PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF LISTENING TEAM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PPKn

Shalwa Shalwa, Sulha Sulha, Rohani Rohani

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model kooperatif listening team  terhadaphasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan kelas VII SMP Muhammdiyah 2 Pontianak. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen  dengan bentuk penelitian Pre-Eksperimental Design. Dan rancangan penelitian yang digunakan adalah One-GroupPretest-Posttest Design. Teknik pengumpulan data berupa teknik pengkuran, teknik observasi langsung,  dan teknik studi documenter. Alat pengumpul data yang digunakan adalah tes hasil belajar, Lembar Observasi, dan dokumentasi. populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII dengan jumlah siswa 22 orang. Teknik analisis  data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan rumus perhitungan rata-rata, uji dua sampel berpasangan (Paired t-test) dan uji t. Hasil penelitian ini adalah berdasarkan hasil perhitungan menggunakan uji t pada taraf signifikasni α = 0,005 diperoleh > , yaitu 8,69 > 1,7208 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi, terdapat pengaruh pada hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif listening team. 

 

Kata kunci : Kooperatif Listening team dan Hasil Belajar


Teks Lengkap:

DOWNLOAD PDF (English)

Referensi


Alianda, http://alindabreb.blogspot.com/2013/06strategi-pembelajaran-listening-team_30htm)

Erna, Maria. (2014). Penerapan Model Kooperatif Listening Team Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Pada Mata Kuliah Kimia Fisika. Prodi Kimia FKIP, Univresitas Riau, Pekanbaru.

Fathurrohman, Muhammad. (2017). Model-model Pembelajaran Inovatif Alternative Desain Pembelajaran Yang Menyenangkan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Har, Erman. (2016). Modell Pembelajaran Koperatif Tipe Listening Team dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ekologi Hewan. Vol 13(1) 2016: 498-502

Istarani. (2015). 58. Model PembelajaraniInovatif. Medan: Media Persadaa Kurniawan, H. R.,Elmunsyah, H.,& Muladi,M. (2018).Perbandingan Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) dan Think Pair Share (TPS) Berbantuan Modul Ajar Terhadap Kemandirian dan Hasil Belajar Rancang Bangun Jaringan. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 3(2), 80. httpss://doi.org/10. 26740/jp.v3n2.p80-85.

Lubis, M Iqbal. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Listening Team Terhadap Pemahaman Siswa di Sekolah Menengah Atas Negri Kuantan Singingi. Doi: http//dx.doi. org/10.24014/kutubkhanah.v17i2.822

Muthmainna & Juliana. (2017). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Listening Team Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Bireuen. Variasi: Majalah Ilmiah Universitas Almuslim. 9(3), 22-26

Pujimulyati, Ni Nyoman (2020). Upaya Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Pada Tema 8 (Lingkungan Sahabat Kita) Peserta Didik Kelas V Semester Dua Tahun Pelajaran 2018/2019 dengan menerapkan model “Listening Teams (Tim Pendengar) di SD Negeri 7 Cakranegara. Vol 6, No 1

Rohani, Marjani Oktavia Erlina, Sulha. (2018). Peningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan. Volume 2, Nomor 2.

Rusman, (2012). Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru, RajaGrafindo Persada, Jakarta

Sanjaya, W. 2006. Strategi Pembelajaran. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Sri Suryati, Syanti (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Listening Team Terhadap Hasil Belajar Keterampilan Menyimak Murid Kelas v sdn 1 Lembang Cina Kabupaten Bantaeng. Skripsi Universitas Muhammadiyah Makassar

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.Bandung : Alfabeta.

Sukardi. 2009. Metodologi Penelitian Pendidikan(Kompetensi dan Praktiknya). Jakarta: Bumi Aksara

Sulfina (2016). Meningkatkan Hail Belajar melalui Model Pembelajaran Kooperatif Listening Team Pada Mata Pelajaran PPKn. IPPS.IKIP PGRI Pontianak.

Suprijono, (2009). Belajar Kreatif dan Produktif. Raja Persada : Jakarta

Suprijono, (2010). Belajar Kreatif dan Produktif. Raja Persada : Jakarta

Zagoto, Maria M. & Dakhi, O (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Peminatan Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Siswa Kelas XI Sekolah Menengah Atas. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 1(1), 157-170.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-nc4.footer##