PENERAPAN PROGRAM PEMBINAAN KARAKTER RELIGIUS DI SMP NEGERI 3 SUKADANA KABUPATEN KAYONG UTARA

Idham Azwar, Erna Octavia, Sumiani Sumiani

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan program pembinaan karakter religius di SMP Negeri 3 Sukadana Kabupaten Kayong Utara.  Variabel penelitian menggunakan variable tunggal .Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan bentuk deskriptif. Subyek penelitian kepala sekolah,  guru PKn dan Siswa. Alat pengumpulan data penelitian ini adalah panduan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, kesimpulan dan verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian tentang  Penerapan Program Pembinaan Karakter Religius di SMP Negeri 3 Sukadana Kabupaten Kayong Utara  melalui Penerapan Progam Pembinaan Karakter Religius Di SMP Negeri 3 Sukadana Kabupaten Kayong Utara yaitu Pembentukan karakter siswa melalui kegiatan religius dapat membantu siswa dalam menambah pengetahuan tentang keagamaan dengan adanya rutinitas dan pembiasaan yang dilakukan dilingkungan sekolah dengan mempraktikkan nya secara langsung dalam kehidupan sehari-hari yang sesuai dengan karakter religius Sehingga mereka bisa mencerminkan dirinya menjadi pribadi positif dan berakal sehat. Adapun promblematika yang dihadapi dalam penerapan program penerapan program pembinaan karakter religius di SMP Negeri 3 Sukadana Kabupaten Kayong Utara pada pemantauan terhadap perilaku siswa dalam mengikuti kegiatan religius dan keteladanan dari orang tua siswa yang dirasa masih kurang. Adapun solusi yang bisa dilakukan adalah dengan pengawasan dan pemantauan terhadap perilaku siswa khususnya dalam mematuhi tata tertib sekolah.


Kata Kunci


Pembinaan Karakter Guru PKn, Sikap Implementasi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdul, M & Dian A. (2011). Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Abdul, M. (2011). Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung: Rosdakarya.

Abu, Ahmadi ,dkk. (2001). Ilmu Pendidikan. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Amin ,M. (2012). Pendidikan Karakter. Jakarta :Baduosen Media.

Basri Hasan. (1994). Remaja Berkualitas Problematika Remaja dan Solusinya, Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Berikut uraian deskripsi hasil penelitian yang telah dilaksanakan sesuai dengan hasil wawancara dan observasi di tempat penelitian.

Cahyono, H. (2016). Pendidikan karakter: strategi pendidikan nilai dalam membentuk karakter religius. Ri'ayah: Jurnal Sosial dan Keagamaan, 1(02), 230-240.

Hanafi, K. (2018). Membentuk Karakter Peduli Lingkungan Dan Kerja Keras Siswa Melalui Program Adiwiyata Di MAN 1 Ponorogo Tahun Pelajaran 2018/2019 (Doctoral dissertation, IAIN PONOROGO).

Ismaraidha., dkk. (2023). Internalisasi Karakter Peduli Lingkungan Dalam Keluarga Masyarakat Pesisir. Yogyakarta: PT.Green Pustaka Indonesia.

Julkarnain, J., & Tamam, A. M. (2022). Pembentukan kepribadian peserta didik melalui program Bina Pribadi Islami di SMPIT Ummul Quro Bogor. Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 15(1), 27-42

Kartika Im. (2016). Peranan Guru PPKN Dalam Mengembangkan Karakter dan ikap Pada Siswa SMA Dwi Indra Denpasar.

Kesuma Dharma, dkk. (2013). Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA.

Ningsih, Tutuk. (2015), Implementasi Pendidikan Karakter. (Purwokerto: Stain Press)

Okti, W. (2014). Pelaksanaan Nilai Religius Dalam Pendidikan Karakter di SD Negeri 1 Kebumen. IAIN Bengkulu.

Siswanto, S., Ifnaldi, I., & Budin, S. (2021). Penanaman Karakter Religius Melalui Metode Pembiasaan. AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1), 1.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA,CV

Suryani, L., Anwar, K., & Majir, A. (2022). Pembentukan Karakter Islami Peserta Didik melalui Program Pembinaan Pribadi Islami. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(4), 1220-1226.

Syafi'i, I., & Ekowati, E. (2023). Implementasi pendidikan karakter sebagai upaya peningkatan mutu Bina Pribadi Islami pada peserta didik. UNISAN JURNAL, 2(2), 965-973.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-nc4.footer##