pemulung yang ada di TPA Rasau Jaya dan terdiri dari 15 informan, sedangkan objek penelitian ini adalah Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Rasau Jaya. Teknik pengumpulan data peneliti menggunakan teknik observasi langsung, komunikasi langsung, dan studi dokumenter dengan alat pengumpulan data berupa panduan observasi, panduan wawancara dan stuudi dokumenter.Teknik analisis data menggunakan teknik analisis Model Interatif & Huberman dan teknik analisis keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.Berdasarkan hasil penelitian dan pengolahan data maka dapat di tarik kesimpulan secara umum bahwa sistem pengelolaan sampah belum optimal karena masih menggunakan sistem Open Dumping yaitu penumpukan sampah di atas tanah terbuka sehinggga kelihatan seperti bukit-bukit sampah yang tinggi.

 


Kata Kunci


Sistem Pengelolaan Sampah

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Amidun dan Nurwati.(2019). Pemanfaatan Sampah Plastik Menjadi Kerajinan Tangan Guna Meningkatkan Kreativitas Warga sekitar. Jakarta. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat. 2 (1), 66-79.

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman dalam Bidang Kebersihan 2021.

Moleong, J. Lexy. (2014). Metode Penelitian Kualitatif.Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Nasution, Nurul Hikmah. (2007). Analisis Sistem Pengelolaan Sampah Di TPA Terjun kecamatan Medan Marlenan Kota Medan.Medan : Universitas Sumatera Utara.

Ilma, Dien Amalia. (2009). Inovasi Pembuatan Limbah Plastik Menjadi Kerajinan Tangan Hiasan Bunga. Jurnal Ilmiah.

Peraturan Daerah Nomor 09 Tahun 2013 Tentang Pengelolaan Sampah di Kabupaten Kubu Raya dan Peraturan Bupati Kabupaten Kubu Raya No.31 Tahun 2014 Tentang pengamanan, Penyelenggaraan, dan Pengelolaan Sampah di Kabupaten Kubu Raya.

Prastanti, Aji Novia. (2015). Pemanfaatan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sebagai Objek Wisata Edukatif Di Desa Sukoharjo Kecamatan Margorejo Kabupaten Pati. Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatauf, dan R&D. Bandung : Alfabet.

Standar Nasional Indonesia (SNI) 03-3241-1994. Tentang Tata Cara Pemilihan Lokasi TPA.

Tabrani Husein, Aliamin. 2016. Sistem Pengelolaan Sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) MuaraFajar Kota Pekanbaru. Universitas Riau.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-nc4.footer##

GEO KHATULISTIWA is licensed under a 
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Creative Commons License