IMPLEMENTASI NILAI CINTA TANAH AIR DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN PADA SISWA

Marwati Ulfah, Muhammad Anwar Rube’I, Erna Octavia

Sari


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi nilai cinta tanah air dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan pada siswa kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Al-Ma’arif Kota Pontianak. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan bentuk deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari berbagai informan dan keterangan langsung dari pihak yang dijadikan informan penelitian yaitu Kepala Madrasah Tsanawiyah Al-Ma’arif Kota Pontianak, Guru PPKn, dan siswa kelas VIII. Hasil penelitian ini yaitu implementasi nilai cinta tanah air dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan pada siswa kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Al-Ma’arif Kota Pontianak sudah terlaksana. Pelaksanaan nilai cinta tanah air dalam pembelajaran PPKn yaitu memiliki rasa kebanggaan terhadap lagu nasional/kebangsaan Indonesia, menghargai lambang negara dan simbol negara Indonesia, menghargai jasa para tokoh pahlawan, memiliki kepedulian dan tanggung jawab terhadap lingkungan belajar, serta memelihara ketertiban dan ketentraman terhadap sesama teman dari berbagai latar belakang yang berbeda. Penerapan Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan meliputi perencanaan pembelajaran PPKn, pelaksanaan pembelajaran PPKn, dan evaluasi pembelajaran PPKn. Faktor yang mempengaruhi pelaksanaan nilai cinta tanah air dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan terdiri dari faktor internal yaitu berupa kesadaran diri siswa dan faktor eksternal yaitu berupa lingkungan pergaulan siswa dan relasi/kerjasama dari pihak sekolah dengan keluarga.


Kata Kunci


Kata Kunci: Cinta Tanah Air, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Implementasi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Budiriyanti, Naiva. (2022). Peran Pendidikan Cinta Tanah Air Bagi Generasi Z.

Fatmahwati, A. (2024). Memperkokoh Karakter Cinta Tanah Air u ntuk Menciptakan “ Good Citizenship ” dalam Pembelajaran PPKn di SDN 1 Linggasari , Banyumas. 4, 16141–16148.

Kusuma, W. (2024). Cinta Tanah Air. Yogyakarta: Relasi Inti Media.

Mulyani, S. (2023). Analisis Nilai Karakter Cinta Tanah Air Dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila Kelas IV SDN Gununglarang 01. Jurnal Dialektika Jurusan Pgsd, 5(karakter cinta tanah air pada pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Pancasila), 1–10.

Noor, A. F. (2016). Pendidikan Kewarganegaraan melalui Program Bela Negara: Perspektif Mahasiswa Mencintai Tanah Air dan Bangsa (Studi Kasus Mahasiswa Program Studi PGSD Universitas Muhammadiyah Palangkaraya). Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 11(2), 1–8.

Paristiyanti Nurwardani, H. Y. (2016). Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia.

Riska, D. F. (2020). Internalisasi Nilai-Nilai Nasionalisme dalam Pembelajaran PPKN di Madrasah Ibtidaiyah Maarif Condro Jember. Educare: Journal of Primary Education, 1(2), 207–220.

Risvan Akhir Roswandi. (2022). Menakar Keselarasan Islam Dan Patriotisme. Al-Ihda’ : Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran, 16(1), 610–618.

Sayekti, S., Hadi, A. S. (2021). Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMA Negeri 1 Mranggen. Pawiyatan, 28(2), 21–30.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Toni Nasution, S.Pd.I, M. P. (2013). Konsep Dasar Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Membangun Karakter Siswa. Ijtimaiyah Jurnal Ilmu Sosial Dan Budaya, 53(9), 1689–1699.

Usman, N. (2002). Konteks Implementasi Berbasis Kurikulum. Jakarta: Grasindo.

Verbena Ayuningsih Purbasari, R. S. (2019). Framework Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Abad 21. Yogyakarta: UNY Press.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-nc4.footer##