ANALISIS KARAKTER DISIPLIN SISWA DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PASKIBRA DI SMA NEGERI 3 SUNGAI KAKAP

Bellia Ridha Diniah, Fety Novianty, Moad Moad

Sari


Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi terhadap anggota Paskibra di sebuah sekolah menengah. Peneliti mempersiapkan segala dokumen yang diperlukan, seperti surat izin penelitian dan instrumen penelitian yang akan digunakan. Pada pertemuan dengan Kepala Sekolah, peneliti menyampaikan maksud dan tujuan penelitian serta menjelaskan prosedur yang akan dilakukan selama penelitian berlangsung. Setelah mendapatkan izin, peneliti berkoordinasi dengan guru atau staf yang terlibat untuk menentukan waktu pelaksanaan penelitian yang tidak mengganggu kegiatan belajar mengajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa partisipasi dalam kegiatan Paskibra berkontribusi dalam pengembangan karakter disiplin siswa melalui berbagai aspek, seperti kepatuhan terhadap aturan, ketepatan waktu, tanggung jawab, serta kerja sama tim. Latihan yang terstruktur, pembinaan mental, serta kedisiplinan dalam baris-berbaris menjadi faktor utama dalam membentuk sikap disiplin yang tidak hanya diterapkan dalam kegiatan ekstrakurikuler, tetapi juga dalam kehidupan sehari-hari.  Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa kegiatan ekstrakurikuler Paskibra memiliki dampak positif dalam membangun karakter disiplin siswa. Oleh karena itu, sekolah diharapkan dapat terus mendukung dan mengembangkan kegiatan ini sebagai bagian dari upaya penguatan pendidikan karakter.

Kata Kunci


disiplin, karakter siswa, ekstrakurikuler, Paskibra, pendidikan karakter

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adisel, A., Suryati, S., Rahyu, V. A., Widiyawati, W., Melinda, M., Juniarti, M. D. T., Berli, A., Satria, J. N., & Orsidia, A. (2021). Peran pendidikan kewarganegaraan dalam menumbuhkan kedisiplinan norma siswa sekolah dasar. IJOCE: Indonesia Journal of Civic Education, 1(2), 1–12.

Simanjuntak, J. (2016). Kompleksitas Manajemen Perguruan Tinggi.

Ashadi, A. K. (2010). Pengaruh Motivasi Kerja Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Bagian Produksi I Pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Moedal Kota Semarang. Universitas Negeri Semarang.

Haryono, S. (2016). Pengaruh Kedisiplinan Siswa Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi.Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(3), 261–274

Yuliananingsih. 2019. Peran guru Pendidikan Kewarganegaraan dalam membina kedisiplinan peserta didik. Edukasi: Jurnal Pendidikan.Volume 17, Nomor 1. DOI 10.31571/edukasi.v17i1.1073

Wachidah, N., & Suryati, S. (2022). Pendidikan kewarganegaraan sebagai dasar pembentukan sikap dan perilaku warga negara. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 10(1), 45–58.

Wibowo. (2012) . Manajemen Kinerja (Edisi Ke 3). Jakarta: Rajawali Pers.

Arniah, Arniah, Ahmad Rifa’I, and Miftahul Jannah. (2022). “Peran Guru Dalam Meningkatkan Karakter Kedisiplinan Siswa Madrasah Ibtidaiyah.” Jurnal Basicedu 6 (5)

Mardikarini, S., & Putri, L. C. K. (2020). Pemantauan Kedisiplinan Siswa Melalui Penetapan Indikator Perilaku Disiplin Siswa Kelas III. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 2(01), 30–37.

Wirawan, C. (2011). Faktor-faktor yang melatar belakangi perilaku destruktif pada remaja pelaku balap liar. University of Muhammadiyah Malang.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-nc4.footer##