PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PKn MELALUI METODE GROUP INVESTIGATION

eNI eNI

Sari


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi dan prestasi belajar PKn siswa kelas X Tehnik Komputer Jaringan SMK Negeri 1 Nanga Pinoh dibanding dengan kelas X lainnya. Hal ini diduga disebabkan oleh pola pembelajaran yang dilakukan guru masih membuat siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran serta kurangnya variasi model dalam pembelajaran PKn. Group Investigation adalah salah satu model pembelajaran yang mendukung keterlibatan siswa dalam kegiatan belajar.  Siswa dinyatakan tuntas bila penilaian motivasi belajar minimal rata-rata skor ≥ 2.66 dengan predikat B (Baik) dan penilaian prestasi belajar kriteria ketuntasan minimum ≥75 dari nilai tertinggi 100.

Hasil penelitian ini menunjukkan terjadinya peningkatan nilai rata-rata setiap pengamatan siklus. Penilaian motivasi belajar mengalami peningkatan rata-rata skor kelas dari siklus I adalah 1.67 predikat C (Cukup), siklus II adalah 2.72 predikat B (Baik) dan siklus III adalah 2.83 predikat B (Baik) dan untuk penilaian rata-rata kelas uji kompetensi I diperoleh 45.52, uji kompetensi II diperoleh 79.41, dan uji kompetensi III 81.75. Dari hasil wawancara dengan guru dan siswa juga mengatakan proses pembelajaran dengan menggunakan Group Investigation lebih menyenangkan. Setelah melaksanakan penelitian tindakan kelas, disimpulkan bahwa model pembelajaran Group Investigation, dapat meningkatkan motivasi belajar dan prestasi belajar PKn siswa kelas X Rekayasa Perangkat Lunak 1.

 

Kata kunci : motivasi belajar, prestasi belajar, group investigation


Teks Lengkap:

Download PDF (English)

Referensi


. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Edisi Revisi 2010. Jakarta: PT RinekaCipta

Cholisin. (2004). Diktat Pendidikan Kewarganegaraan (Civic education)

Yogyakarta: UNY Press.

Hasan, S., Rakhman, M., dan Ardiana, H. (2011). Model Cooperativelearning Tipe Group Investigation Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Perawatan Dan Perbaikan System Refrigerasi. Invotec VII (2). Hlm. 189-198.

Kartono, Kartini. (2009). Pengantar Metodologi Riset Sosial. Bandung: Mandar Maju

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2012. Bahan Uji Publik Kurikulum 2013.Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2014). Buku Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Untuk SMA/MA/SMK/MAK Kelas X. Jakarta

Kiswoyowati, Amin. (2011). Pengaruh Motivasi Belajar Dan Kegiatan Belajar Siswa Terhadap Kecakapan Hidup Siswa. Jurnal ISSN (1). Hlm. 120-126.

Roida, E.F.S. (2013). Pengaruh minat dan kebiasaan belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. Jurnal Formatif 2(2). Hlm.122-131.

. (2011). Interaksi dan Motivasi BelajarMengajar.

Jakarta: Rajawali.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-nc4.footer##