UPAYA GURU MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE PEMBELAJARAN DEMONSTRASI PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN KELAS VIII DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 10 KOTA PONTIANAK

Sri Rahayu, M. Anwar Rube’i, Nurhadianto Nurhadianto

Sari


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan Metode Pembelajaran Demonstrasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan kelas VIII SMP Negeri 10 Pontianak. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas untuk memperbaiki berbagai persoalan nyata dan praktis dalam peningkatan mutu pembelajaran dikelas yang dialami langsung dalam interaksi antara guru dengan siswa yang sedang belajar dan penelitian ini dilakukan 34 0rang siswa dan 1 orang guru mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.Berdasarkan hasil pengolahan data penelitian maka diperoleh kesimpulan secara umum bahwa upaya guru meningkatkan hasil belajar siswa melalui metode demonstrasi pada mata pelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan kelas VIII di sekolah menengah pertama negeri 10 kota pontianak dapat dikatagorikan sangat tinggi ini terlihat dari hasil rata-rata nilai ulangan harian siklus 2 yang mencapai delapan puluh lima koma dua puluh sembilan (85,29) dengan presentasi sembilan puluh empat  koma sebelas persen (94,11%).Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, maka disarankan Guru pendidikan pancasila dan kewarganegaraan harus dapat memilih model pembelajaran yang tepat sesuai dengan materi yang akan diajarkan kepada siswa sehingga siswa aktif, kreatif dan senang dalam mengikuti pembelajaran tersebut.


Kata Kunci


Metode Demonstrasi dan Hasil Belajar.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, S. (2006) Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta Rineka Cipta

Arikunto. S, Suhardjono dan Supardi (2008) Penelitian Tindak Kelas Jakarta: Bumi Aksara.

Ahmadi, A Dan Prasetya, JT. (2005) strategi belajar mengajar. Bandung Pustaka Setia.

Darmadi, H. (2010) pengantar pendidikan kewarganegaraan, Bandung: Alfabeta.

Dimyanti dan Mudjiono. (2002) belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka cipta.

DEPDIKNAS. (2003). Undamg-undang republic Indonesia No. 20 tahun

tentang sistem pendidikan nasional. Jakarta: Transmedia

Pustaka.

Ekawarna. (2011) penelitian tindak kelas. Gaung Persada.

Gagne. R.M, Briggs, L.J. (2000). Principles Of Instructional Design Second Edition. New York: United States Of America

Iskandar, (2009). Penelitian tindak kelas. Jakarta : Gaung persada.

Jihad, Asep & Abdul Haris. (2008). Evaluasi Pembelajaran. Jakarta : Multi Pressindo.

Leo, M (2009) Upaya guru meningkatkan hasil belajar melalui pemberian soal-soal latihan dalam pembelajaran PKn pada siswa kelas X SMA N 5 Kota Pontianak, STKIP-PGRI Pontianak.

Nawawi, H. (2007) Gadjah Mada University Press Pontianak.

Pedoman Operasional STKIP PGRI Pontianak Tahun Akademik 2011 – 2012

Sabrani, E (2013) penerapan metode demonstrasi dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa pada pembelajaran pendidikan kewarganegaraan di sekolah VIII A sekolah menengah pertama negeri 1 sungai kunyit kebupaten Pontianak. STKIP-PGRI Pontianak.

Saebani, BA. (2008) Metode penelitian. Bandung: Pustaka setia bandung.

Sanjaya, W. (2006), strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Bandung Kencana Prenada Media.

Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Subana dan Sudrajat, (2001), Dasar-Dasar Penelitian ILmiah. Bandung: Pustaka Setia.

Sudjana, N. (2004), Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Sugiyono, (2011), Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D, Bandung: Penerbit Alfabeta.

Suprijono, Agus. (2012). Cooperatif Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Suwandi, S. ( 2011). Model-model assesmen dalam pembelajaran. Yuma Pustaka.

Trianto, (2010). Panduan lengkap penelitian tindak kelas (classroom Action Research) Surabaya: Prestasi pustaka raya.

Widoyoko, EP. (2009), Evaluasi program pembelajaran. Pustaka pelajar.

William, J.G dan Paul. K.H. (2001). Social Research Methods. New York: Ramdom House

Wiriaatmadja. R. (2005), Metode penelitian tindak kelas. Remaja rosda karya.

Yamin, M, (2007). Desain pembelajaran berbasis tingkat satuan pendidikan. Jambi Gaung persada press Jakarta.

Yoni, A (2010). Penelitian tindak kelas , Yogyakarta : Familia.

Yudhawati, R. dan Haryanto, D. (2011). Psikologi pendidikan. Prestasi pustaka.

Zaelani, Endang. S.(2002). Pendidikan Kewarganegaraan.Yogyakarta: Paradigma.

Zuldafrial, (2012), Penelitian Kuantitatif , Yogyakarta: Media Perkasa.

Zuldafrial, (2012) Yuma Pustaka Surakarta.

http://id.shvoong.com/social-sciences/education/2162646-tujuan-fungsi-metode-demosntrasi/2014/07/2/11:34/


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-nc4.footer##