PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI UMPAN BALIK TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KELAS X SMA WISUDA KOTA PONTIANAK

Adrianus Adrianus, Ahmad Jamalong, Fety Noviaty

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang 1) Bagaimanakah aktivitas belajar sebelum menggunakan strategi umpan balik pada mata pelajaran PKn Kelas X SMA Wisuda Kota Pontianak? 2) Bagaimanakah aktivitas belajar sesudah menggunakan strategi umpan balik pada mata pelajaran PKn Kelas? 3) Apakah terdapat pengaruh penggunaan strategi umpan balik terhadap aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran PKn Kelas X SMA Wisuda Kota Pontianak. Metode eksperimen. Bentuk penelitian Pre-Experimental Desig dengan rancangan penelitian One Group-Pre-Test-Posstes Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X SMA Wisuda Kota Pontianak. Penentuan sampel menggunakan teknik purposive  sampling hasil temuan penelitian adalah adanya pengaruh yang signifikan setelah menggunakan strategi umpan balik terhadap  aktivitas belajar  siswa  pada mata pelajaran PKn kelas X SMA Wisuda Kota Pontianak. 1) Rata-rata aktivitas belajar siswa sebelum menggunakan strategi umpan balik pada mata pelajaran PKn Kelas X SMA Wisuda Kota Pontianak yaitu 69,83 tergolong baik. 2) Rata-rata aktivitas belajar siswa setelah menggunakan strategi umpan balik pada mata pelajaran PKn Kelas X SMA Wisuda Kota Pontianak 84,33 tergolong sangat baik. 3) Pengaruh penggunaan strategi umpan balik dengan menggunakan uji-t test satu sampel yaitu thitung>ttabel (6,74  > 2,7564). Maka hipotesis dalam penelitian ini diterima. Dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan setelah menggunakan strategi umpan balik.


Teks Lengkap:

Download PDF (English)

Referensi


Abu Ahmadi dan Joko Tri Prasetya (2005) Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia

Arikunto, S (2007). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta.

Darmadi, H. (2011). Metode Penelitian. Bandung: Alfa Beta

Djamarah, S. B dan Zain (2010). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: PT. Rineka Cipta.

Djamarah, S. B (2010). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: PT. Rineka Cipta.

Faturohman dan Sutikno. (2010). Guru & Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Bandung: PT. Refika Aditama.

Gay,L.R (1993). Educational Reseacrh Competencies for Analysis and Aplication 2nd Edition. Ohia: A Bell & Howell Company.

Hamdani (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung. CV. Pustaka Setia

Hamalik. (2010). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Jurnal, Sapto Haryoko (2011). Efektifitas Strategi Pemberian Umpan Balik Terhadap Kinerja Praktikum Mahasiswa D-3 Jurusan Teknik Elektronika. Publikasi. Februari 2011

Lutan, R (2003). Self Esteem: Landasan Kepribadian. Jakarta: Diknas

Majid, A (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Nawawi, H . (2007). Metodologi Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta. Gajah Mada University Prees.

Sardiman (2004). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. RajaGrafindo

Sudjiono, A (2009). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Sugiyono (2009). Metode Penelitian Kuantitatif kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Sudjana (1998). Metode Statistika, Bandung: Tarsito.

Slameto (2010). Belajar & Faktor-faktor yang mempengaruhi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Syah, M (2012). Psikologi Belajar. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Toha, M (2008). Metode Penelitian . Jakarta: Universitas Terbuka.

Zudafrial (2012). Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Pontianak: STAIN


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-nc4.footer##