PENERAPAN MODEL PROJECT CITIZEN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGAEGARAAN KELAS X DI SMA NEGERI 1 PEMANGKAT

Nur Santi, Hema Fitria, Moad Moad

Sari


Tujuan penelitian untuk mengetahui penerapan model project citizen untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan kelas X di SMA Negeri 1 Pemangkat. Metode digunakan adalah penelitian tindakan dan bentuk PTK . Subyek penelitian Guru PPKn dan siswa  kelas X Mipa 2 dengan alat pengumpulan data menggunakan panduan observasi, wawancara, tes hasil belajar dan dokumentasi. Teknik analis data menggunakan data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian perencanaan model project citizen untuk melihat kekurangan dan kelebihan pada permasalahan dikelas. pelaksanaan saat menerapkan model project citizen pada mata pelajaran PPKn adalah mengidentifikasi masalah, memilih masalah, mengumpulkan informasi, mengembangkan portofolio, menyajikan portopolio dan refleksi belajar. Hasil belajar pada penerapan model project citizen dilihat dari pra tindakan siswa dengan nilai tertinggi 90 terendah 20 dan nilai rata-rata 52,3. Siklus I nilai tertinggi 90 dan terendah 45 nilai rata-rata  66,5. Siklus II nilai tertinggi 95 terendah 60 dan nilai rata-rata 79,5.

 

Kata Kunci : Model Project Citizen, Hasil Belajar Dan Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan


Teks Lengkap:

DOWNLOAD PDF (English)

Referensi


Adha, M. M. (2021). Model Pembelajaran Project Citizen. Jawa Tengah: CV Amerta Media.

Budimansyah, D. (2009). Inovasi Pembelajaran Project Citizen. Bandung: Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan, Sekolah Pasca Sarjana UPI.

Darmadi, H. (2015). Desain dan Implementasi Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Bandung: ALFABETA.

Darmadi, H. (2020). Apa Mengapa Bagaimana Pembelajaran Pendidikan Moral dan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Konsep Strategi Memahami Ideologi Pancasila dan Karakter Bangsa . Jakarta: Anlmage.

Eko Putro Widoyoko. 2009. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hamid, dkk. (2018 ). Pengantar Pendidikan Suatu Konsep Dasar, Teori, Strategi, dan Implementasi . Bandung: ALFABETA.

Haryati, T., & Rochman, N. (2012). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Praktik Belajar Kewarganegaraan (Project Citizen. Jurnal Ilmiah Civis, II.

Junaedi, D. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6, 55-60.

Lubis, M. A. (2020). Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan(PPKN) Di SD/MI Peluang dan Tantangan di Era Industri 4.0. Jakarta: KENCANA.

Made, dkk. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Project Citizen Terhadap Keterampilan Berpikir dan Hasil Belajar PPKn Siswa Kelas X Di SMA Negeri 1 Busungbiru. Jurnal Pendidikan IPS Indonesia, 2, 22-31.

Maemunawati, S., & Alif, M. (2020). Peran Guru, Orang Tua, Metode dan Media Pembelajaran : Strategi KBM di Masa Pandemi Covid-19. Banten: Penerbit 3M Media Karya Serang.

Margono, S. (2000). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Renika Cipta.

Mariyani. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Citizen Pada Mata Pelajaran PKn Sebagai Penguatan Ecological Citizenship. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 8(1), 99-108.

Mualimin & Arofah, R. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Pasuruan.

Nawawi, H. (2001). Metode Penelitian Bimbingan Sosial. Yogyakarta: Gajah Mada Universitas Press.

Pedoman Operasional Akademik, Kemahasiswaan dan Penulisan Skripsi IKIP PGRI Pontianak 2017/2018.

Purwanto. (2013). Evaluasi Hasil Belajar. Pustaka Pelajar.

Rahmi, dkk. (2020). Belajar dan Pembelajaran : Konsep dan Pengembangan. Yayasan Kita Menulis.

Ramadhanty, dkk. (2021). Penerapan Model Project Citizen Berbasis Moodle Dalam Pengembangan Pendidikan Di Era Industri 4.0. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 4(1), 12-19.

Salahudin, A. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: CV Pustaka Setia.

Salim,dkk. (2015). Penelitian Tindakan Kelas(Teori dan Aplikasi Bagi Mahasiswa, Guru Mata Pelajaran Umum dan Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Medan: Perdana Publishing.

Sanjaya, Wina. (2006). Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Prenada Media Group

Santi, N. U & Ichas, S. S. (2017). Model Project Citizen Dalam Pembelajaran Pkn Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Antologi UPI, 5(1).

Saputra, H. D., Ismet, F., & Andrizal. (2018). Pengaruh Motivasi Terhadap Hasil Belajar Siswa SMK. Jurnal Inovasi Vokasional dan Teknologi, 18, 25 - 30.

Sulha, & Asriani. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Projrct Citizen Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Dan Kewarganegaraan Kelas X SMA Negeri 3 Kabupaten Sanggau. 209-216.

Trianto. (2010b). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif - Progesif. Jakarta: Bumi Aksara.

Trisiana, A., & Wartoyo. (2020). Project Citizen (Inovasi Model Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan). Surakarta: UNISRI Press.

Widana, I. W. (2017). Higher order thinking skills assessment (HOTS). Journal of Indonesia Student Assessment and Evaluation (JISAE), 3(1), 32-44, http://doi.org/10.21009/JISAE.031.04.

Wulan, E. R., & Rusdiana. (2014). Evaluasi Pembelajaran Dengan Pendekatan Kurikulum 2013. Bandung: Pustaka Setia Bandung.

Zuldafrial. (2010). Penelitian Kualitatif. Pontianak: STAIN Pontianak Press


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-nc4.footer##