IMPLEMENTASI NILAI SOLIDARITAS ANTAR ETNIS PADA SISWA SMP NEGERI 1 NANGA PINOH KABUPATEN MELAWI

Nurhadianto Nurhadianto, Hemafitria Hemafitria, Maria Ratu Rosari

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi nilai solidaritas antar etnis pada siswa SMP Negeri 1 Nanga Pinoh Kabupaten Melawi. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan bentuk deskriptif. Sumber data diperoleh dari beberapa informan dengan keterangan langsung dari pihak yang dijadikan informasi penelitian yaitu Kepala sekolah, guru, dan siswa SMP Negeri 1 Nanga Pinoh Kabupaten Melawi. Hasil penelitian ini yaitu. Implementasi nilai solidaritas antar etnis pada siswa di SMP Negeri 1 Nanga Pinoh Kabupaten Melawi yaitu dengan menerapkan program jumat Qolbu dan koin peduli sehingga akan menumbuhkan nilai nilai kesatuan, nilai kerukunan, dan toleransi kepada siswa. Faktor yang mempengaruhi nilai solidaritas antar etnis yaitu faktor pendukung dan faktor penghambat. Faktor pendukung yaitu peran guru dalam proses penanaman nilai solidaritas dan penanaman nilai dalam keluarga. Peran aktif guru, keterlibatan orang tua, serta program-program sekolah yang inovatif dan mendukung, semuanya berkontribusi signifikan dalam menumbuhkan nilai-nilai solidaritas di kalangan siswa Faktor penghambat yaitu kurangnya kepercayaan diri siswa dan pengaruh media sosial.


Kata Kunci


Implementasi, Nilai Solidaritas, Etnis

Teks Lengkap:

PDF PDF

Referensi


Annisa, S. (2023). Memahami Sejarah Bangsa Melalui Museum Kebangkitan Nasional Dalam Membangun Karakter. JURNAL HISTORICA, 7(1), 130-146.

Arikunto, S. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta : Rineka Cipta.

Azra, A. (2005). Pendidikan Agama: Membangun Multikulturalisme Indonesia dalam Zakiyuddin Baidhawy, Pendidikan Agama Berwawasan Multikultural, Jakarta. Erlangga

Danti Marta Dewi. 2013. Kepercayaan Diri Ditinjau dari Pola Asuh Orang Tua Pada Siswa Kelas VII. Indonesia Journa of Guidance and Counseling Theory and Apllication .IJGC 2 (4) (2013)

Hamidah, S. (2015). Toleransi Perguruan Pencak Silat (Pagar Nusa, Kera Sakti dan PSHT). 11–31.

Nur Latifah, A. M. (2021). Pendidikan Multikultural di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 2.

Permata, Sari dkk. (2019). Pengaruh Intensitas Penggunaan Internet Terhadap

Sari, Y. M. (2016). Pembinaan Toleransi Dan Peduli Sosial Dalam Upaya Memantapkan Watak Kewarganegaraan (Civic Disposition) Siswa.

Subianto, J. (2013). Peran keluarga, sekolah, dan masyarakat dalam pembentukan karakter berkualitas. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 8(2).

Sofa, M. F. (2022). Pengaruh Bentuk Interaksi Sosial Terhadap Sikap Solidaritas. Journal of Social Science Education Vol. 1, No 1 (2020) 30-40

Wibowo, Priyanto. 2010. Tionghoa Dalam Keberagaman Indonesia: Sebuah Perspektif Historis Tentang Posisi dan Identitas. Jurnal of Prosiding The 4th International Conference on Indonesia Studies: “Unity, Diversity and Future”. Jakarta: FIB Universitas Indonesia.

Suryana, R. d. (2023). Upaya guru dalam menanamkan karakter anak usia dini melalui pendidikan multikultural. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2). 2474-2484

Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Wibowo, Priyanto. 2010. Tionghoa Dalam Keberagaman Indonesia: Sebuah Perspektif Historis Tentang Posisi dan Identitas. Jurnal of Prosiding The 4th International Conference on Indonesia Studies: “Unity, Diversity and Future”. Jakarta: FIB Universitas Indonesia.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-nc4.footer##