MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENERAPKAN MEDIA GAMBAR PADA MATERI PENGARUH INTERAKSI SOSIAL DALAM KEHIDUPAN SOSIAL DAN KEBANGSAAN KELAS VIII MTS AL-MUSTAQIM 2 SUNGAI BULAN TAHUN AJARAN 2019/2020

Erika Dewi, Eviliyanto M.Pd, Ivan Veriansyah

Sari


Belajar dapat didefinisikan sebagai suatu proses tingkah laku yang ditimbulkan atau diperbaiki melalui reaksi dan situasi yang terjadi. Belajar melibatkan berbagai unsur yang ada didalamnya, berupa kondisi fisik dan psikis orang yang belajar, kedua kondisi tersebut akan sangat berpengaruh terhadap hasil belajarnya. Penggunaan media pembelajaran harus disesuaikan dengan beberapa hal diantaranya karakteristik siswa dan tujuan pembelajaran yang dilakukan. Kegiatan belajar mengajar yang menggunakan media pembelajaran diperlukan adanya proses perencanaan, pemilihan, dan pemanfaatan media pembelajaran agar tujuan yang diinginkan dapat tercapai. Salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan adalah media gambar. Media gambar adalah media visual dalam bentuk grafis. Media grafis didefinisikan sebagai media yang mengkombinasikan fakta dan gagasan secara jelas dan kuat melalui suatu kombinasi pengungkapan kata-kata dan gambar-gambar. Oleh karena itu diperlukan penelitian meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkanmedia gambar.


 


Kata Kunci


Media Pembelajaran, Media Gambar, Pembelajaran Geografi

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Abdurrahman, Abror (2007), psikologi Pendidikan Yogyakarta, Tiara Wacana

Arikunto, Saharsimi (2010), Prosedur Penelitian Pendekatan Praktek. Jakarta:Rineka Cipta

Asep Jihad dan Abdul Haris, (2008). Evaluasi Pembelajaran. Jakarta. MultiPresindo

Darmadi, Hamid, (2011). Metode Penelitia Pendidikan. Bandung. Alfabeta

Djamarah, Bahri Syaiful dan Anwar Zain. (2006), Strategi Belajar MengajarJakarta: Rineka Cipata

Dimyati dan Mudjiono, (2006). Belajar dan pembelajaran, jakarta: PT. RinekaCipta.

Djiwandono. (2008). Belajar dan Pembelajaran. Surakarta: Sebelas MaretUniversity.

Djobar. (2003). Pendidikan Strategi Alternatif Untuk Masa Depan. Yogyakarta;Lesfi.

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Hamalik, Oemar. (2006). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Askara.

Huda, Miftahul. (2013). Model-model Pngajaran dan Pembelajaran.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Musfiqon. (2012). Pengembangan Media dan Sumber Media PembelajaranJakarta PT. Prestasi Pustakarya

Munadi, 2010, Media Pembelajaran, Bandung PT. RemajaRosdaKarya.

Nawawi, Hadari. (2012). Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: GajahMada University Press Yogyakarta.

Purwanto. (2011). Evaluasi Hasil Belajar. Surakarta: Pustaka Pelajar.

Purwanto. (2011). Statistik Untuk Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rusman. (2010). Model-model Pembelajaran. Bandung: Rajawali Pers.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: RinekaCipta.

Sudijono, Anas. (2011). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Bandung: alfabeta.

Sudjiono, Anas. (2012). Pengantar statistik Pendidikan. Jakarta: RajagrafindoPersada.

Sudjana, Nana. (2012). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung:Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R and D.Bandung: Alfabeta.

Suparman, dkk. (2012). Ilmu Pengetahuan Sosial. Solo: Tiga Serangkai PustakaMandiri.

Suryabrata, Sumadi. (2003). Metodelogi Penelitian Yogyakarta: UniversitasGajah Mada.

K. Wardyatmoko. (2004). Geografi SMA Kelas XI. Jakarta: Erlangga.

Sunita. (2010). Penelitian Kuantitatif. Pontianak: IKIP PGRI Pontianak.

Sukardi. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Tindakan Kelas. Jakarta; BuniAksara.

Sugiyono.(2009) Statistik Untuk Penilaian. Bandung: Alfabeta

Tim Penyusun. (2016). Pedomam Oparasional Tahun Akademik 2016 Tentang: Akademik, Kemahasiswaan, Penulisan Skripsi Dan Makalah. Pontianak.IKIP PGRI

Zulfadrial. (2010). Penelitian Kuantitatif. Pontianak; STAIN Pontianak Press

Wahjudi E.(2015),Penerapan Media Gmbar Dalam Pembelajaran IPA

Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IX-I Di SMP Negeri Kalianget.Jurnal Lentera Sains (Lensa),16(1):1-2.

Yuswari,’’ Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Di Kelas SD PT. Lestari Tani Teladan (ltt)’’

Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol.3 No 4 ISSN 2354-614X


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-nc4.footer##

GEO KHATULISTIWA is licensed under a 
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Creative Commons License