ANALISIS PENERAPAN MODEL STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PADA SISWA KELAS XI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 1 SENGAH TEMILA KABUPATEN LANDAK

Helmikus Helmikus, Idham Azwar, Erna Octavia

Sari


Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui bagaiamana Analisis penerapan model Student Facilitator and Explaining dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan pada siswa kelas XI Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Sengah Temila Kabupaten Landak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah bentuk studi survei (Survey Studies). Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi langsung, komunikasi langsung, komunikasi tidak langsung, dan studi documenter. Alat pengumpulan data yaitu panduan obsevasi, wawancara, angket dan dokumentasi .Disimpulkan bahwa: 1. Perencanaan penerapan model Student Facilitator and Explaining dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan, berdasarkan presentase diperoleh hasil 75,69% katagori baik 2. Pelaksanaan penerapan model Student Facilitator and Explaining dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan, berdasarkan presentase diperoleh hasil 78,72%  katagori baik 3. Evaluasi penerapan model Student Facilitator and Explaining dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan berdasarkan presentase diperoleh hasil 79,30%  katagori baik.

 

Kata Kunci: Model Student Facilitator And Explaining

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ahmad, R. (2004). Pengelolaan Pembelajaran, Jakarta: PT Rineka Cipta.

Arends, R. (2008), Lerning To Teach (Belajar Untuk Mengajar). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arikunto, S. (2004). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Aunurrahman. (2009), Belajar dan Pembelajaran, Bandung: Alfabeta.

Aqib, Z. (2013), Model-Model Media dan Strategi Pembelajaran Kontekstual

(Inovatif). Bandung: Yrama Widya.

Darmadi, H. (2011), Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Alfabeta. Daryanto, H. (1996), Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, S. B. (2007). Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: PT. Rienika Cipta.

Dimyati, M. (2006), Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta.

Fatah,N. (1996), Landasan Managemen Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta. Harjanto. (1997). Evaluasi dan Penilaian Pendidikan. Malang. IKIF Malang.

Heins, C. (1992), Saya Guru yang Baik, Yogyakarta: Kanisius.

Hamalik, O. (2005), Proses Belajar Mengajar, Jakarta: Bumi Aksara.

Ibrahim, M. (2000). Perencanaan Pengajaran, Jakarta: Rineka Cipta. Istarani.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-nc4.footer##