PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PELAJARAN PKN
Sari
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi permasalahan yang ada mengenai pembelajaran yang belum maksimal dikarenakan keadaan di kelas belum terlalu aktif dan kondisi kelas terkadang tidak kondusif sehingga mempengaruhi hasil belajar siswa. Tujuan dengan adanya penelitian ini adalah untuk memperbaiki proses pembelajaran di dalam kelas melalui penerapan model pembelajaran picture and picture untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan agar lebih baik. Metode dalam penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini dengan penerapan model pembelajaran picture and picture untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan di kelas VII E SMP Negeri 1 Tayan Hulu menunjukan terdapat peningkatan dari hasil belajar siswa dan dapat dilihat dari pra tindakan dengan hasil ketuntasan siswa awalnya 3,03% kemudian naik menjadi 36,37% pada siklus I. selanjutnya pada siklus II naik lagi menjadi 84,84%. Oleh karena itu penelitian dengan penerapan model pembelajaran picture and picture berhasil untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Aiman, U. (2018). Peningkatan Pemahaman Nilai-Nilai Pancasila dan Prestasi Belajar PKn dengan Metode Pembelajaran Cooperative Learning Model Picture and Picture di MIN 2 Sleman. Jurnal Pendidikan Madrasah, 3(1), 159–168.
Aisyah, N., Ijudin, I., Marliyana, C., & Nurlaeni, W. (2023). Analisis Metode Picture and Picture dalam Proses Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI). Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 104. https://doi.org/10.52434/jpai.v2i1.2889
Darmadi Hamid. (2020). Apa Mengapa Bagimana Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn): Konsep Dasar Strategi Memahami Ideologi Pancasila dan Karakter Bangsa. An1mage, Jakarta.
Fajri, L., Herianto, E., & Sawaludin, S. (2022). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Media Komik terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran PPKn Kelas VIII di SMP Negeri 2 Lingsar. Manazhim, 4(2), 371–382. https://doi.org/10.36088/manazhim.v4i2.1875
Iksan, K. M., Alfiandra, A., & Murniati, S. R. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran PPKn Siswa SMP. Jurnal Basicedu, 7(3), 1900–1910. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i3.5716
Marselina Ule Selny. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar PKn dengan Menerapkan Model Pembelajaran Picture and Picture pada Peserta Didik Kelas I SD Inpres Sumuraman Kecamatan Minyamur Tahun Pelajaran 2020 / 2021 Abstract : 6(November), 89–99.
Nabillah, T., & Abadi, A. P. (2019). Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Sesiomadika 2019, 2(1), 659. https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2685
Octavia, S. A. (2020). MODEL-MODEL PEMBELAJARAN. CV BUDI UTAMA.
Raharjo, R. (2020). Analisis perkembangan kurikulum PPKn: dari Rentjana pelajaran 1947 sampai dengan merdeka belajar 2020. PKn Progresif: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Kewarganegaraan, 15(1), 63–82.
Sayekti, P. P. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and Picture Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pkn. EduStream: Jurnal Pendidikan Dasar, 6(1), 43–55. https://doi.org/10.26740/eds.v6n1.p43-55
Septarina, S. (2021). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERUMUSAN DASAR NEGARA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF PICTURE AND PICTURE MATA PELAJARAN PPKn DI KELAS VII.A SMP NEGERI PAUH. Journal of Education Technology and Civic Literacy (JET CIVIL), 2(1), 30–38. https://doi.org/10.30743/jetcivil.v2i1.4473
Sugiyono. (2017). METODE PENELITIAN:Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (24 ed.). ALFABETA BANDUNG.
Suharsimi, Suhardjono, & Supardi. (2019). PENELITIAN TINDAKAN KELAS (Suryani (ed.)). PT Bumi Aksara.
Sukardi, M. . (2013). METODE PENELITIAN PENDIDIKAN TINDAKAN KELAS: Implementasi dan Pengembangannya (Hutari Fandy (ed.)). PT Bumi Aksara.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.license.cc.by-nc4.footer##