PENGARUH METODE PEMBELAJARAN AKTIF KREATIF EFEKTIF DAN MENYENANGKAN (PAKEM) PADA MATERI ELEMEN DASAR PERANGKAT LUNAK PENGOLAH GRAFIS TERHADAP MOTIVASI BELAJAR (Penelitian Eksperimen di Kelas X SMK Cahaya Harapan Tayan Hilir)
Sari
Tujuan umum penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi tentang pengaruh metode pembelajaran aktif kreatif efektif dan menyenangkan (PAKEM) pada materi elemen dasar perangkat lunak pengolah grafis terhadap motivasi belajar siswa di kelas X SMK Cahaya Harapan Tayan Hilir. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah: metode eksperimen dengan bentuk penelitian adalah pra eksperimen dan rancangan penelitian yang digunakan adalah one group pretest-posttest design. Berdasarkan hasil pengolahan data dari angket siswa yang telah diuji cobakan dan diberi perlakuan, maka pengaruh pembelajaran aktif kreatif efektif dan menyenangkan pada materi elemen dasar perangkat lunak pengolah graphis terhadap motivasi belajar siswa di kelas X SMK Cahaya Harapan Tayan Hilir diperoleh persentase rata-rata angket pretest (tes awal) 71,67% dengan kategori “Baik” dan hasil dari persentase rata-rata angket posttest (tes akhir) 82,74% dengan kategori “Baik sekali.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Agus Suprijono. (2009). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Aqib, Zainal. (2012). Model-Model, Media, Dan Strategi Pembelajaran kontekstual
(Inovatif). Bandung: Yrama Widia.
Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.
Jakarta: PT. Rineka Cipta
Arikunto, Suharsimi. (2012). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineke Cipta.
Burton, Wiliam. (1992). The Guidance Of Learning. New York: Appeton Century
Croft
Darmadi, Hamid. (2011). Kemampuan Dasar Mengajar. Bandung: Alfabeta.
Darmansyah. (2010). Strategi Pembelajaran Menyenangkan Dengan Humor.Jakarta:
PT Bumi Aksara.
Drucker, Peter F. (1978). Manajemen Tugas Dan Tanggung Jawab Praktek. Jakarta:
Gramedia.
Hartono, dkk. (2012). PAIKEM Pembelajaran aktif inovatif kreatif efektif dan
menyenangkan. Pekanbaru Riau: Zanafa Publishing.
Heryanto, Narry dan Hamid Akib. (2008). Statistika Dasar. Jakarta: Universitas
Terbuka.
Indrawati dan Setiawan, Wawan. (2008). Modul Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif,
Dan Meyenangkan. Jakata: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidikan Dan Tenaga Kependidikan Ilmu Pengetahuan Alam (PPPPTKIPA) http://www.P4tkipa.org/data/pakem.pdf
Jauhar, Mohammad. (2011). Implementasi PAIKEM dari Behavioristik sampai
Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustakarya.
Mintana, Anjrah dan T. Adi Wijaya.(2006). Buku Guru keterampilan Komputer Dan
Pengelolaan Informasi. Jakarta: Erlangga.
Nawawi, Hadari. (2011). Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gajah Mada
University Press.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar
Nasional Pendidikan, BAB IV Pasal 19, Ayat (1).
Rusman. (2011). Model-Model Pembelajaran, Mengembangkan Profesionalisme
Guru.Jakarta: Rajawali Pers
Sardiman A.M. (2010). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali
Pers
Siberman.(2011). Active Learning 101 Strategies To Teach Any Subject. Bnadung:
Susamedia
STKIP PGRI Pontianak. (2009). Pedoman Operasional. Pontianak: CV Faruna
Bahagia.
Subana. (2000). Statistika Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia
Subana, M. & Sudrajat. (2005). Dasar-Dasar Peneltian Ilmiah. Bandung: Pustaka
Setia.
Sudikan, Setya Yuwana. (2004). Metode Penelitian Sastra Lisan. Surabaya: Citra
Wacana.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung:
Alfabeta.
Sunarto. (2012). Icebreaker Dalam Pembelajaran Aktif. Surakarta:Cakrawala Media.
Suryabrata, Sumadi.(2003). Metodelogi Penelitian.Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Surjandono, Andri dkk. (2010). Keterampilam Komputer Dan Pengelolaan
Informasi. Depok: CV Arya Duta
Suparlan. (2004). Mencerdaskan Kehidupan Bangsa:Dari Konsepsi Sampai Dengan Implentasi. Yogyakarta: Hikayat Pub
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang sistem
Pendidikan Nasional.
W.Gulo. (2010). Metodologi penelitian. Jakarta:PT.Gramedia.
Zuldafrial. (2012). Penelitian Kualitatif. Pontianak: STAIN Pontianak Pers.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.license.cc.by-nc4.footer##