PEMANFAATAN MEDIA GOOGLE CLASSROOM PADA PEMBELAJARAN PPKN DI SMA NEGERI 1 TAYAN HULU KABUPATEN SANGGAU

Yonas Runyip, Hadi Rianto, Yuliana Ningsih

Sari


Skripsi ini berjudul “Pemanfaatan Media Google classroom Pada Pembelajaran PPKn Di SMA Negeri 1 Tayan  Hulu Kabupaten Sanggau ”. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui persiapan guru dalam memfaatkan media google classroo pada pembelajaran PPKn Di SMA Negeri 1 Tayan Hulu  2) untuk mengetahui pelaksanaan  guru dalam memfaatkan media google classroom pada pembelajaran PPKn Di SMA Negeri 1 Tayan Hulu 3) untuk mengetahui hambatan  guru dalam memfaatkan media google classroo pada pembelajaran PPKn Di SMA Negeri 1 Tayan Hulu. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan bentuk penelitian deskriptif, subjek dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran PPKn dan siswa kelas XII IPS. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi langsung, teknik komunikasi langsung dan teknik studi dokumenter dengan alat pengumpulan data  yaitu penduan observasi, panduan  wawancara dan  studi dokumentasi, teknik analisa data yaitu  reduction, data display, conclusion drawing/verification, dengan teknik validitas data triangulasi teknik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran dalam pemanfaatan media google classroom dalam menyampaikan isi materi oleh guru dapat diterima siswa dengan baik. Namum beberapa siswa berpendapat materi yang melalui file pdf susah untuk di pahami karena singkat. Dalam proses pembelajaran juga terdapat hambatan seperti faktor sinyal dan kehabisan kuota. Walaupun terdapat hambatan siswa tetap melaksanakan aktivitas belajar dengan baik menggunakan Google Classroom.

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Google Classroom, Pembelajaran PPKn

Teks Lengkap:

DOWNLOAD PDF (English)

Referensi


Alfansyur, A., & Mariyani. (2019). Pemanfaatan Media Berbasis ICT “Kahoot” dalam Pembelajaran PPKn Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Bhineka Tunggal Ika, Vol. 6, No. 2, 208-216. Diakses pada 3 Januari 2022 dari https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jbti/article/view/10118

Arsyad, Azhar. (2017). “Media Pembelajaran”. Jakarta: Rajawali Pers.

Benaziria. (2018). Pengembangkan Literasi Digital Pada Warganegara Mutu dalam Pembelajaran PPKn Melalui VCT. Vol. 10, No. 1, 11-20.

Bani, & Dewi. (2021). Pentingnya Pendidikan kewarganegarrn juga penerapan dan relevansi dalam kehidupan di era teknologi generasi melenial. Jurnal.syntak-idea.co.id

Creswell, J.W. (2012). Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative research. 4th Ed. United States of America. Boston, MA: Pearson Education, Inc.

Darmadi, Hamid. 2013. Urgensi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi. Bandung: Alfabeta.

Daryanto. (2011). Media Pembelajaran. Bandung: Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.

Ferismayanti. (2012). Mengoptimalkan pemanfaatan google site dalam pembelajaran jarak jauh oleh: Ferimayanti, M.Pd. 1-12.

Hidayat, H., Nurhasanah, D. S., Khairunnisa, W., & Sholihah, Z. (2020). Peranan Teknologi dan Media Pembelajaran Bagi Siswa Sekolah Dasar di dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha. Vol. 8, No. 2,

Iftakhar, Shampa. (2016). “Google Classroom : What Works and How?. Retrieved Februari 25, 2021, From Jurnal Of Education and Sosial Sciances.

Indriana, D. (2011). Ragam Alat Bantu Media Pengajaran. Jogjakarta: Diva Perss.

Khairoh, N., Munoto., & Anifah, L. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan. Vol. 10, No. 2, 97-110. Diakses pada 3 Januari 2022 dari https://journal.uny.ac.id/index.php/jpip/article/view/13986

Lichtman. M. (2013). Qualitative Research in Education: A User’s Guide. (Third Edition). Los Angeles: Sage Publications, Inc.

Moad & Nur, S. (2021). Penerapan Model Blended Learning dengan Pemanfaatan Google Class Pada Mata Kuliah Pendidikan HAM Di Prodi PPKn IKIP PGRI Pontianak. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan. Vol. 5, No. 1, 87-96. Diakses pada 9 Februari 2022 dari http://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/kewarganegaraan/article/view/2578

Munir. 2017. Pembelajaran Digital. Bandung: Alfabeta

Nirfayanti., & Nurbaeti. (2019). Pengaruh Media Pembelajaran Google Classroom Dalam Pembelajaran Analisis Real Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika. Vol. 2, No. 1, 50-59. Diakses pada 3 Januari 2022 dari https://e-journal.my.id/proximal/article/download/211/173/

Octavia, A, S. (2020). Model-Model Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish Publisher.

Pinandhito, Kenneth dkk. (2020). “How I Use Google Classroom as a Teacher and Student”. Jawa Barat: CV Jejak.

Rosilawati. T. (2014). Supervise Akademik dalam Upaya Peningkatan Motivasi Guru Menyusun Perangkat Persiapan Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Tindakan Sekolah dan Kepengawasan. Vol. 1, No. 2. Diakses pada 3 Agustus 2022.

Sabran & Sabara, E. Keefektifan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Prosiding Seminae Nasional Lembaga Penelitian Universitas Negeri Makassar. ISBN: 978-602-5554-71-1.

Shaharanee, Lidia dkk. (2019). “The Application of Google Classroom as a Tool for Teaching and Learning”. Retrieved oktober 2020, from Jurnal of Telecommunication, Electronic and Computer Engineering: https://www.researchgate.net/publication/313717807_The_Application_of_Google_Classroom_as_a_Tool_for_Theaching_and_Learning

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). Bandung: Alfabeta.

Sutriyanto. (2009). Faktor Penghambat Penmbelajaran. Yogyakarta: FTIK UNY


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-nc4.footer##