ANALISIS MENJAGA LINGKUNGAN SEKOLAH PADA PROGRAM BINA PRIBADI ISLAM PADA SISWA KELAS VIII IKHWAN DI SMPIT AL-FITYAN KUBU RAYA
Sari
Abstrak
Penelitian ini memiliki tujuan umum untuk mengetahui kegiatan menjaga lingkungan sekolah pada program bina pribadi Islam pada siswa kelas VIII Ikhwan di SMP IT Al-FITYAN kubu Raya. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dan bentuk penelitian adalah deskriptif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII Ikhwan SMP IT AL-FITYAN yang berjumlah 10 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi langsung, teknik komunikasi langsung, dan teknik studi dokumenter. Alat pengumpul data yang digunakan adalah panduan observasi, panduan wawancara, dan dokumentasi. Teknik menganalisis data dalam penelitian ini dengan cara reduksi data, display atau penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian tentang Analisis Menjaga Lingkungan Sekolah Pada Program Bina Pribadi Islam Pada Siswa Kelas VIII Ikhwan SMP IT AL-FITYAN Kubu Raya melalui bentuk pelaksanaan menjaga lingkungan sekolah pada program bina pribadi Islam yaitu piket ruangan kelas, daur ulang, membuang sampah pada tempatnya, dan gotong royong. Faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan menjaga lingkungan sekolah pada program bina pribadi Islam yaitu faktor internal dan eksternal. pelaksanaan menjaga lingkungan sekolah pada program bina pribadi islam pada siswa kelas VIII Ikhwan SMP IT AL-FITYAN Kubu Raya berdampak sangat baik. Siswa menjadi lebih rutin dalam menjaga kebersihan lingkungan sekolah.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Ainissyifa, H. (2017). Pendidikan karakter dalam perspektif pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan UNIGA, 8(1), 1-26.
Cahyono, H. (2016). Pendidikan karakter: strategi pendidikan nilai dalam membentuk karakter religius. Ri'ayah: Jurnal Sosial dan Keagamaan, 1(02), 230-240.
Fa’izatul, A. B. I. D. A. H. (2022). Analisis program bina pribadi islam dalam pembentukan akhlak terpuji peserta didik di sdit teladan kota agung (Doctoral dissertation, UIN RADEN INTAN LAMPUNG).
Fadliyani, F., Sahal, Y. F. D., & Munawar, M. A. (2021). Implementasi Bina Pribadi Islam (BPI) dalam Membina Akhlak Peserta Didik di Sekolah Dasar Inspiratif Al-Ilham Kota Banjar. Bestari| Jurnal Studi Pendidikan Islam, 17(2), 165.
Falah Fajarul (2020) Bina Pribadi Islami. JSIT Publishing indonesia:
Ismaraidha., dkk. (2023). Internalisasi Karakter Peduli Lingkungan Dalam Keluarga Masyarakat Pesisir. Yogyakarta: PT.Green Pustaka Indonesia.
Kesuma Dharma, dkk. (2013) Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA.
Kohlberg, L. (1984)The psychology of moral development: The nature and validity of moral stages. Harper & Row.
Lukhi Mulia Shitophyta, S. A., & Jamilatun, S. (2021). Pelatihan pembuatan pupuk kompos dari sampah organik di Ranting Muhammadiyah Tirtonirmolo, Kasihan, Yogyakarta. Community Development Journal, 2(1), 136-140.
Marisa, U., Yulianti, Y., & Hakim, A. R. (2020, November). Pengembangan e-modul berbasis karakter peduli lingkungan di masa pandemi COVID-19. In Prosiding Seminar Nasional PGSD UNIKAMA (Vol. 4, No. 1, pp. 323-330).
Muis, M. A., Zahra, F., & Madany, A. (2024). Menjaga Kebersihan Lingkungan Sekolah Dalam Perspektif Islam. IJEDR: Indonesian Journal of Education and Development Research, 2(1), 493-496.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.license.cc.by-nc4.footer##