PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PELAJARAN PKN KELAS X SMA NEGERI 1KEMBAYAN
Sari
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah penerapan model pembelajaran Think Pair Share (Tps) untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pelajaran PKN di kelas X SMA Negeri 1 Kembayan. Dalam Penelitian ini, metode yang digunakan adalah penelitian tindakan. Bentuk penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas X1 SMA Negeri 1 Kembayan tahun pelajaran 2024/2025 yang berjumlah 37 orang yang terdiri dari 17 orang siswa laki-laki dan 20 orang siswa perempuan. Sedangkan objek penelitiannya adalah peningkatan hasil belajar siswa kelas X1 SMA Negeri 1 Kembayan. Hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn di kelas X1 meningkat setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (tps). Hal ini dapat terlihat dari hasil penelitian bahwa rata rata hasil tes pelajaran Pkn adanya peningkatan pada setiap siklus nya. Berikut rata-rata hasil tes siswa, pratindakan 59,21, siklus I 68,31 , siklus 80. Dan juga dapatl dilihat dari ketuntasan belajar klasikal yaitu sebelum tindakan 16,2% , siklus I 35,1% dan siklus II 78,37%.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Alfahmi, A. M., & Gunansyah, G. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tps Penrapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tps (Think Pair Share) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Jpgsd), 2(2), 1–11.
Arikunto, S. (2016). Penelitian Tindakan Kelas Edisi Revisi. https://scholar.google.co.id/citations?view_op=view_citation&hl=en&user=ZYhYmFcAAAAJ&citation_for_view=ZYhYmFcAAAAJ:08ZZubdj9fEC
Artama, S., Djollong, A. F., Ismail, Lubis, L. H., Kalbi, Yulianti, R., Mukarramah, Mardin, H., Ibrahim, M. B., Fatih, T. A., Holifah, L., & Diana, P. Z. (2023). Evaluasi hasil belajar.
Elestri, Y. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Dengan Menggunakan Metode Kooperative Tipe Stad Kelas IV SDN 12 Seluma. GUAU: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 2(2012), 69–74. http://202.162.210.184/index.php/guau/article/view/612
Djunaedi, A. (2014). Pengantar Perencanaan Wilayah & Kota. 170.
Hasanah, Z., & Himami, A. S. (2021). Model Pembelajaran Kooperatif Dalam Menumbuhkan Keaktifan Belajar Siswa. Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaaan, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.54437/irsyaduna.v1i1.236
Hasrifayanti, Idris, H., & Sahade. (2023). Pengaruh Strategi Mengajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Sekolah Menengah Kejuruan di Kabupaten Selayar. Pinisi Journal of Education, 3(4), 1–8
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.license.cc.by-nc4.footer##