PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA INFOKUS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SEKOLAH MADRASAHALIYAH NEGERI KABUPATEN SEKADAU

Dewi Wahyu Astuti, Hemafitri Hemafitri, Rohani Rohani

Sari


Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui Pengaruh Pemanfaatan Media Infokus Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Madrasah Aliyah Negeri Kabupaten Sekadau. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, dengan bentuk penelitian yang di gunakan adalah Quasy Eksperimen. Berdasarkan hasil penelitian Sedangkan secara khusus dapat disimpulkan bahwa : (1) Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh rata-rata ketuntasan belajar siswa yang diajarkan dengan pembelajaran biasa / konvensional (kelompok kontrol) sebesar 71,43 yang tergolong baik. (2) Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh rata-rata ketuntasan belajar siswa yang diajar dengan menggunakan media infokus (kelas eksperimen) sebesar 81,14 yang tergolong istimewa. (3) Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan uji t diperoleh yaitu 1,99 < 2,759 > 1,99 maka Ho ditolak dengan pada taraf signifikansi  5%, hal ini berarti bahwa Ha diterima. Jadi terdapat pengaruh yang signifikan antara rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan pemanfaatan  media infokus dengan hasil belajar siswa yang diajar dengan pembelajaran biasa / konvensional. (4) Berdasarkan perhitungan menggunakan effect size diperoleh nilai 0,2 < Es < 0,8 (0,2 < 0,629 <0,8) maka dapat disimpulkan bahwa pengaruh pemanfaatan media infokus tergolong sedang.

 

Kata Kunci : Media Infokus,  Hasil Belajar


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abu Ahmad dan Joko Tri Prasetyo, (2005) Strategi Belajar Mengajar.Bandung : Angkasa

Ali. M, (1985), Penelitian Kependidikan Prosedur dan Strategi. Bandung: Angkasa

Anderson. (1993) Pemilihan dan Pengembangan Media Untuk Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka

A.Tabrani Rusyan, dkk (1988) Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung : Perpustakaan Kependidikan

Anitah, S. (2012) Media Pembelajaran. Surakarta: Yuma Pustaka

Arikunto, S. (2003), Prosedur Penelitian. Jakarta: Bina Angkasa

Azhar, Asyad, (2011), Media Pmbelajaran. Jakarta: Rajawali Pers

Darmadi, Hamid. (2011) Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Djamar, S.B (1995), Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Pustaka Pelajar

Gagne’, dan Briggs (2011), Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers

Garllach, dan Ely (2011), Media Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers

Hamalik, O (2005), Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Bandung: Citra Adi Bhakti

Margono, (2005), Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Nawawi. H. (1991) Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gajahmada Universitas Press

Nasrr. M. (1988) Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia

Nawawi. Hadari. (2003) Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gajah Mada

N.K. Roestiyah, (2011), Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers

N.K. Roestiyah. (2008) Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rinek Cipta

Soemanto ,S.W (1983). Pisikologi Pendidikan. Jakarta :RinekCipta

Sudjana, N, (2012), Penilaian Hasil Belajar. Bandung: PT. Remaja Rosdaka

Suegiyono, (2003), Media Pengajaran Bahasa. Jakarta: PT Intan Prawira

Suegiyono,(2011), Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. bandung : alfhabeta

Sudirman. Arief. S, dkk. (2011) Media pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-nc4.footer##