PERAN GURU PENDIDIKAN KEWARNEGARAAN DALAM MENANAMKAN KARAKTER DISIPLIN SISWA

Filia Filia, Sulha Sulha, Idham Azwar

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui peran guru Pendidikan Kewarganegaraan dalam pembentukan karakter disiplin siswa di SMA Negeri 1 Galing Kabupaten Sambas. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan bentuk deskriptif. Subjek penelitian yang ada pada penelitian ini yaitu Kepala Sekolah, Guru PKn dan Siswa kelas XI SMA Negeri 1 Galing Kabupaten Sambas. Teknik pengumpulan data yaitu observasi langsung, komunikasi langsung, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini yaitu peran guru Pendidikan Kewarganegaraan dalam menanamkan karakter disiplin siswa di Kelas XI SMA Negeri 1 Galing sangat berperan penting. Guru berperan sebagai motivator, korektor, dan pembimbing. Strategi yang digunakan meliputi pemberian sanksi pembinaan, motivasi, penghargaan, dan reward kepada siswa yang menunjukkan perilaku disiplin. 2. Faktor penghambat guru dalam menanamkan karakter disiplin siswa yaitu terdapat faktor internal dan eksternal. Faktor internal merupakan faktor yang berasal dari dalam diri siswa. Sedangkan faktor eksternal, merupakan faktor yang berasal dari luar diri siswa yaitu faktor lingkungan.


Kata Kunci


: Peran, Guru PKn, Karakter Disiplin

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Andiarini, S. E., Arifin, I., & Nurabadi, A. (2018). Implementasi Program Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Pembiasaan Dalam Peningkatan Mutu Sekolah. Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 1(2), 238–244. https://doi.org/10.17977/um027v1i22018p238

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendeketan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Hamid, A. (2017). Guru profesional. Al-Falah: Jurnal Ilmiah Keislaman dan Kemasyarakatan, 17(2), 274-285.

Hamidah, W. T., & Adi, A. S. (2022). Peran Guru Pendidikan Kewarganegaraan dalam Membangun Karakter Nasionalisme Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Pucuk Lamongan. Kajian Moral dan Kewarganegaraan. Vol. 10 No. 4 https://doi.org/10.26740/kmkn.v10n4.p961-975

Muhammad, A. R. (2017). Lingkungan Pendidikan Dalam Implementasi Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Uniga, 8(1), 112–119.

Munawaroh, S. (2016). Perilaku Disiplin dan Kejujuran Generasi Muda di Daerah Istimewa Yogyakarta. BPNP.

Nurhidaya, Lundeto, A., & Luma, M. (2021). Peran Guru Kelas dalam Pembentukan Karakter Siswa Kelas III di Madrasah Ibtidaiyah. Journal of Elementary Educational Research.

Octavia, E., & Sumanto, I. (2018). Peran guru Pendidikan Kewarganegaraan dalam membentuk karakter disiplin siswa di sekolah. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan.

Ratnayanti, G. (2021). Sikap Preventif Melalui Tekni Puzzle. Jakad Media Publishing.

Rifki, A. W. (2022). Peran Guru Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Membentuk Karakter Disiplin Siswa Di Sekolah. Didactica: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran, 2(2), 46-51.

Amelia, N. ., & Dafit, F. . (2023). Strategi Guru dalam Menanamkan Karakter Disiplin Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(1), 142–149. https://doi.org/10.23887/jipp.v7i1.59956

Sabir, A., Fitria, D., & Maryana, A. (2022). Peran Guru PPKn dalam Mengembangkan Sikap Disiplin Pada Proses Pembelajaran Siswa Kelas XI SMAN 1 Sungai Geringging. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Teknologi Informasi.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-nc4.footer##