PENGARUH PENERAPAN METODE BERMAIN JAWABAN PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DI SMP KRISTEN FILADELFIA KECAMATAN SADANIANG KABUPATEN MEMPAWAH

Budi Budi, Syafrial Nur, Nurhadianto Nurhadianto

Sari


Tujuan penelitian ini adalah mendapatkan informasi tentang Pengaruh Penerapan Metode Bermain Jawaban Pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Terhadap Keaktifan Belajar Siswa di SMP Kristen Filadelfia Kec. Sadaniang Kab. Mempawah. Metode Bermain Jawaban pada pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Terhadap Keaktifan Belajar Siswa di SMP Kristen Filadelfia Kec. Sadaniang Kab. Mempawah.. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, dengan bentuk penelitian korelasional (corelational study), populasi sejumlah 46 siswa dengan sampel 46 siswa dengan 1 orang guru Pendidikan Kewarganegaraan, sehingga penelitian ini di namakan penelitian populasi. Variabel yang digunakan yaitu variabel bebas dan variabel terikat. Teknik pengolahan data yang digunakan adalah teknik komunikasi langsung, teknik komunikasi tidak langsung, teknik observasi langsung, dan teknik studi dokumenter. Analisis Regresi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang “Kuat” yaitu Pengaruh penerapan metode bermain jawaban pada pembelajaran  Pendidikan Kewarganegaran Terhadap Keaktifan Belajar Siswa di SMP Kristen Filadelfia Kec. Sadaniang Kab. Mempawah diperoleh sebesar 0,737.

 

Kata Kunci: Metode Bermain, Keaktifan Belajar


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Habeyb (2004). Kamus Populer. Surabaya: Arkola. Hanafiah, N dan Suhana, C (2009). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Rafika Aditama.

Mahmud. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sudjana, Nana. (2012). Penilaian Hasil Belajar. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Suharsimi, Arikunto, (2006). Pengelolaan Kelas dan Siswa Sebuah Pendekatan Evaluatif. Jakarta: Rajawali.

Somantri, Anting dan Muhidin, Sambas Ali. (2006). Aplikasi Statistika dalam Penelitian. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Sumarvianti, Nanik. (2007). Membangun Kopetensi Belajar. Jakarta: direktorat Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasioanl (Depdiknas).

Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Yamin, Martimis. (2007). Kiat Membelajarkan Siswa. Jakarta: Gaung Persada Press Jakarta.

Zain Aswan, Djamarah Bahri Syaiful, (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-nc4.footer##