UPAYA GURU PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MENANAMKAN SIKAP DEMOKRASI DALAM PELAKSANAAN BELAJAR MENGAJAR MATERI DEMOKRASI PANCASILA PADA SISWA KELAS VIII MTs NEGERI BUNUT HILIR KABUPATEN KAPUAS HULU

Jainatin Aini, Sulha Sulha, Erna Octavia

Sari


Abstak

Tujuan penelitian ini Untuk mengetahui Upaya Guru Pendidikan Kewarganegaraan Menanamkan Sikap Demokrasi Dalam Pelaksanaan Belajar Mengajar Materi Demokrasi Pancasila Pada Siswa Kelas VIII MTs Negeri Bunut Hilir Kabupaten Kapuas Hulu. Metode yang digunakan adalah: metode kualitatif. Bentuk penelitiannya adalah: studi survei. subjek penelitian ini ialah siswa kelas VIII MTs Negeri Bunut Hilir Kabupaten Kapuas Hulu, Teknik yang digunakan untuk mengambil data dalam penelitian ini adalah teknik observasi langsung, teknik komunikasi langsung,.teknik studi documenter.Analisis terdiri dari tiga alur kegiatan yang bersamaan, tiga komponen kegiatan tersebut adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan(verifikasi). Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan: terdapat upaya guru dalam menanamkan sikap demokrasi dalam proses belajar mengajar materi demokrasi pancasila terhadap sikap siswa kelas VIII MTs Negeri Bunut Hilir,1.Langkah-langkah yang dilakukan guru dalam menumbuhkan sikap atau perilaku demokrasi ialah Mengikut sertakan siswa dalam perencanaan pengajaran, melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran,2.Proses belajar mengajar materi demokrasi pancasila,guru menjelaskan pengertian demokrasi, guru membina rasa kebersamaan siswa antar siswa, guru membiasakan siswa terbuka dan transparan,siswa dapat menerapkan demokrasi dalam besikap, 3.sikap demokrasi siswa kelas VIII MTs Negeri Bunut Hilir, adalah menghargai Pendapat Temannya, menghormati keputusan orang lain ,Berpartisipasi dalam pemilihan ketua osis dan ketua kelas Siswa beperan aktif dalam kegiatan pelajaran.


Kata Kunci


Kata Kunci: Sikap Demokrasi, Guru Pendidikan Kewarganegaraan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anggoro. T, dkk. (2007). Metode Penelitian. Jakarta: Universitas Terbuka Departemen Pendidikan Nasional

Anwar. D. (2003). Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Surabaya: Amelia

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta: PT. Rineka Cipta

Sumarsono S.(2006).Pendidikan Kewarganegaraan.Jakarta:PT Gramedia Pustaka Utama

Darmadi, H. (2007). Pendidikan Pancasila . Bandung: Alfabeta

Dahlan,S.dan H.Asy’ri,Drs.(2006).Tim Abdi Guru Pendidikan Kerwarganegaraan SMP Kelas VII.Jakarta:PT Gelora Aksara

Abu Ahmadi,H dan Joko Tri (2005).Strategi Belajar Mengajar . Bandung: CV Pustaka Setia

Hamalik, O . (2009). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara

Hazin, N.K. (2003). Kamus Lengkap Bahasa Indonesia Super Baru. Surabaya: Terbit Terang

Sumarsono S. (2004)pendidikan kewarganegaraan. Jakarta:Gramedia Pustaka Utama

JJ. Hassibuan dan Moesjiono. (2008). Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Naim, N. (2011). Dasar-dasar Komunikasi Pendidikan. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media

Budimansyah Dasim.(2008)Pembelajaran Pendidikan Kesadaran Berdemokrasi PT Genesindo

Sagala, S. (2010). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Sanjaya,W.(2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Profesi Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media

Sardiman. (2008). Interaksi belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo

Setyosari,P.(2010). Metode Penelitian Pendidikan dan pengembangan. Jakarta: Prenada Media Group

Soemanto,W.(2003). Psikologi Pendidikan Landasan Kerja pemimpin Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta

Sudarman, P. (2004). Belajar Efektif. Bandung: Pustaka Setia

Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualititatif dan R & D. Bandung: Alfabeta

Surayin,(2007). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Bandung: Yrama Widya

Winataputra,S, dkk. (2007). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Univesitas Terbuka Departemen Pendidikan Nasional

Sumarsono S.(2001).Pendidikan Kewarganegaraan.Jakarta:PT Gramedia Pustaka Utama

Hamid Darmadi Prof (2011).Metode Penelitian Lapangan

(PPL).Pontianak: Romeo Grafika

Ahmadi Abu.H,Dr. (2005) Strategi Belajar Mengajar.Bandung: Pustaka Setia

Budimansyah Dasim.Pembelajaran Pendidikan Kesadaran Berdemokrasi Jakarta:PT Genesindo

Sumber Internet

Dickerson SS, Stone VI, (2006). Communication. Panchura C, Usiak DJ, University at Bufallo. State University of New York, USA. sdickers@bufallo.edu. Diunduh tanggal 12 Maret 2014.

Felicity Haynes. (2010). Meaning and Teaching. http://www.ffst.hr/ENCYCLOPAEDIA/doku.php?id=meaning_and_teaching. Diunduh tanggal 8 Maret 2014.

Gambrell, L. & Almasi, J. (2005). Teaching. University at Bufallo, State University of New York, USA. sdickers@bufallo.edu. Diunduh tanggal 8 April 2014.

Gordon Lawrence. (2009). Learning Styles. http://www.funderstanding.com/content/learning-styles. Diunduh tanggal 8 Februari2014.

Majalah Pendidikan. (2011). http://www.majalahpendidikan.com/2011/10/pendekatan-perkembangan-kognitif-siswa.html. Diunduh tanggal 12 Maret 2014.

Pustaka Sekolah. (2011). http://www.pustakasekolah.com/karakteristik-mata-pelajaran-sejarah.html. Diunduh tanggal 12 April 2014.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-nc4.footer##