UPAYA GURU MENGEMBANGKAN POTENSI PESERTA DIDIK DALAM PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PADA SISWA KELAS X SEKOLAH MENENGAH ATAS KARYA SEKADAU KABUPATEN SEKADAU

Natalia Via, Moad Moad, Nurhadianto Nurhadianto

Sari


Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi yang obyektif tentang  upaya guru mengembangkan potensi peserta didik dalam proses pembelajaran pendidikan kewarganegaraan pada siswa kelas X SMA Karya Sekadau Kabupaten Sekadau. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Bentuk penelitian survei. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 285 orang siswa dengan penarikan sampel sebanyak 15% atau 60 orang siswa dan 1 orang guru pembimbing, maka penelitian ini mengunakan penelitian sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah: Teknik komunikasi tidak langsung dengan alat berupa angket, teknik komunikasi langsung dengan alat berupa panduan wawancara dan teknik observasi langsung dengan alat berupa pedoman observasi. Teknik analisis data menggunakan rumus persentase. Berdasarkan hasil pengolahan data dan deskripsi hasil wawancara, maka dapat simpulkan secara umum bahwa upaya guru mengembangkan potensi peserta didik dalam proses pembelajaran pendidikan kewarganegaraan pada siswa kelas X SMA Karya Sekadau Kabupaten Sekadau terlaksana dengan kategori cukup. Ini berarti bahwa paya guru mengembangkan kemampuan psikomotorik peserta didik dalam proses pembelajaran pendidikan kewarganegaraan pada siswa kadang-kadang dilaksanakan dan kadang-kadang tidak terlaksana. Upaya guru mengembangkan kemampuan psikomotorik peserta didik seperti: kesiapan, respon pembimbing, dan adaptasi.


Kata Kunci


Kata Kunci: Potensi Peserta Didik, Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ahmadi. A dan Supriyono. W. (2004). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S (2000), Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek Edisi Revisi. Jakarta: PT. Bina Aksara.

Azwar. S. (2006). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta. Raja Grafindo Persada.

Depdikbud (2004), Buletin SLTP Terbuka, Pontianak: Kanwil Prop. Kalbar Proyek Perluasan dan Peningkatan Mutu Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama Kalimantan Barat.

Djamarah. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Emmanuel J. Massom dan William L. Bramble, (1999), Understanding and Conduction Research. New York: University of Kentucky.

Furcha. A (2002). Pengantar Metodelogi Penelitian Kualitatif. Surabaya: Usaha Nasional.

Habsari. 2004. “Pengukuran Ranah Kognitif, Afektif, dan Psikomotor”. (Online) http://hadirukiyah.blogspot.com/2009/08/pengukuran-ranah-kognitif-afektif-dan.html. Diakses Tanggal 10 April 2012

Hartinah, Siti, (2009). Perkembangan Peserta Didik. PT. Rafika Adiatma, Bandung

Isparjadi (2008). Penelitian Pendidikan. Jakarta. Depdikbud.

Krathwol (2004). “Aspek Penilaian dalam KTSP Bag 1 (Aspek Kognitif)”. (Online) http://massofa.wordpress.com/feed/. Diakses Tanggal 12 April 2012

Mardalis. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Mandar maju.

Nawawi. H. (2001), Administrasi dan Organisasi Bimbingan dan Penyuluhan, Jakarta: Etalia Indonesia.

Nggermanto. A, (2001). Psikologi Pendidikan. CV Remaja Karya: Bandung.

Poerwati, Endang & Nur Widodo, (2000). Perkembangan Peserta Didik, Universitas Muhammadiyah Malang, Malang

Purwanto. N (2010). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Rasid. H. (2000), Metode Penelitian Kuantitatif Bidang Ilmu Sosial dan Agama, Pontianak: Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN).

Ratih. (2000). “Pengembangan Perangkat Penilaian Afektif”. (Online) http://akhmadsudrajat.wordpress.com/2008/08/15/pengertian-fungsi-dan-mekanisme-penetapan-kriteria-ketuntasan-minimal-kkm/. Diakses Tanggal 12 Aptil 2012

Ridwan. (2004), Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Riyatno, Y (2001), Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek Edisi Revisi. Jakarta: PT. Bina Aksara.

Soeryabrata, S. (2000). Metode Penelitian, Yogyakarta: Raja Grafindo.

STKIP-PGRI Pontianak, (2005), Pedoman Oprasional Tahun 2005/2006 Tentang Akademik Kemahasiswaan, Penulisan Skripsi dan Makalah. Pontianak: STKIP-PGRI Pontianak.

Sudjana. (2000). Strategi Pembelajaran. Bandung: Falah Production.

………... (2006), Metode Statistik, Bandung: Tarsito.

Sudjono, Anas. (2008). “Penilaian Ranah Psikomotorik Siswa”. (Online) http://delapanratus.blogspot.com/2009/04/penilaian-ranah-psikomotorik-siswa.html. Diakses Tanggal 10 April 2012

Sugiyono, (2004), Metode Penelitian Administrasi, Bandung: Alfabeta.

Sujanto, Agus, (2005). Psikologi Perkembangan, Aksara Baru: Jakarta

Walgito. B, (2004), Prosedur Penelitian, Yogyakarta: Andi offset.

Wardani. S. (2004). Penilaian Pembelajaran Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Weis. N and Hassent. M. (1982), Information System. Jakarta: Bumi Aksara.

Yuwana. S. (2002), Penuntun Penyusunan Karya Ilmiah. Semarang: CV. Aneka Ilmu.

Zuldafrial (2012). Keterampilan Komunikasi Pendidikan. Pontianak: STAIN Pontianak Press.

……………(2010). Penelitian Kuantitatif. STAIN Pontianak: Apres.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-nc4.footer##