MENINGKATKAN KUALITAS BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DI KELAS X B SMAS BINA SETIA DARIT KABUPATEN LANDAK
Sari
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendapatkan informasi serta kejelasan mengenai model problem based learning untuk meningkatkan kualitas pembelajaran PPKn pada siswa di kelas X B SMAS Bina Setia Darit Kabupaten Landak. Metode yang tepat dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan (action research) dan Bentuk penelitian yang digunakan di sini adalah penelitian tindakan kelas dengan tujuan untuk memperbaiki kualitas belajar siswa. Teknik pengumpulan data, yang akan digunakan dalam penelitian ini terdiri dari observasi, tes hasil belajar, catatan lapangan dan dokumentasi. Dari hasil perolehan observasi pra siklus, siklus 1 dan siklus II peneliti banyak menemukan perubahan-perubahan pada kualitas belajar siswa. Dari mulai pra siklus siswa dalam belajar kurang aktif dan aktivitas siswa hanya mencatat dan menjawab pertanyaan dari guru, kemudian dengan menggunakan model problem based learning pada tindakan siklus 1 dan siklus II dikategorikan baik.
Kata kunci: Meningkatkan Kualitas Belajar Siswa, Problem Based Learning, Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan
Teks Lengkap:
Download PDF (English)Referensi
Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Arikunto, S (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara
Darmadi, H. (2012) Pengantar Pendidikan Kewarganegaraan. Pontianak: Alfabeta.
Darmadi, H. (2015). Desain dan implementasi Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Alfabeta.
Ghani,A.R. (2014). Metodologi Penelitian Tindakan Sekolah. Jakarta: Rajawali Pres.
Hamalik.O. (2009). Proses Belajar Mengajar. Jakarta:PT Bumi Aksara
Mahmud. (2008). Pebelitian tindakan kelas (teori dan praktek). Bandung: Tsabina.
Moleong, L.J. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung : Remaja Rosdakarya
Mulyasa. (2016). Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Nurdin, I., dan Hartanti, S. (2019). Metodologi Penelitian Sosial. Jatinagor
Rusman. (2010). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: rajawali pres
Suwandi, S. (2011). Model-Model Asesmen Dalam Pembelajaran. Surakarta: Yuma Pustaka
Shoimin, A (2014). 68 Model pembelajaran inovatif dalam kurikulum 2013. Yogyakarta
Surkadi. (2003). Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi Dan Prakteknya. Yogyakarta: PT Bumi Aksara
Subana. (2001). Dasar-Dasar Penelitian Ilmiah. Bandung: Pustaka Setia.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.license.cc.by-nc4.footer##