PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PPKn KELAS X AKL 1 SMK NEGERI 1 KENDAWANGAN KABUPATEN KETAPANG

Sandra Hauri, Hadi Rianto, Moad Moad

Sari


Penelitian ini berjudul “Penerapan Model Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran PPKn Kelas X AKL 1 SMK Negeri 1 Kendawangan Kabupaten Ketapang”. Masalah umum dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimanakah perencanaan model kooperattif tipe jigsaw dalam upaya meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran PPkn kelas X AKL 1 SMK Negeri 1 Kendawangan?, 2) Bagaimanakah penerapan model kooperatif tipe jigsaw dalam upaya meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran PPkn kelas X AKL 1 SMK Negeri 1 Kendawangan?, 3) Bagaimanakah peningkatan minat belajar siswa setelah menggunakan model kooperatif tipe jigsaw dalam upaya meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran PPkn kelas X AKL 1 SMK Negeri 1 Kendawangan? Tujuan penelitian ini adalah: perencanaan, penerapan, peningkatan minat belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dalam pembelajaran PPKn kelas X AKL 1 SMK Negeri 1 Kendawangan Kabupaten Ketapang. Hasil penelitian menunjukan bahwa peningkatan minat belajar siswa pada pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di kelas X AKL 1 dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw di SMK Negeri 1 Kendawangan Kabupaten Ketapang. Hal tersebut dapat dilihat dari siklus I hasil presentase rata-rata hanya 72.11% menjadi 86.29% disiklus II artinya mengalami peningkatan 14.18%.

 

Kata Kunci: Koperatif Tipe Jigsaw , Minat Belajar


Teks Lengkap:

Download PDF (English)

Referensi


Anwar Us, K. (2011). perencanaan sistem pembelajaran kurikulum tingkat satuan pendidikan. Bandung : Alfabeta.

Arikunto, S. (2008). Penelitian Tindakan Kelas . Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Cucu, S. (2014). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung : PT. Rafika Aditama.

Depdiknas. (2003). Undang-undang no 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional . Jakarta : Depdiknas.

Djamarah, S. B. (2003) Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif, Jakarta: Rineka Cipta

Darmadi, Hamid. (2015). Desain dan implementasi penelitian tindakan kelas (PTK). Bandung: Alfabeta

Hamdayama,J. (2014). Model Dan Metode Pembelajaran Kreatif Dan Berkarakter. Bogor : Ghalia Indonesia

Komaruddin, H., & Azyumardi, A. (2008) Pendidikan Kewargaan, Jakarta: Kencana

Lie. (2002). Cooperative Learning . Jakarta: Gramedia widiasarana Indonesia.

Mulyasa, E., 2008, Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru, Bandung: Remaja Rosda Karya

Nawawi, Hadari. 2012. Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Kemendikbud. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nomor 58, Tahun 2014, tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama (SMP) / Madrasah Tsanawiyah (MTs).

Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo

Sugiyono. (2010) Motode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan Research and Development, Bandung: Afabeta

Siregar, E & Nara, H. (2011). Teori Belajar Dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Sudjana, N. (2002). Dasar – Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Slavin, Robert E. (2005). Cooperative Laerning. London: Allymand Bacon.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-nc4.footer##