PERANAN KEPALA DESA DALAM MENSEJAHTERAKAN MASYARAKAT

Dayu Tri Wahyudi, Yuliananingsih Yuliananingsih, Hadirianto Hadirianto

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan kepala desa dalam mensejahterakan masyarakat di desa Teluk Batang Utara. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan bentuk deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari berbagai informan dan keterangan langsung dari pihak yang dijadikan informan penelitian yaitu Kepala Desa, Ketua RT, dan Masyarakat desa Teluk Batang Utara. Hasil penelitian ini yaitu peranan Kepala Desa dalam mensejahterakan masyarakat di desa Teluk Batang Utara yaitu dengan memberikan motivasi kepada masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam pelaksanaan program-program desa yang telah direncanakan. Selain itu, kepala desa berperan dengan menjalankan tugasnya seperti menyelenggarakan pemerintahan desa, pelaksanaan pembangunan, pembinaan kemasyarakatan, dan pemberdayaan masyarakat desa. Faktor pendukung kepala desa dalam mensejahterakan masyarakat yaitu daya dukung atau partisipasi masyarakat. Faktor penghambat kepala desa yaitu sumber dan sumber daya manusia. Upaya kepala desa mengatasi hambatan dalam mensejahterakan masyarakat yaitu memberikan motivasi kepada masyarakat, meningkatkan kepercayaan masyarakat dan memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat.


Kata Kunci


Peran Kepala Desa, Sejahtera, Masyarakat

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Amantha, G. K. (2021). Peran Pemerintah Desa Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat (Studi Pada Pengelolaan Sumber Mata Air Panas Desa Way Urang). lmu Pemerintahan Widya Praja.

Alfian, Y., & Rahmat, A. P. (2019). Peran Kepala Desa Dalam Meningkatkan Kinerja Aparat Desa Di Desa Sangkanhurip Kecamatan Katapang Kabupaten Bandung. Jisipol.

Apriyani, R., Hakim, L., & Priyanti, E. (2022). Peran Kepala Desa dalam Pemberdayaan Masyarakat Desa. Ilmu Pengetahuan Sosial.

Bagus, N., & Sasmito, C. (2021). Peranan Gaya Kepemimpinan Kepala Desa Terhadap Peningkatan Partisipasi Masyarakat Dalam Pembangunan Desa. Reformasi.

Evardi, R. (2021). Kedudukan Kepala Desa Tempuran dalam Penerapan Otonomi Desa . Universitas Muhammadiyah Metro.

Gai, A. M., Witjaksono, A., & Maulida, R. R. (2020). Perencanaan dan Pengembangan Desa. Malang: CV. Dream Litera Buana.

Latif, A., Irwan, & Mustanir, A. (2019). Pengaruh Kepemimpinan Terhadap Partisipasi Masyarakat Pada Perencanaan Pembangunan. Jurnal Analisis Kebijakan dan Pelayanan Publik.

Rumkel, L., Sam, B., & Umanailo, M. C. (2020). Hubungan Kepala Desa, Badan Permusyawaratan Desa serta Lembaga Adat dalam Pelaksanaan Pembangunan Desa. Jurnal Administratio.

Manua, G., Sumampow, I., & Kasenda, V. (2017). Efektivitas Kepemimpinan Kepala Desa Dalam Pembinaan Kemasyarakatan Di Desa Klabat Kecamatan Dimembe Kabupaten Minahasa Utara. Eksekutif.

Ningrum, L., Mahardhani , A. J., & Utami, S. P. (2021). Peran Kepala Desa Terhadap Pembangunan Di Desa Wates Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo. Administratio.

Nutvi, A. (2021). Peran Kepemimpinan Kepala Desa dalam Meningkatkan Partisipasi Masyarakat di Bidang Pembangunan Desa. Jurna Administrasi Publik dan Ilmu Komunikasi.

Rahayu, S. (2020). Peran Kepala Desa Dalam Pelaksanaan Pembangunan Untuk Mensejahterakan Masyarakat Perspektif Politik Islam. Repository uinsaizu.

Ramadhany, F., & Ridlwan, A. A. (2018). Implikasi Pariwisata Syariah Terhadap Peningkatan Pendapatan dan Kesejahteraan Masyarakat. Muslim Heritage.

Semaun, F. (2019). Penyelenggaraan Pemerintah Desa. Pendidikan Kewarganegaraan.

Sugiman. (2018). Pemerintahan Desa. Binamulia Hukum.

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2023). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Wildasari, Setiawati, B., & Mone, A. (2020). Peran Kepala Desa Dalam Pembangunan Infrastruktur Jalan di Desa Kariango Kecamatan Lembang Kabupaten Pinrang. Kajian Ilmiah Mahasiswa Administrasi Publik.

Yusri. (2019). Hambatan Pembangunan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia dalam Program Alokasi Dana Desa (ADD) di Desa Tunjungan. Ilmu Sosial MAHAKAM.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-nc4.footer##