PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN KELAS VIII SMP NEGERI 2 NANGA TAMAN KABUPATEN SEKADAU

Yosef Lingga, Idham Azwar, Sitti Uswatun Hasanah

Sari


Abstrak

 Tujuan umum dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kejelasan tentang Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas VIII SMP Negeri 2 Nanga Taman Kabupaten Sekadau. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Bentuk penelitian yang digunakan adalah “Pree Experimen Design dengan Pola One Group Pretest-Posttest”. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik pengukuran, teknik observasi langsung, teknik komunikasi langsung, teknik studi dokumenter, Teknik analisis data yang digunakan rumus mencari rata-rata (mean), T-Test dan Effect size. Kesimpulan secara umum (1) hasil perhitungan diperoleh rata-rata hasil belajar siswa sebelum penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) sebesar 63,33 yang tergolong cukup. (2) hasil perhitungan diperoleh rata-rata hasil belajar setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) sebesar 79,63 yang tergolong baik. (3) terdapat perbedaan hasil hal tersebut terlihat bahwa Thitung>Ttabel, dimana Thitungnya = 4,30 dan Ttabel = 1,71. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewaarganegaraan Kelas VIII SMP Negeri 2 Nanga Taman Kabupaten Sekadau diperoleh nilai effect size sebesar 0,99 tergolong tinggi”.


Kata Kunci


Kata Kunci: Pengaruh, Model Pembelajaran Kooperatif, Think Pair Share, dan Hasil Belajar

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ahmadi, Abu dan Widodo Supriyono. (2008). Psikologi Belajar (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta.

Aqib, Zainal. (2013). Model-Model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.

Darmadi, H. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Daryanto. (2007). Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Gentara, Asep Sahid dan Subhan Sofhian. (2012). Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (Civic Education). Bandung: Fokusmedia.

Huda, M. (2014). Cooperative Learning, Metode, Teknik, Struktur dan Model Penerapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Isjoni. (2010). Cooperative Learning Mengembangkan Kemampuan Belajar Kelompok. Bandung: Alfabeta.

Jacobsen, David A dkk. (2009). Methods For Teaching Metode-metode Pengajaran Meningkatkan belajar Siswa TK –SMA (Terjemahan). Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Jihad, Asep dan Abdul Haris. (2009). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Martati, Badruli. (2010). Metodologi Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Strategi Penanaman Nilai. Bandung: Genesindo.

Rahmawati. (2012). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Shared Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Dengan hasil Belajar siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Pemangkat (SKRIPSI). Pontianak: IKIP PGRI PONTIANAK.

Rusman. (2011). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Subana, M dan Sudrajat. (2000). Dasar-dasar Penelitian Ilmiah. Jakarta: Pustaka Setia.

Subana, M dan Sudrajat. (2005). Dasar-Dasar Penelitian Ilmiah. Bandung: Pustaka Setia.

S, Tatang. (2012). Ilmu Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukardi, M. (2009). Evaluasi Pendidikan Prinsip dan Operasionalnya. Jakarta: Bumi Aksara.

Suyatno. (2009). Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Sidoarjo: Masmedia Buana Pustaka.

Tim Penyusun. (2010). Pedoman Operasional Tahun Akademik 2010/2011 Tentang Akademik, Kemahasiswaan dan Penelitian Skripsi dan Makalah. Pontianak: IKIP-PGRI Pontianak.

Tim Dosen UGM. (2002). Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Untuk Perguruan Tinggi. Yogyakarta: Paradigma.

Trianto. (2007). Model-model Pembelajaran Inofatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif Konsep Landasan dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Prenada Media.

Zuldafiral. (2010). Pendekatan Penelitian dan Teknik Penulisan Karya Ilmiah. Pontianak: Pustaka Abuya.

Zuldafial. (2012). Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Media Perkasa.

(http://elsagustianristiani.blogspot.com/2012/08/pengertiankewarganegaraandan.html)

(http://ras-eko.blogspot.com/2011/05/model-pembelajaran-circ-cooperative.html)


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-nc4.footer##