PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA INFOKUS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SEKOLAH MADRASAHALIYAH NEGERI KABUPATEN SEKADAU
Sari
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui Pengaruh Pemanfaatan Media Infokus Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Madrasah Aliyah Negeri Kabupaten Sekadau. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, dengan bentuk penelitian yang di gunakan adalah Quasy Eksperimen. Berdasarkan hasil penelitian Sedangkan secara khusus dapat disimpulkan bahwa : (1) Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh rata-rata ketuntasan belajar siswa yang diajarkan dengan pembelajaran biasa / konvensional (kelompok kontrol) sebesar 71,43 yang tergolong baik. (2) Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh rata-rata ketuntasan belajar siswa yang diajar dengan menggunakan media infokus (kelas eksperimen) sebesar 81,14 yang tergolong istimewa. (3) Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan uji t diperoleh yaitu 1,99 < 2,759 > 1,99 maka Ho ditolak dengan pada taraf signifikansi 5%, hal ini berarti bahwa Ha diterima. Jadi terdapat pengaruh yang signifikan antara rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan pemanfaatan media infokus dengan hasil belajar siswa yang diajar dengan pembelajaran biasa / konvensional. (4) Berdasarkan perhitungan menggunakan effect size diperoleh nilai 0,2 < Es < 0,8 (0,2 < 0,629 <0,8) maka dapat disimpulkan bahwa pengaruh pemanfaatan media infokus tergolong sedang.
Kata Kunci : Media Infokus, Hasil Belajar
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Abu Ahmad dan Joko Tri Prasetyo, (2005) Strategi Belajar Mengajar.Bandung : Angkasa
Ali. M, (1985), Penelitian Kependidikan Prosedur dan Strategi. Bandung: Angkasa
Anderson. (1993) Pemilihan dan Pengembangan Media Untuk Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka
A.Tabrani Rusyan, dkk (1988) Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung : Perpustakaan Kependidikan
Anitah, S. (2012) Media Pembelajaran. Surakarta: Yuma Pustaka
Arikunto, S. (2003), Prosedur Penelitian. Jakarta: Bina Angkasa
Azhar, Asyad, (2011), Media Pmbelajaran. Jakarta: Rajawali Pers
Darmadi, Hamid. (2011) Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Djamar, S.B (1995), Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Pustaka Pelajar
Gagne’, dan Briggs (2011), Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers
Garllach, dan Ely (2011), Media Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers
Hamalik, O (2005), Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Bandung: Citra Adi Bhakti
Margono, (2005), Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Nawawi. H. (1991) Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gajahmada Universitas Press
Nasrr. M. (1988) Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia
Nawawi. Hadari. (2003) Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gajah Mada
N.K. Roestiyah, (2011), Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers
N.K. Roestiyah. (2008) Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rinek Cipta
Soemanto ,S.W (1983). Pisikologi Pendidikan. Jakarta :RinekCipta
Sudjana, N, (2012), Penilaian Hasil Belajar. Bandung: PT. Remaja Rosdaka
Suegiyono, (2003), Media Pengajaran Bahasa. Jakarta: PT Intan Prawira
Suegiyono,(2011), Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. bandung : alfhabeta
Sudirman. Arief. S, dkk. (2011) Media pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.license.cc.by-nc4.footer##