ANALISIS KESADARAN ETIKA SISWA PADA PEMBELAJARAN PPKN KELAS XI DI SMA KRISTEN SINAR KASIH NANGA PINOH KABUPATEN MELAWI

Timi Timi, Sitti Uswatun Hasanah, Muham Anwar Rube’i

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui bentuk kesadaran etika siswa pada pembelajaran PPKn kelas XI SMA Kristen Sinar Kasih Nanga Pinoh Kabupaten Melawi. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan bentuk deskriptif. Subjek penelitian yang di hasilkan dari mendapatkan informasi dengan keterangan langsung dari pihak yang di jadikan informasi penelitian ini yaitu: Kepala sekolah, guru PPKn, siswa kelas XI SMA Kristen Sinar Kasih Nanga Pinoh Kabupaten Melawi. Hasil penelitian ini yaitu analisis kesadaran etika siswa pada pembelajaran PPKn kelas XI di SMA Kristen Sinar Kasih Nanga Pinoh Kabupaten Melawi yaitu sudah berjalan dengan cukup baik. Bentuk kesadaran etika pada pembelajaran PPKn dengan duduk yang sopan di depan guru, berbicara yang sopan, tidak bolos dan kesiangan tanpa alasan yang tepat, dan bersegera masuk kelas sebelum guru masuk kelas. Faktor penghambat kesadaran etika siswa pada pembelajaran PPKn yaitu faktor internal berupa kepribadian siswa dan faktor eksternal berupa lingkungan siswa. Selanjutnya dalam membina etika siswa yaitu guru mengemban tugas penting dengan menjalankan perannya sebagai pendidik, pembimbing, dan motivator.


Kata Kunci


Etika Siswa, Pembelajaran PPKn

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Darmadi, H. (2020). Apa Mengapa Bagaimana Pembelajaran Pendidikan Moral Pancasila Dan Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan (Ppkn): Konsep Dasar Strategi Memahami Ideologi Pancasila Dan Karakter Bangsa.

Hasnawati, H. (2016). Pendidikan Akhlak Dalam Pola Asuh Orang Tua. Jurnal Pendidikan Islam, 28, 439. Https://Doi.Org/10.15575/Jpi.V28i3.557

Hutomo, H. T., Rindrayani, S. R., & Kadeni. (2023). Moral dan Eika Siswa SMA DI Trenggalek Menghadapi Era Masyarakat 5.0. Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial.

Parnawi, A., & Ridho, D. A. (2023). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Moral Dan Etika Siswa Di Smk Negeri 4 Batam. Jurnal Pembelajaran dan Pengembangan Diri.

Putra, H. M., Setiawan, D., & Nur, F. (2020). Perilaku Kedisiplinan Siswa Dilihat Dari Etika Belajar Di Dalam Kelas. Jurnal Prakarsa Paedagogia.

Ridho, D. A. (2023). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Perbaikan Moral dan Etika Siswa. Journal on Education.

Saputri, N., Mustari, M., Sawaludin, & Kurniawansyah, E. (2024). Penanggulangan Kenakalan Siswa oleh Guru PPKn di MAN 1 Lombok Tengah. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan.

Sitompul, L. U. (2017). Respek Siswa terhadap Guru. Jurnal Hermeneutika.

Suryani, L. (2017). Upaya Meningkatkan Sopan Santun Berbicara Dengan Teman Sebaya Melalui Bimbingan Kelompok. Jurnal Mitra Pendidikan.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitafif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Viningsih, T. V., & Listyaningsih. (2020). Peran guru PPKn dalam pembinaan karakter peduli sosial peserta didik di SMAN 1 Gedangan Sidoarjo. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan,

Aprilia, P. (2022). Etika pergaulan siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran.

Putra, H. M., Setiawan, D., & Nur, F. (2020). Perilaku Kedisiplinan Siswa Dilihat Dari Etika Belajar Di Dalam Kelas. Jurnal Prakarsa Paedagogia.

Khoirunnisa, A., Suryani, I., Azahra, B., Adila, N., & Fadilah, N. (2023). Etika Interaksi Guru dan Murid Dalam Menyayangi dan Menghormati. Journal of Basic Educational Studies.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-nc4.footer##