PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAME TOURNAMENT (TGT) DI KELAS X IPS 1 MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 PONTIANAK KALIMANTAN BARAT

Sylvia Yolanda, Ajun Purwanto, Paiman Paiman

Sari


Penelitian ini bertujuan: 1) mengetahui pelaksaan pembelajaran TGT, 2) mengetahui peningkatan hasil belajar dan 3) Apakah melalui model pembelajaran Team Game Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas  (Class Room Reserch), dengan bentuk kolaboratif. Subjek penelitian adalah kelas X IPS 1 dengan jumlah siswa 38 orang siswa. Tenik pengumpulan data dengan menggunakan observasi langsung, pengukuran dan dokumentasi, dengan alat berupa panduan observasi, soal tes dan data dokumenter. Teknis analisis dalam penelitian ini menggunakan prosentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) penerapan model pembelajaran Team Game Tournament berlangsung sesuai dengan tahapan model yang digunakan dan memberi dampak yang baik terhadap proses dan hasil belajar siswa. 2) Terdapat peningkatan hasil belajar siswa, dengan ketuntasan sebanyak 23 orang (60,5 %) pada siklus I, rata-rata nilai 78,15 dan terjadi peningkatan hasil belajar siswa, jumlah yang tuntas mencapai 33 orang siswa dengan rata-rata 86,8% pada siklus II dengan rata-rata 80,52, 3) Penerapan model pembelajaran Team Game Tournament dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas X IPS 1 Madrasah Aliyah Negeri 1 Pontianak.

 

Kata Kunci: Team Games Tournament dan Hasil Belajar


Kata Kunci


Team Games Tournament dan Hasil Belajar

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Agustini, N. M., Dibia, I. K., & Suartama, I. K. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Team Game Tournament (TGT) Berbantuan Media Flip Chart Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD. MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1).

Arikunto, S. (2015). dkk, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Damarwan, E. S., Haryanto, H., & Tara, L. (2018). The Effect of Problem Based Learning and Teams Games Tournaments Model to Improve Competencies. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 24(1), 137–146.

Kamaruddin, S., & Yusoff, N. M. R. N. (2019). The Effectiveness of Cooperative Learning Model Jigsaw and Team Games Tournament (TGT) towards Social Skills. Creative Education, 10(12), 2529–2539.

Kristiana, I., Nurwahyunani, A., & Dewi, E. R. S. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran TGT Menggunakan Media Puzzle Terhadap Keaktifan Dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Materi Sistem Ekskresi Siswa Kelas VIII MTs N 1 Semarang. Bioma: Jurnal Ilmiah Biologi, 6(2).

Listyarini, D. W., As'ari, A. R., & Furaidah, F. (2017). Penggunaan Model Pembelajaran Teams Game Tournament (TGT) Dengan Permainan Halma Pada IPA di Sekolah Dasar. In Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran dan Pendidikan Dasar 2017 (pp. 645–652).

Moore, K. D. (2014). Effective instructional strategies: From theory to practice. Sage Publications.

Ramadiana, A., In'am, A., & Kusumawardana, A. S. (2019). The Effect of Cooperative Learning Type Teams Games Tournament (TGT) on Creativity and Comprehension the Student's Concept in Mathematics Learning. MEJ (Mathematics Education Journal), 3(1), 17–24.

Retnawati, H., Kartowagiran, B., Arlinwibowo, J., & Sulistyaningsih, E. (2017). Why Are the Mathematics National Examination Items Difficult and What Is Teachers' Strategy to Overcome It?. International Journal of Instruction, 10(3), 257–276.

Rochmanto, Y. (2015). Penerapan Model Pembelajaran TGT (Team Games Tournament) pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII dengan Memanfaatkan Facebook sebagai Media Pembelajaran. Journal of Educational Social Studies, 4(1).

Semaranatha, I. M., Mardana, I. B. P., & Rapi, N. K. (2017). Tindak Guru Fisika Dalam Penerapan Pembelajaran Berpusat Pada Siswa Di SMA Negeri 1 Sawan. Wahana Matematika Dan Sains: Jurnal Matematika, Sains, Dan Pembelajarannya, 10(1), 49–59.

Slavin, R. E. (2009). Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Veloo, A., & Chairhany, S. (2013). Fostering students' attitudes and achievement in probability using teams-games-tournaments. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 93, 59–64.

Zulfaidhah, Z., Palenewen, E., & Hardoko, A. (2018). Needs Analysis in the Problem Based Learning (PBL) Model Tools and Problems Regarding 7th Grade Students' Science Learning Outcome at SMPN 2 Bongan. BIODIK, 4(1), 48–59.

Zulfira, V., Anggereini, E., & Sadikin, A. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Biologi Pada Materi Keanekaragaman Hayati Di SMA Negeri 1 Batang Hari. BIODIK, 5(3), 273–285.

Baleendah, A. A., & Rodiah, I. S. (2017). Hubungan antara kepemimpinan efektivitas guru dalam pembelajaran dengan kreativitas siswa (studi pada siswa kelas xi di madrasah aliyah assalam baleendah), 17(2), 126–137


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-nc4.footer##

GEO KHATULISTIWA is licensed under a 
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Creative Commons License