ANALISIS MINAT BELAJAR PADA MAPELGEOGRAFI DALAM PEMBELAJARAN ONLINE DAN OFFLINE PADA MASA PANDEMICOVID – 19

Marina Yovita, Suherdiyanto M.Pd, Novita Sariani

Sari


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya wabah covid – 19 di dunia yang menyebabkan krisis kesehatan global. Masalah ini membuat kebijakan untuk mengubah pembelajaran offline menjadi online. Berdasarkan situasi tersebut, peneliti tertarik untuk menyoroti minat belajar siswa pada periode covid – 19. Pendekatan penelitian adalah deskritif kualitatif. Instrument menggunakan observasi, kuisioner/angket, dan wawancara langsung. Yang menjadi subjek dalam penelitian adalah siswa kelas XI IPS 1 sampai IPS 5 perwakilan 10 orang dalam setiap kelas sedangkan wawancara informannya adalah kepala sekolah, waka kurikulum, waka kesiswaan, dan guru geografi di SMAN 1 Sekayam Kabupaten Sanggau. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan angket siswa memberikan alasan yang antara lain: 1). Siswa tidak mampu membeli kuota internet. 2). Selama belajar online minat belajar dan nilai siswa menjadi menurun dari sebelumnya. 3). Siswa kurang memahami materi yang diberikan guru pada saat pelaksanaan pembelajaran online. 4). Sebagian siswa merasa terganggu pada saat pelaksanaan pembelajaran online karena keterbatasan akses internet. 5). Sehingga siswa tidak fokus saat belajar online maupun pada saat ujian online berlangsung. 6). Siswa juga mengatakan belajar online membuatnya cepat jenuh dan bosan sehingga lebih banyak waktu bermain-main. 7). Dan sehingga siswa lupa mengerjakan tugas yang diberikan guru. Jadi disimpulkan 40 dari 50 siswa tidak berminat belajar online. 8). Berdasarkan angket pembelajaran offline siswa lebih suka belajar dengan pembelajaran tatap muka. 9). Siswa juga dapat memahami materi pelajaran yang disampaikan oleh guru. 10). Sebagian siswa mengatakan minat blajar dan nilainya meningkat ketika belajar dilaksanakan dengan tatap muka. 11). Sehingga sebagian siswa lebih senang belajar tatap muka dari pada pembelajaran online karena pembelajaran online membuat cepat jenuh dan bosan. 12).Siswa juga mengatakan lebih senang dengan pembelajaran tatap muka selain bisa berkomunikasi secara langsung dengan teman sebaya juga dapat memahami materi yang diberikan guru. 13). Siswa juga lebih dapat berkonsenterasi pada saat belajar tatap muka. Jadi dapat disimpulkan 40 dari 50 siswa berminat belajar pada pembelajaran tatap muka. 14) berdasarkan wawancara kepada guru geografi, guru geografi mengatakan yang menjadi faktor dan kendala dalam pelaksanaan pembelajaran online adalahseperti tidak punya hp, paketnya tidak ada, dan jaringan pun kurang mendukung sehingga berpengaruh pada minat belajar siswa dan nilai siswa serta karakter siswa.


Kata Kunci


minat belajar, pembelajaran online dan offline pandemi covid – 19

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Abdul Hadis dan Nurhayati, 2010. Psikologi Dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta. Ahmad Susanto.

Anggito, Albi & jogan Setiawan, 2018. Metedologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV Jejak.

Anggito, Albi dan johan Setiawan, 2018. Metode Penelitian Kualitati. Sukabumi: Jejak Publisher.

Fahurrohman, dkk, 2017. Pengembangan Pendidikan karakter. Bandung: Rosdakarya.

Maudiarti, S. (2018).Penerapan Learning di Perguruan Tinggi. Jakarta: Widya Medika.

Persada KBBI. (2007).Pusat Bahasa Pendidikan Nasional. Jakarta: Balai Pustaka Refika Aditama

Rusman, 2013. Model-Model Pembelajaran Jakarta: Raja Grafindo Persabda.

Rusman, 2013. Belajar dan Pembelajaran Berbasis computer. Bandung: Alfabeta.

Slameto, 2013. Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Slameto, 2012. Belajar dan Faktor-factor yang mempengaruhi. Jakarta: PT Rinek Cipta.

Sugiyono, 2019. Metode Penelitian pendidikan dan Pengembangan (Reseach and Development/R&D). Bandung: Alfabeta.

Tim Penyusunan (2017/2018), Panduan Operasional Akademik. IKIP-PGRI Pontianak Yogyakarta : Gava Media

Daryanto dan Suryatri, D. (2013). Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah.

Istarani, 2011. Pembelajaran Inovatif (Refensi) guru dalam menentukan model.

Ridwan Sanjaya, 2020. Refeksi Pembelajaran Daring di Masa Darurat. SCU Knowledge Media.

Firman,F.,& Rahayu,S.(2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid - 19. Indonesia journal of education Science(IJES).

Hakim, L,& Khusniya,I.L. (2019). Efektifitas Pembelajaran Berbasis Daring. Universitas Islam negri mataram: Jurnal Tasqif.

N Arnesti, 2015. Penggunaan Media Pembelajaran Online. Medan: Universitas Negeri Medan.

Ol Handarini Moore et al (dalam Firman dan Sari, 2020. Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH). Surabaya: Unesa.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-nc4.footer##

GEO KHATULISTIWA is licensed under a 
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Creative Commons License