KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PPKn DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 TINGKAT SMA DI KABUPATEN KUBU RAYA

Rycka Rycka, Indra Nirwan Utama, Wira Miharja

Sari


Kompetensi guru yang dimaksud meliputi konpetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional, dan kompetensi sosial. Kompetensi pedagogik adalah kemampuan mengelola pembelajaran peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya. Kompetensi pedagogik diperlukan dalam implementasi Kurikulum 2013 yang merupakan kurikulum baru sebagai penganti Kurikulum KTSP 2006. Isi kompetensi pedagogik yang paling dikuasai  oleh guru PPKn  adalah menguasai karakteristik  peserta  didik  dari aspek  fisik,  moral,  spiritual,  sosial,  kultural, emosional, dan  intelektual. Guru PPkn di Kabupaten Kubu Raya sudah mengimplementasikan Kurikulum 2013 dengan baik, implementasi kurikulum 2013 dumulai tahun 2013 sampai sekarang. Hambatan dalam proses pembelajaran berbasik K-13 di dalam kelas berasal dari peserta didik, meliputi kesiapan peserta didik terhadap materi yang diberikan oleh guru hal ini dikarenakan siswa tidak belajar materi yang akan diberikan, Siswa yang kekurangan motivasi dalam belajar, yakni keadaan atau kondisi siswa yang kurang bersemangat dalam belajar dan bermalas-malasan.

Teks Lengkap:

Download PDF (English)

Referensi


Arikunto, Suharsimi. 2010. Pengantar Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Hasan, H. 2013. Informasi Kurikulum 2013. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Iskandar, H. 2013. Desain Induk Kurikulum 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Loeloek, E P. 2013. Panduan Memahami Kurikulum 2013. Jakarta: Prestasi Pustakarya.

Moleong. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyasa. 2008. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Munib, Achmad. 2011. Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang: UPT UNNES Press.

Permendikbud. 2012. UU No. 14 Tahun 2005 dan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 11 Tahun 2011 Tentang Guru dan Dosen. Bandung: Citra Umbara.

Rachman, Maman. 2011. Metode Penelitian Pendidikan Moral. Semarang: UNNES Press.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabet.

Syarbaini, Syahrial. 2010. Implementasi Pancasila melalui Pendidikan Kewarganegaraan. Yogyakarta: Graha Ilmu


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-nc4.footer##