PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI UMPAN BALIK TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KELAS X SMA WISUDA KOTA PONTIANAK
Sari
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang 1) Bagaimanakah aktivitas belajar sebelum menggunakan strategi umpan balik pada mata pelajaran PKn Kelas X SMA Wisuda Kota Pontianak? 2) Bagaimanakah aktivitas belajar sesudah menggunakan strategi umpan balik pada mata pelajaran PKn Kelas? 3) Apakah terdapat pengaruh penggunaan strategi umpan balik terhadap aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran PKn Kelas X SMA Wisuda Kota Pontianak. Metode eksperimen. Bentuk penelitian Pre-Experimental Desig dengan rancangan penelitian One Group-Pre-Test-Posstes Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X SMA Wisuda Kota Pontianak. Penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling hasil temuan penelitian adalah adanya pengaruh yang signifikan setelah menggunakan strategi umpan balik terhadap aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas X SMA Wisuda Kota Pontianak. 1) Rata-rata aktivitas belajar siswa sebelum menggunakan strategi umpan balik pada mata pelajaran PKn Kelas X SMA Wisuda Kota Pontianak yaitu 69,83 tergolong baik. 2) Rata-rata aktivitas belajar siswa setelah menggunakan strategi umpan balik pada mata pelajaran PKn Kelas X SMA Wisuda Kota Pontianak 84,33 tergolong sangat baik. 3) Pengaruh penggunaan strategi umpan balik dengan menggunakan uji-t test satu sampel yaitu thitung>ttabel (6,74 > 2,7564). Maka hipotesis dalam penelitian ini diterima. Dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan setelah menggunakan strategi umpan balik.
Teks Lengkap:
Download PDF (English)Referensi
Abu Ahmadi dan Joko Tri Prasetya (2005) Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia
Arikunto, S (2007). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta.
Darmadi, H. (2011). Metode Penelitian. Bandung: Alfa Beta
Djamarah, S. B dan Zain (2010). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: PT. Rineka Cipta.
Djamarah, S. B (2010). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: PT. Rineka Cipta.
Faturohman dan Sutikno. (2010). Guru & Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Bandung: PT. Refika Aditama.
Gay,L.R (1993). Educational Reseacrh Competencies for Analysis and Aplication 2nd Edition. Ohia: A Bell & Howell Company.
Hamdani (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung. CV. Pustaka Setia
Hamalik. (2010). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Jurnal, Sapto Haryoko (2011). Efektifitas Strategi Pemberian Umpan Balik Terhadap Kinerja Praktikum Mahasiswa D-3 Jurusan Teknik Elektronika. Publikasi. Februari 2011
Lutan, R (2003). Self Esteem: Landasan Kepribadian. Jakarta: Diknas
Majid, A (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Nawawi, H . (2007). Metodologi Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta. Gajah Mada University Prees.
Sardiman (2004). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. RajaGrafindo
Sudjiono, A (2009). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
Sugiyono (2009). Metode Penelitian Kuantitatif kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.
Sudjana (1998). Metode Statistika, Bandung: Tarsito.
Slameto (2010). Belajar & Faktor-faktor yang mempengaruhi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Syah, M (2012). Psikologi Belajar. Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Toha, M (2008). Metode Penelitian . Jakarta: Universitas Terbuka.
Zudafrial (2012). Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Pontianak: STAIN
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.license.cc.by-nc4.footer##