PENGARUH METODE PEMBELAJARAN AKTIF KREATIF EFEKTIF DAN MENYENANGKAN (PAKEM) PADA MATERI ELEMEN DASAR PERANGKAT LUNAK PENGOLAH GRAFIS TERHADAP MOTIVASI BELAJAR (Penelitian Eksperimen di Kelas X SMK Cahaya Harapan Tayan Hilir)

Ruben Gideon, Hemafitria Hemafitria, Erna Octavia

Sari


Tujuan umum penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi tentang pengaruh metode pembelajaran aktif kreatif efektif dan menyenangkan (PAKEM) pada materi elemen dasar perangkat lunak pengolah grafis terhadap motivasi belajar siswa di kelas X SMK Cahaya Harapan Tayan Hilir. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah: metode eksperimen dengan bentuk penelitian adalah pra eksperimen dan rancangan penelitian yang digunakan adalah one group pretest-posttest design. Berdasarkan hasil pengolahan data dari angket siswa yang telah diuji cobakan dan diberi perlakuan, maka pengaruh pembelajaran aktif kreatif efektif dan menyenangkan pada materi elemen dasar perangkat lunak pengolah graphis terhadap motivasi belajar siswa di kelas X SMK Cahaya Harapan Tayan Hilir diperoleh persentase rata-rata angket pretest (tes awal) 71,67% dengan kategori “Baik” dan hasil dari persentase rata-rata angket posttest (tes akhir) 82,74% dengan kategori “Baik sekali.


Kata Kunci


Pakem, motivasi, metode

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agus Suprijono. (2009). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Aqib, Zainal. (2012). Model-Model, Media, Dan Strategi Pembelajaran kontekstual

(Inovatif). Bandung: Yrama Widia.

Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.

Jakarta: PT. Rineka Cipta

Arikunto, Suharsimi. (2012). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineke Cipta.

Burton, Wiliam. (1992). The Guidance Of Learning. New York: Appeton Century

Croft

Darmadi, Hamid. (2011). Kemampuan Dasar Mengajar. Bandung: Alfabeta.

Darmansyah. (2010). Strategi Pembelajaran Menyenangkan Dengan Humor.Jakarta:

PT Bumi Aksara.

Drucker, Peter F. (1978). Manajemen Tugas Dan Tanggung Jawab Praktek. Jakarta:

Gramedia.

Hartono, dkk. (2012). PAIKEM Pembelajaran aktif inovatif kreatif efektif dan

menyenangkan. Pekanbaru Riau: Zanafa Publishing.

Heryanto, Narry dan Hamid Akib. (2008). Statistika Dasar. Jakarta: Universitas

Terbuka.

Indrawati dan Setiawan, Wawan. (2008). Modul Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif,

Dan Meyenangkan. Jakata: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidikan Dan Tenaga Kependidikan Ilmu Pengetahuan Alam (PPPPTKIPA) http://www.P4tkipa.org/data/pakem.pdf

Jauhar, Mohammad. (2011). Implementasi PAIKEM dari Behavioristik sampai

Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustakarya.

Mintana, Anjrah dan T. Adi Wijaya.(2006). Buku Guru keterampilan Komputer Dan

Pengelolaan Informasi. Jakarta: Erlangga.

Nawawi, Hadari. (2011). Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gajah Mada

University Press.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar

Nasional Pendidikan, BAB IV Pasal 19, Ayat (1).

Rusman. (2011). Model-Model Pembelajaran, Mengembangkan Profesionalisme

Guru.Jakarta: Rajawali Pers

Sardiman A.M. (2010). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali

Pers

Siberman.(2011). Active Learning 101 Strategies To Teach Any Subject. Bnadung:

Susamedia

STKIP PGRI Pontianak. (2009). Pedoman Operasional. Pontianak: CV Faruna

Bahagia.

Subana. (2000). Statistika Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia

Subana, M. & Sudrajat. (2005). Dasar-Dasar Peneltian Ilmiah. Bandung: Pustaka

Setia.

Sudikan, Setya Yuwana. (2004). Metode Penelitian Sastra Lisan. Surabaya: Citra

Wacana.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung:

Alfabeta.

Sunarto. (2012). Icebreaker Dalam Pembelajaran Aktif. Surakarta:Cakrawala Media.

Suryabrata, Sumadi.(2003). Metodelogi Penelitian.Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Surjandono, Andri dkk. (2010). Keterampilam Komputer Dan Pengelolaan

Informasi. Depok: CV Arya Duta

Suparlan. (2004). Mencerdaskan Kehidupan Bangsa:Dari Konsepsi Sampai Dengan Implentasi. Yogyakarta: Hikayat Pub

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang sistem

Pendidikan Nasional.

W.Gulo. (2010). Metodologi penelitian. Jakarta:PT.Gramedia.

Zuldafrial. (2012). Penelitian Kualitatif. Pontianak: STAIN Pontianak Pers.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-nc4.footer##