PENGARUH PENERAPAN METODE QUESTION STUDENT HAVE OLEH GURU PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 3 TERIAK KABUPATEN BENGKAYANG

Yordanus Dede, Idham Azwar, Uswatun Hasanah

Sari


Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi tentang Pengaruh Penerapan Metode Question Student Have Oleh Guru Pendidikan Kewarganegaraan Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Teriak Kabupaten Bengkayang. ”. Metode penelitian ini adalah metode eksperimen dengan bentuk penelitian yaitu Quasi Exsperimen Design dengan Pola Nonequivalen Control Group Design. Teknik pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) teknik observasi langsung dengan alatnya panduan observasi, (2) teknik pengukuran dengan alatnya tes hasil belajar, (3) teknik studi documenter dengan nilai pretest dan posttest. Question Student Have Oleh Guru Pendidikan Kewarganegaraan Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Teriak Kabupaten Bengkayang. Sedangkan Berdasarkan pada temuan penelitian, maka disarankan sebagai berikut: 1. Bagi guru Pendidikan Kewarganegaraan selalu meningkatkan keterampilan dasar mengajar yang meliputi: keterampilan pedagogik, keterampilan professional, keterampilan kepribadian dan keterampilan sosial. Hal ini dimaksudkan agar proses belajar mengajar dapat lebih optimal dan hasil yang diharapkan juga dapat tercapai sesuai dengan apa yang diharapkan. 2. Bagi guru Pendidikan Kewarganegaraan disarankan untuk menggunakan Metode Question Student Have dalam proses belajar mengajar mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan, agar siswa selalu antusiasme dalam mengikuti pelajaran yang di kelas, dan pada akhirnya hasil belajar mereka menjadi lebih baik.


Kata Kunci


Metode Question Student Have, Pendidikan Kewarganegaraan, dan Hasil Belajar Siswa

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abu Ahmad dan Joko Tri Prasetya. 2005. Strategi Belajar Mengajar. Bandung : CV. Pustaka Setia.

Andi Supangat. 2007. Statistik dalam kajian Dekskriptif Nonparameterik, Inparsial, dan Parameterik. Bandung : Alfabeta.

Asep Jihad dan Abdul Haris. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : PT. RajaGrafindo Persada.

Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan SMP. Jakarta: Depdiknas.

Emzir. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Hadari Nawawi. 2012. Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta : Gadjah Mada University Pres.

Hamdani. 2010. Stategi Belajar Mengajar. Bandung : CV. Pustaka Setia.

Hamid Darmadi. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.

. 2012. Pendidikan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi. Bandung : Alfabeta.

Hudojo. 2001. Evaluasi Pembelajaran. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Iskandar. 2012. Psikologi Pendidikan. Jakarta : Referensi.

Johnston. 2001. Learning Together and Alone. Allin and Bacon : Massa Chussetts.

Miftahul Huda. 2012. Cooperative Learning. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Nana Sudjana. 2010. Evaluasi Pembelajaran. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

. 2012 Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Purwanto. 2007. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta : Pustaka Pelajara.

Rusman. 2010. Metode pembelajaran. Jakarta : PT. RajaGrafindo Persada.

Slavin. 2008. Cooperative Learning. Bandung: Nusa Media.

Siberman. Melvin L. (2013). Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: Nuansa Cendekia

Somantri. 2001. Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta : Kencana.

Sri Esti Wuryaningsih Djiwandono. 2006. Psikologi Sosial. Jakarta : PT. RajaGrafindo Persada.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. 2009. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktis. Jakarta : Rineka Cipta.

Sukardi. 2010. Penilaian Pembelajaran. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Syaiful Bahri Djamarah. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Tim Penyusun. 2012/2013. Pedoman Penyusunan Skripsi bagi Mahasiswa.Pontianak : STKIP-PGRI.

Winarno. 2007 Pendidikan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Yatim Riyanto. 2010. Paradigma Baru Pembelajaran, Jakarta : Kencana Prenada Media.

Zaenal Arifin. 2010. Evaluasi Pembelajaran. Bandung : Alfabeta.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-nc4.footer##