PERANAN IKATAN REMAJA MASJID DALAM MEMBENTUK NILAI KARAKTER RELIGIUS DI DESA PENYELADI KECAMATAN KAPUAS KABUPATEN SANGGAU

Rama Sanjaya, Rohani Rohani, Syarif Firmansyah

Sari


Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peranan ikatan remaja masjid dalam membentuk nilai karakter religius di Desa Penyeladi Kecamatan Kapuas Kabupaten Sanggau. Metode yang digunakan ialah kualitatif dan bentuknya deskriptif. Subyek penelitian kepala Dusun, wakil ketua masjid, remaja masjid, tokoh agama. Alat pengumpul data panduan wawancara, panduan observasi dan studi dokumentasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Teknik observasi langsung, Teknik komunikasi langsung, studi dokumenter. Analisis data adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian bentuk kegiatan yang dilakukan remaja masjid adalah hadrah dan bersholawat, bakti sosial, pengajian malam jumat, memperingati hari besar islam. Karakter religius yang ditanamkan remaja masjid dari aspek ihsan membantu sesama manusia dalam maulid nabi, aspek ilmu didapatkan melalui mendengarkan dakwah tentang masalalu nabi, aspek iman mendengarkan dakwah tentang perilaku nabi dan akhlak nabi. Pembinaan yang dilakukan remaja masjid pembinaan langsung bentuknya seperti kegiatan hadrah dan pengajian ada guru pembinanya langsung yang mengajarkan, pembinaan tidak langsung bentuknya membuat grup WA disosial media dan mengirim link ceramah.


Kata Kunci


Kata Kunci: Ikatan Remaja Masjid, Nilai Karakter Religius

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ainissyifa, H. (2017). Pendidikan karakter dalam perspektif pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan UNIGA, 8(1), 1-26.

Aslati, A., Silawati, S., Sehani, S., & Nuryanti, N. (2018). Pemberdayaan Remaja Berbasis Masjid (Studi Terhadap Remaja Masjid di Labuh Baru Barat). Masyarakat Madani: Jurnal Kajian Islam dan Pengembangan Masyarakat, 3(2), 1-11.

Maharani, D. (2019). Pendampingan pengurus remaja masjid dalam pengelolaan (humayroh, 2022)administrasi. Jurnal Parahita Abdimas Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 30-39.

Marzuki, (2019). Pendidikan karakter islam. Jakarta: Imprint Bumi Aksara.

Masjid.A dan Andayani.D, (2012).pendidikan perspektif Islam, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Retnasari, L., Suyitno, S., & Hidayah, Y. (2019). Penguatan Peran Taman Pendidikan Al-Quran (TPQ) Sebagai Pendidikan Karakter Religius. Jurnal Solma, 8(1), 32-38.

Rumondor, P., & Gobel, P. M. (2019). Pola Pembinaan Kepribadian dan Keagamaan Remaja Masjid Al-Fatah Di Kelurahan Girian Indah Kecamatan Girian Kota Bitung. Al-Izzah: Jurnal Hasil-Hasil Penelitian, 14(2), 1-16.

Siswanto, (2005). Hakikat Pengelolaan Organisasi Remaja Masjid.http://google.co.id/url?=eprints.ung.acdiakses tanggal 25 september 2022

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung:Alfabeta.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-nc4.footer##