ANALISIS PELAKSANAAN PEMBELAJARAAN DARING DI ERA COVID-19 PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PPKN IKIP PGRI PONTIANAK

Stev Vila, Fety Novianti

Sari


Penelitian ini untuk mengetahui Analisis Pelaksanaan Pembelajaraan Daring Di Era Covid-19 Pada Mahasiswa Program Studi PPKn IKIP PGRI Pontianak. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan analisis deskriftif. Alat pengumpulan data menggunakan panduan oservasi panduan wawancara, dokumentasi. Teknik analisa data menggunakan reduksi,penyajian,verifikasi, Hasil penelitian ini tentang Pelaksanaan Pembelajaraan Daring Di Era Covid-19 Pada Mahasiswa Program Studi PPKn IKIP PGRI Pontianak yaitu Persiapan Pelaksanaan  Pembelajaran Secara Daring Diera Covid-19 Pada Mahasiswa Program Studi Ppkn IKIP PGRI Pontianak yaitu (Silabus RPP dan evaluasi soal) Pelaksanaan Pembelajaran Secara Daring Di Era Covid-19 Pada Mahasiswa Program Studi Ppkn IKIP PGRI Pontianak yaitu (Whatsapp,Classroom,Zoom Meeting,Google meet, Youtube,) Kelebihan Dan Kekurangan Pelaksanaan Pembelajaran Secara Daring Diera Covid-19 Pada Mahasiswa Program Studi PPkn IKIP PGRI Pontianak Kelebihannya Dosen menjadi lebih kreatif Adanya digitalisasi sistem melalui blueprint Kerja sama antara dosen dengan orang tua Adanya program-program digital yang memadai kekuranganya yaitu Keterbatasan kuota internet, bagi mahasiswa Kendala dalam jaringan, Sikap mahasiswa yang bosan, Mahasiswa kurang aktif atau kurang tertarik dengan pembelajaran secara daring.

 

Kata kunci: Pelaksanaan Pembelajaraan Daring Di Era Covid-19


Teks Lengkap:

DOWNLOAD PDF (English)

Referensi


Abdul Malik Iskandar, Rasyidah Zainuddin 2004 Interaksi Dan Komunikasi Dosen Dan Mahasiswa Dalam Proses pendidikan :Bandung

Ambarita ,J dan jarwati (2021). Pembelajaran luring : indramayu. CV. Adanu abimata.

Analisis Keterlibatan Dan Respon Mahasiswa Dalam Pembelajaran Daring Menggunakan Google Classroom Di Masa Pandemi Covid-19. Fibonacci: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 6(2), 175-184

Chandra, F., Fitriani, N., & Enrekang, U. M. (2021). Proses Pembelajaran Selama Masa Pandami Covid 19. Maspul Journal of Community Empowerment, 3, 21–26.

Dewi, T. A. P., & Sadjiarto, A. (2021). Pelaksanaan Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid19. Jurnal Basicedu, 5(4), 1909–1917

Eka p, D. P. (2021). Implementasi Pembelajaran Daring dan Luring Saat Pandemi Covid 19. Edugama: Jurnal Kependidikan Dan Sosial Keagamaan, 6(1), 111–130.

Ega Murdiana (2021) Analisis Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Menggunakan Aplikasi Online Pada Saat Pandemi Covid-19 di Smp Harapan Ananda Kecamatan Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya

Febrilia, B. R. A., Nissa, I. C., Pujilestari, P., & Setyawati, D. U. (2021).

Felda Rizki Amalia, Pemanfaatan Pembelajaran Daring sebagai Media

Habibah, Riasatul Et Al. 2020. “Pemanfaatan Teknologi Media Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19.” Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar 2(02): 1.

