PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN CIVIC KNOWLEDGE SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
Sari
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan civic knowledge siswa kelas IX A SMP Pangudi Luhur Santo Alquino Tumbang Titi melalui penerapan model project based learning (PJBL) pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn). Rendahnya civic knowledge siswa, yang ditunjukkan oleh ketuntasan belajar hanya dengan 24,33% (rata-rata nilai 57,56) pada pra siklus, menjadi latar belakang penelitian ini. Penelitian tindakan kelas (PTK) ini melibatkan 37 siswa sebagai subjek penelitian. Data dikumpulkan melalui observasi dan tes hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan signifikan civic knowledge siswa setelah penerapan model PjBL. Ketuntasan klasikal ini meningkat menjadi 43,24% (rata-rata nilai 64,45) pada siklus I dan mencapai 81,09% (rata-rata nilai 79,86) pada siklus II. Penelitian dihentikan bahwa pada siklus II karena telah mencapai indikator keberhasilan. Perencanaan dan pelaksanaan PjBL ini dinilai baik, ditandai dengan penyusunan modul ajar yang terstruktur dan meningkatnya keaktifan siswa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa dengan adanya model PjBL efektif meningkatkan civic knowledge bagi siswa.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:
Rineka Cipta
Arikunto, (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta
Arikunto, dkk. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
Arikunto. (2018).Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Budimansyah, D, W. (2007). Civic Education ‘Konteks,Landasan, Bahan Ajar, Dan Kultur Kelas. Bandung: Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan Sekolah Pasca Sarjana UPI
Budimansyah, D. (2010). Pembelajaran
Pendidikan Kesadaran
Kewarganegaraan
Multidimensional. Bandung:
Genesindo
Darmadi, H. (2014). Metode Penelitian
Pendidikan dan Sosial. Bandung:
Alfabeta
Darmadi, H., & MM, M. (2018).
Optimalisasi Strategi
Pembelajaran. Guepedia.
Depdiknas .2006. Permendiknas No 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta
Depdiknas, 2008, “Kamus Besar Bahasa Indonesia”, Gramedia Pustaka Indonesia
Kurniasih, dkk (2014). Implementasi
Kurikulum 2013: Konsep &
Penerapan. Surabaya: Kata Pena
Mudlofir, dkk (2017). Desain
Pembelajaran Inovatif: Dari Teori
ke Praktek. Jakarta: Raja Grafindo
Persada
Muslika. (2010). Sukses Profesi Guru
dengan Penelitian Tindakan Kelas.
Yogyakarta: Interprebook
Nakada, dkk (2018). Project based
learning. Journal of the Medical
Society of Toho University.
Winarno. (2013). Pembelajaran
Pendidikan Kewarganegaraan.
Jakarta: Bumi Aksara
Winarno. (2012). Paradigma Baru
Pendidikan Kewarganegaraan
Panduan Kuliah di Perguruan
Tinggi. Jakarta: PT Bumi Aksara
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.license.cc.by-nc4.footer##