DAMPAK BERDIRINYA PERUSAHAAN KELAPA SAWIT TERHADAP KESEJAHTERAAN SOSIAL MASYARAKAT DI DESA ENTABUK KECAMATAN BELITANG HILIR KABUPATEN SEKADAU

Romolda Ricke Aldianti, Norsidi Norsidi, Wiwik Cahyaningrum

Sari


Tujuan penelitian ini adalah Untuk mendeskripsikan dampak berdirinya perusahaan kelapa sawit (PT.Kalimantan Sanggar Pusaka Agro) terhadap mata pencaharian masyarakat, tingkat pendapatan, dan kesejahteraan sosial masyarakat  Di Desa Entabuk Kecamatan Belitang Hilir Kabupaten Sekadau. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif kualitatif dalam bentuk pendekatan penelitian fenomenologi. Data dan jenis data dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Validasi data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Adapun Kesimpulan penelitian ini adalah dampak berdirinya perusahaan kelapa sawit terhadap kesejahteraan sosial masyarakat secara positif sangat berdampak bagi masyarakat terutama dalam aspek perekonomian dan sosial budaya. Sedangkan dampak secara negatif adalah dari aspek ekonomi masuknya pekerja luar yang berasal dari daerah lain dapat mengurangi peluang kesempatan kerja dan aspek sosial budaya adalah kurangnya kesadaran masyarakat dalam kebudayaan adat istiadat dan terjadi konflik antar pekerja masyarakat dengan pihak perusahaan.

Kata Kunci: Kesejahteraan Sosial Masyarakat

Kata Kunci


Kesejahteraan Sosial Masyarakat

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Aini, E. N., dkk. (2018). Pengaruh Tingkat Pendidikan Terhadap Tingkat Kesejahteraan Masyarakat Di Kelurahan Kesatria Kota Malang. Jurnal Teknomedia. Vol. 3, No. 1, Agustus 2018

Benoa, C. (2014). Pendapatan Masyarakat Dalam Aspek Tingkat Perekonomian Di Semarang. Jurnal Ekonomi. Vol. 3, No. 2, Juni 2014

Cyndrea, A., dkk. (2018). Dampak Perkebunan Kelapa Sawit Dalam Sosial Ekonomi Di Kecamatan Kota Bangun Kutai Kertanegara. Jurnal Agribisnis Pertanian dan Komunikasi Pertanian. Vol. 2, No. 1, Oktober 2018.

Fahrudin, A. (2012). Pengantar Kesejahteraan Sosial. Bandung : Refika Aditama.

Hariyati, S. (2015). Persepsi Masyarakat Terhadap Pembangunan Kesejahteraan Sosial Di Kota Samarinda. Jurnal Ilmu Pemerintah, Vol 3, No. 2, Februari 2015.

Kusworno, E. (2009). Fenomenologi. Bandung: Padjadjaran.

Roanuddin, M. (2016). Dampak Sosial Dan Ekonomi Aktivitas perusahaan perkebunan kelapa sawit PT. Gawi Makmur Kalimantan Di Desa Rintik Kecamatan Babulu Kabupaten Penajar Paser Utara. Jurnal Ilmu Pemerintah. Vol . 4, No. 1. 2016.

Satori, D & Komariah, A. (2020). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeta.

Siregar, F. A. D., dkk. (2016). Dampak Berdirinya Perusahaan Perkebunan Kelapa Sawit Terhadap Masyarakat Di Sekitar Perusahaan. Jurnal Agromast, Vol 1, No. 2, Oktober 2016.

Sugiyono. (2008). Metedologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suradi. (2007). Pembangunan manusia, kemiskinan dan kesejahteraan sosial. Jurnal penelitian dan pengembangan kesejahteraan sosial. Vol. 12, No. 3. 2007.

Suriansyah, A. (2011). Landasan Pendidikan. Banjarmasin: Comdes.

Utami, R., dkk. (2017). Dampak Ekonomi Dan Lingkungan Ekspansi Perkebunan Kelapa Sawit (Studi Kasus: Desa Penyabungan, Kecamatan Merlung, Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Jambi). Jurnal Ilmu Pertanian Indonesia, Vol. 22, No. 2, Agustus 2017


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-nc4.footer##

GEO KHATULISTIWA is licensed under a 
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Creative Commons License