PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PICTURE AND PICTURE PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI KELAS VIII C SMP NEGERI 1 CAPKALA KABUPATEN BENGKAYANG

Heni Gustina, Hemafitria Hemafitria, Fety Novianty

Sari


Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi tentang Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Melalui Model Picture and Picture Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Kelas VIII C SMP Negeri 1 Capkala Kabupaten Bengkayang. variabel tunggal dalam penelitian ini adalah pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Picture and Picture.Metode penelitian ini adalah metode tindakan dengan bentuk penelitian yaitu PTK. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII C Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Capkala Kabupaten Bengkayang yang berjumlah 33 orang siswa dan 1 Orang guru Pendidikan Kewarganegaraan. Tahapaan penelitian ini meliputi : 1. Tahap perencanaan tindakan, 2. Tahap pelaksanaan tindakan, 3. Tahap pengamatan (observasi), dan 4. Tahap refleksi. Teknik pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah 1) teknik observasi langsung dengan alatnya panduanobservasi, dan (2) teknik studi documenter dengan alatnya silabus, RPP, dan foto-foto.Kesimpulan secaraumumdalam penelitian iniadalahPeningkatan Aktivitas Belajar Siswa Melalui Model Picture and Picture Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Kelas VIII C SMP Negeri 1 Capkala Kabupaten Bengkayangā€¯sudah baik.


Kata Kunci


Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Model Picture And Picture, Pendidikan Kewarganeraan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ekawarna. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Gating Persada press.

Erva Wulandari. 2009. Penggunaan model picture and picture untuk meningkatkan pembelajaran IPA siswa kelas IV SDN Gadingkulon 03 Dau Malang. Skripsi PGSD UPI Kampus Sumedang: Tidak Diterbitkan

[ONLINE]Tersedia:http://kdsumedang.upi.cdu/berkas/proposal/2009/MODEL%20PEMBELAJARAN%20PICTUREANDPICTURE%20UNTUK%20MENINGKATKAN%20PEMBELAJARAN%20IPA%20SISWA%20KELAS%20EMPAT.pdf.

Gulo. W. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Grasindo

Hadari Nawawi. 2012. Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta : Gadjah Mada University Press.

Hamid Darmadi. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

, 2010. Pendidikan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi. Bandung: Alfabeta.

Iskandar. 2012. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Referensi.

__ . 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jambi: PT Gating Persada Press.

Istarani. 2011. Model Pembelajaran lnovatif (Referensi Guru Dalain Menentukan Model Pembelajaran). Medan: Media Persada

Johnson & Johnson. 2011. Model Pembelajaran Picture and Picture. [ONLINE]. Tersedia: http://www.Ras-eko.Blogspot.com/2011/05/Model Pembelajaran Picture and Picture.html. [05 Mei 2011].

M. Ibrahim, dkk (2000). Pembelajaran kooperatif. Surabaya: University Press.

Mohammad Asrori. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Cv Wacana Prima.

Purwanto. 2007. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajara.

. 2009. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ria Anggraini. 2011. Penerapan Model Picture and Picture Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Perkembangbiakan Bunga Siswa Kelas IV SDN 13411 Merbau Kecanialan Bajubang Kabupaten Batanghari. Skripsi FKIP PGSD Universitas Jambi: Tidak Diterbitkan.

Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sugiono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

_____. 2011. Statisik untuk Penelitian. Bandung: Alfa Beta.

Suharsimi Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Rineka Cipta.

Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain, (2010). Strategi Belajar Mengajar, Cetakan keempat, Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.

Tim Penyusun. 2012/2013. Pedoman Penyusunan Skripsi bagi Mahasiswa.Pontianak: STKIP-PGRI.

Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Wawan Junaidi. 2011. Definisi Aktivitas Belajar. [ONLINE]. Tersedia: http://www.bukuhalus.com/2011/74/definisi-aktivitas-belajar.html. [23Desember 2011].

Wina Senjaya. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Proses Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prima.

Winda Admela. 2012. Penerapan Model Piteure and Piteure Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Sains Di Kelas IV SDN. No 111/I Komplek Air Panas. Skripsi FKIP PGSD Universitas Jambi: Tidak Diterbitkan.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-nc4.footer##