PERAN GURU PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN MELALUI MEDIA VISUAL SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 1 MEMPAWAH HILIR KABUPATEN PONTIANAK

Pivit Arisanti, Sulha Sulha, Yuliananingsih Yuliananingsih

Sari


Fokus dalam penelitian ini adalah Peranan guru Pendidikan  Kewarganegaraan  dalam meningkatkan aktivitas pembelajaran melalui media visual siswa Kelas VII Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Mempawah Hilir Kabupaten Pontianak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder . sumber primer dalam penelitian ini adalah sumber data yang diperoleh secara langsung melalui studi dokumentasi seperti foto-foto selama penelitian dan wawancara selama responden atai informasi dilapangan yang berkaitan dengan penelitian ini. tekhnik pengumpulan data melalui observasi langsung, wawancara, dan dokumentasi. tekhnik  dalam pengecekan datapenelitian dengan prosedur penelitian yakni pengumpulan data, reduksi data(data reduction), penyajian data(data display),verivikasi dan penarikan kesimpulan. Secara khusus dapat pula ditarik kesimpulan sebagai berikut  (1) Peranan guru Pendidikan Kewarganegaraan  siswa  kelas VII Di  Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Mempawah Hilir Kabupaten Pontianak sudah maksimal, dalam meningkatkan aktivitas pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Meningkatkan  Aktivitas Pembelajaran Melalui media Visual Siswa Kelas VII Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Mempawah Hilir Kabupaten Pontianak,sudah dilaksanakan dengan maksimum.

Kata Kunci: Aktivitas Pembelajaran, Media Visual

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ahmad Rohani.(2010). Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Arends, Richard I. (2000). Learning To Teach, New York: McGraw Hill Companies.

Aunurrahman. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Baeley, D.K (1982), Methods of Social Research, New York:A Devision of Mac Millan Publishing Co. Inc.

Colin,R. (2009) Cara Belajar Abad 21,Jakarta : Nuansa Cendikiawan

Dr. M. Sobry Sutikno.(2013). Belajar dan Pembelajaran, Lombok :Penerbit Holistik

Dr.Sukiman, M. Pd. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran, Depok : PT Pustaka Insan Madani,Anggota IKAPI.

Dr. Wina Sanjaya,M.Pd (2006). Strategi Pembelajaran Berorintasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta : Prenada Media Group.

Emzir, (2011) Analisis Data (Metodologi Penelitian Kualitatif), Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Fathurraman,Pupuh dan Sobry Sutikno (2011 : 8) Strategi Belajar Mengajar Melalui Penananaman Konsep Umum dan Konsep Islami, Jakarta : Gaung Persada Pers

Gagne, R.M. (1995) Some New Views of Learning and Instructional, Phi Delta Kappan.

Hamid Darmadi. (2008). Profesi Kependidikan. Bandung: Alfabeta

--------------------. (2011). Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Alfabeta

Idri Shaffat. (2009) Optimized Learning Strategy, Jakarta: Prestasi Pustaka.

Nasution, S. (2003). Psikologi Pembelajaran. Jakarta: Bina Aksara.

Oemar Hamalik. (2012). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Pupuh Fathurrohman dan Sobry Sutikno. (2007). Strategi Belajar Mengajar Melalui Penanaman Konsep Umum dan Konsep Islami. Bandung: PT. Refika Aditama

Sardiman, AM. (2010) Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: Rajawali Press.

Sofan Amri. (2010). Proses Pembelajaran Inovati dan Kreatif Dalam Kelas, Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya

Subagyo, P.J. (2004). Metode Penelitian (Dalam teori dan Praktek). Jakarta: PT. Rineka Cipta

Sugiono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: alfabeta

Suparmako. (2009). Metode Penelitian Praktis (Untuk Ilmu-Ilmu Sosial, Ekonomi, dan Bisnis). Yogyakarta: BPEE Yogyakarta

Supriyadi. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Cakrawala Ilmu

Suryosubroto, B. (2009). Proses Belajar Mengajar Di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta

Tim Dosen STKIP PGRI Pontianak (2012), Pedoman Penyusunan Skripsi Bagi Mahasiswa, Pontianak: STKIP.

Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa. (2007). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka

Tukiran Taniredja, dkk.(2011). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Bandung: Alfabeta

Trianto.(2010). Mendesain Pembelajaran Inovatif-Progresif (Konsep, Landasan, dan implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan). Jakarta: Kencana

Zuldafrial (2011). Penelitian Kualitatif. Pontianak: STAIN Press


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-nc4.footer##