Haris Nursyah Arifin 2021/2022 Respon Siswa Terhadap Pembelajaran dalam Jaringan Masa Pandemi COVID-19 di Madrasah Aliyah Al-Amin Tabanan

Hasanah, H. 2013. Implementasi Nilai-nilai Karakter Inti Di Perguruan Tinggi. Jurnal Pendidikan Karakter, 2. https://doi.org/10.21831/jpk.v2i2.1439

Hikmah Tullah (2022) Analisis Pola Belajar Luring Dan Daring Pada Mahasiswa Pendidikan Fisika Universitas Mataram

Irhandayaningsih, A. 2013. Pendidikan Karakter di Perguruan Tinggi: Menyikapi Dekandensi Moral di Kalangan Generasi Muda. Humanika: Jurnal Ilmiah Kajian Humaniora, 17(1).

Iwan Ramadhan tahun 2020 yang berjudul “Proses Perubahan Pembelajaran Siswa dari Daring ke Luring pada Saat Pandemi Covid-19”

Iwan Ramadhan, Taufan Jaya Nugraha, Eja Firmansyah, Rio Alkahfy, R. (2021). Perubahan Proses Pembelajaran Tatap Muka Pasca Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Di MAN 2 Pontianak. Jurnal Ilmiah WahanaPendidikan,7(8),86–93. https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.5746197

kecemasan mahasiswa dimasa pandemi covid-19

Kemdikbud. 2020. “Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Di Masa Pandemi COVID19.”Kemendikbud.2019:158.Https://Www.Kemdikbud.Go.Id/Main/Blog/2020/06/Buku-Saku-Panduan Pembelajaran-DiMasa-Pandemi-Covid19

Komalasari, K., Arafat, Y ., & Mulyadi, M.(2020) Gagasan Pendidikan Indonesia, Vol.1, No.2, 2020, pp. 49-59 p-ISSN 2721-9240, e-ISSN 2722-0982 59

Laurentius Purbo Christianto, Raneta, Kristianti, David, Nicholas, Franztius, Sebastian, Darren, Santoso, Wissen, Aurelia,Ardani,

Lusiani. (2021). EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Online dalam Masa Pandemi Covid-19 berdasarkan Persepsi Guru Sekolah Menengah Kejuruan. Edukatif, 3(5), 2586–2593

Muhammad Agus Hardiansyah, Iwan Ramadhan, Suriyanisa, Beliana Pratiwi, Nurita Kusumayanti, Yeni 5851 Analisis Perubahan Sistem Pelaksanaan Pembelajaran Daring ke Luring pada Masa Pandemi Covid19 di SMP – DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1784 Jurnal

Pembelajaran Online Mata Kuliah Manajemen Kearsipan pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Administrasi Perkantoran Universitas Negeri Surabaya (2021)

Pratama, R. E., & Mulyati, S. (2020). Pembelajaran Daring dan Luring pada Masa Pandemi Covid-19. Gagasan Pendidikan Indonesia, 1(2), 49. https://doi.org/10.30870/gpi.v1i2.9405

Risnajayanti S.Pd,M.Pd (2021) “pelaksanaan pembelajaran daring pada masa pandemi

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19 (Online Learning in the Middle of the Covid-19 Pandemic). Ilmiah Pendidikan Biologi, 6 (1).

Sepriadi Saputra, Gitra Astrid 2 Desember 2021 Efektivitas Komunikasi Antar Pribadi Terhadap Kepuasan Mahasiswa Dalam Kegiatan Pembelajaran Tatap Muka Di Era Pandemi Pada Mahasiswa Fisip Uin Raden Fatah Palembang Jurnal Profesional FIS UNIVED

Dokumtasi surat edaran Rektor IKIP PGRI PPKn IKIP PGRI Pontianak Tahun 2020/2021 “kebijakan kemdikbut dalam pendidikan jarak jauh (PJJ)

Sugiyono.(2018). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : ALFABETA

Surgiyono.(2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif : ALFABETA

Titania Putri Widianti (2021) Pembelajaran Daring dan Luring di Masa Pandemi Covid-19”


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-nc4.footer##