PENGARUH MEDIA WHATSAPP TERHADAP CIVIC KNOWLEDGE DALAM PEMBELAJARAN PPKn DI MASA PANDEMI SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 1 SELIMBAU

Saleha Saleha, Dada Suhaida, Erna Octavia

Sari


Tujuan penelitian secara umum untuk mengetahui Pengaruh Media Whatsapp Terhadap Civic Knowledge Dalam Pembelajaran Pkn Di Masa Pandemi PadaSiswa Kelas X Di Sma Negeri 1 Selimbau Berdasarkan tujuan umum tersebut penulis merumuskan tujuan khusus sebagai berikut: Untuk mengetahui pemahaman siswa terhadap pembelajaran mediaWhatsapp kelas X di SMA Negeri 1 Selimbau, Untuk mengetahui pelaksaan pembelajaran civic knowledge siswa kelas X di SMA Negeri 1 Selimbau, Untuk mengetahui berapa besar pengaruh media Whatsappterhadap civic knowledge dalam pembelajaran PPKn di masa pandemi pada siswa kelas X di SMA Negeri 1 Selimbau. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen. Metode penelitian eksperimen termasuk dalam metode penelitian kuantitatif  (Fraenkel dan Wallen 2009) menyatakan prosedur penelitian yang dilakukan untuk mengungkapkan hubungan sebab akibat dua variabel atau lebih, dengan mengendalikan pengaruh variabel yang lain. Metode penelitian eksperimen dapat diartikan sebagai metode penelitian yang digunakan untuk mencari pengaruh perlakuan tertentu terhadap yang lain dalam kondisi yang terkendalikan (Sugiyono, 2015:14). Bentuk Penelitian Seperti yang telah dikemukakan sebelumnya bahwa penelitian ini bermaksud untuk mengungkapkan masalah yang terjadi pada saat  penelitian dilakukan, sehingga menggunakan metode deskriptif. Teknik Pengumpulan data, yang akan digunakan terdiri dari tes hasil belajar, observasi, tes hasil belajar, wawancara, angket, dokumentasi. Dari hasil perolehan observasi peneliti menemukan pada belajar siswaa saat menggunakan media whatsapp di katagorikan cukup baik.

 

Kata Kunci: Pangaruh media whatsapp terhadap civic knowledge, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.


Teks Lengkap:

Download PDF (English)

Referensi


Ali, M. 2005. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bogor : Reneka Cipta.

A, Musto & A Thobani 2011. Belajar dan Praktik Pembelajaran dalam Pembangunan Nasional. Jogjakarta : A Ruzz Media.

Arikunto, S. Dkk (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara.

Budimansyah, D. (2010) Pembelajaran Pendidikan kesadaran Kewarganegaraan. Multidimensional. Bandung : Gene sindo.

Basuki, (2006). Penelitian Kuantitatif Jakarta : Genesindo.

Darmadi, H.(2010). Pengantar Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung : Alfabeta.

Djamarah, S.B. (1996). Strategi Belajar Mengajar,, Jakarta : Rineka Cipta.

Nawawi, H. (2007). Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta : Gajah mada Universitg Press.

Sugiono. 2013. Metode Penelitian. Bandung : CV alfabeta

Slameto 2003. Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhnya, jakarta: Rineka Cipta.

Sukmadinata, 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Supangkat, A. 2007. Pembelajaran Statistik . Bandung: Remaja Rosdakarya

Winarno. (2013). Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan, Jakarta: Bumi Aksar.

Wahidmurni, AliFin Mustikawan, dan Ali Ridho (2010). Evaluasi Pembelajaran: Kompetensi dan Praktik. Yogyakarta Nuha Letara.

Winataputra, U.S. (2001) Jatidiri kewarganegaraan sebagai pendidikan Demokrasi, Bandung; Program Pascaserjana UPI (Disertasi).

Sumber Undang-undang

Undang-undang SISDIKNAS NO. 20 Tahun 2003: Tentang Pendidikan Usaha sadar dalam mengwujudkan terencana pembelejaran

Sumber Jurnal

Afniber & Fahjriani. (2020). Pemanfaatan Whatsapp Sebagai Media Komunikasi Dosen dan Mahasiswa Dalam Menunjang Kegiatan Belajar Studi Terhadap Mahasiswa Uin Imam Bonjol Padang. Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam, Vol 3 (1) 2-10

Bansal, T. And Joshi, D. (2014). A Study OF Students ' experriences Of mobile learning, Global Journal Of Human – social Science, 14 (4), 27-33.

Jumiat moko. (2016). Whatsapp Messengger dalam Tinjauan Mnfaat dan Abad. Wahana Akademika. Vol 3 (1) 52-66.

Pranajaya, & Hendra Wicaksono. (2017). Pemanfaatan Aplikasi Whatsapp (WA) Dikalangan Pelajar ( Studi Kasus Di MTs Pusat ). Prosiding SnaPP 2017) Sosial, Ekonomi Dan Humaniora, Vol 7, No.1, 98-109.

Suryadi, dkk, 2018. Penggunaan sosial Media Whatsapp dan Pengaruhnya terhadap disiplin Belajar Peserta didik Pada mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Islam. Vol 7 (1) 1-22.

Yansi, N.A (2020). Efektif itas Pembelajaran Statistika Matematika Melalui Media Whatsapp Group di Tinjau Dari Hasil Belajar Mahasiswa ( Masa Pandemik Covid 19). Juranl Pendidikan Matematika Rafleska. Vol 5 (2) 65-74.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-nc4.footer##