PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING DAN COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMP NEGERI 1 SELUAS KABUPATEN BENGKAYANG

Melsi Nurianti, Adhitya Prihadi, Eviliyanto Eviliyanto

Sari


Secara umum yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah “Untuk memperoleh informasi perbandingan model pembelajaran snowball throwing dan cooperative script terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu di kelas VIII SMP Negeri 1 Seluas Kabupaten Bengkayang”. Metode penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Berdasarkan jenis permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini, maka penelitian ini termasuk penelitian komparatif. Populasi yang akan diambil dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Seluas berjumlah 90 siswa. Metode pengambilan sampel menggunakan sampling purposive dan peneliti mengambil sampel penelitian di kelas VIII C sebagai kelas kontrol dikarenakan jumlah siswa yang tidak tuntas sebanyak 17 orang dan VIII B sebagai kelas eksperimen dikarenakan jumlah siswa yang tidak tuntas sebanyak 19 orang. Berdasarkan teknik pengumpul data diatas, teknik yang digunakan dalam penelitian ini teknik pengukuran dan studi documenter. Adapun alat pengumpul data dalam penelitian ini adalah tes dan dokumentasi. Untuk menjawab sub masalah nomor 1 dan 2, yaitu mengetahui hasil belajar siswa dengan model pembelajaran snowball throwing dan pembelajaran cooperative scrip menggunakan rumus rata-rata, Untuk menjawab sub masalah nomor 3 apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa sesudah diberikan perlakuan model pembelajaran snowball throwing dan pembelajaran cooperative script adalah uji-t. (1). Hasil belajar siswa kelas eksperimen sebelum diberi tindakan model pembelajaran snowball throwing adalah 76,80 sedangkan setelah diberi tindakan adalah 92,58. (2). Hasil belajar siswa kelas eksperimen sebelum diberi tindakan model pembelajaran cooperative script adalah 74,31 sedangkan setelah diberi tindakan adalah 89,38. (3). Terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu menggunakan model pembelajaran snowball throwing dan cooperative script di kelas VIII SMP Negeri 1 Seluas Kabupaten Bengkayang.

 

Kata Kunci: Model Pembelajaran Snowball Throwing, Cooperative Script, Hasil Belajar


Kata Kunci


Model Pembelajaran Snowball Throwing, Cooperative Script, Hasil Belajar

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Arabi, Multin. 2014. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Melalui Metode Pembelajaran Cooperative Script Di Kelas VII SMP Negeri 4 Bolaang Uki Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan. Skripsi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Gorontalo

Arikunto, Suharsimi. (2012). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Aunurrahman. (2012). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Elgia Faria Natalia Fransiska, e. F. N. F. (2020). Hubungan pengunaan model pembelajaran snowball throwing dengan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran ips terpadu (geografi) di kelas vii smp tunas bhakti pontianak (Doctoral dissertation, IKIP PGRI PONTIANAK).

Endang Setiawati, Titik. Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Dengan Metode Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Viii Smp Negeri 2 Rambah Hilir. Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pasir Pengaraian.

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Huda, Miftahul. (2013). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Huda, Miftahul. (2014). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Isjoni. (2010). Pembelajaran Kooperatif. Meningkatkan kecerdasan antar peserta didik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Istarani. (2014). 50 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada.

Jihad, Asep dan Abdul Hamid. (2013). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo

Mahmud, (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Majid, Abdul. (2013). Strategi Pembelajaran. Remaja Rosdakarya: Bandung.

Nawawi, Hadari. (2014). Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Rasyid, Muhaedah. Pengaruh Penerapan Pembelajaran Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMAN 1 Bajeng Kab. Gowa (studi pada materi pokok senyawa hidrokarbon). Jurusan Kimia : FMIPA : UNM Makassar

Rusman. (2010). Model-model Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sanjaya, Wina. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standart Proses. Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media.

____________. (2011). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standart Proses. Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Saputri, Niken Karlina. (2012). Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing untuk Meningkatkan Hasil Belajar dalam Mata Pelajaran IPS Terpadu Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Pogalan Kabupaten Trenggalek. Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang.

Sri, D. (2016). Pengaruh Metode Cooperative Script Terhadap Keterampilan Membaca Ekstensif Berita Bertema Sama Pada Siswa Kelas Viii Smp Negeri 1 Sungai Raya (Doctoral dissertation, IKIP PGRI PONTIANAK).

Sudjana (2015). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja. Rosdakarya.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta.

_______. (2018). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, Nana Syaodih. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. PT. Remaja Rosdakarya: Bandung.

Suprijono, Agus. (2012). Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

_____________. (2011). Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Gramedia Pustaka Jaya.

Suryabrata, Sumadi. (2013). Metodologi Penelitian. Jakarta: PT. Raja Grafindo. Persada

Syofian. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif dilengkapi Dengan Perbandingan Perhitungan Manual dan SPSS. Jakarta: Kencana.

Trianto. (2010). Pengantar Penelitian Pendidikan Bagi Pengembangan Profesi Pendidikan Dan Tenaga Kependidikan. Jakarta: Prenada Media Group.

Zuldafrial. (2012). Penelitian Kualitatif. Surakarta: Yuma Pustaka.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-nc4.footer##

GEO KHATULISTIWA is licensed under a 
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Creative Commons License