IMPLEMENTASI KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN MAHASISWA PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN KAMPUS IKIP PGRI PONTIANAK

Trifonia Tarigas, Sitti Uswatun Hasanah, Syarif Firmansyah

Sari


Tujuan penelitian untuk memperoleh informasi tentang Implementasi Karakter Peduli Lingkungan  Mahasiswa Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kampus IKIP PGRI Pontianak. Ada pun tujuan khusus untuk mendeskripsikan: 1) Bentuk  Karakter Peduli Lingkungan  Mahasiswa  PPKn di Lingkungan  Kampus IKIP PGRI Pontianak, 2) pelaksanaan karakter peduli lingkungan Mahasiswa PPKn Kampus IKIP PGRI Pontianak, 3) Faktor yang mempengaruhi Implementasi Karakter Peduli Lingkungan Mahasiswa PPKn Kampus IKIP PGRI Pontianak. Pendekatan dalam penelitin ini adalah kualitatif dengan motode deskriptif dengan tujun untuk mendeskripsikan Implementasi Karakter Peduli lingkungan Mahasiswa PPKn Kampus IKIP PGRI Pontianak. Alat pengumpul data dalam penelitiana ini adalah panduan wawancara, panduan observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengumpul data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi atau penarik kesimpula. Hasil  Penelitian menunjukan bahwa sudah baik bentuk kesadaran mahasiswa dalam menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan sudah berjaan dengan baik, hal ini dapat dilihat dari halaman parkir, selasar dan ruangan lingkungan  sudah  bersih dan sudah tersedia tersedia tempat pembuangan sampah.

 

kata kunci: Karakter, Peduli Lingkungan, Mahasiswa PPKn.


Teks Lengkap:

Download PDF (English)

Referensi


Afriyeni Yeni, (2018). Mebentukan Karakter Anak Untuk Peduli Lingkungan Yang Ada Di Sekolah Adiwiyata Mandiri SDN 6 Pekanbaru, Vol 1, No 2,

Ardanita Bella Amanda, (2017). Membentuk Karakter Peduli Lingkungan Melalui Komunitas Pelajar Peduli Lingkungan Hidup (KPPLH). Transformasi Pendidikan Abad 21. 7(4), Hal: 969-974

Darmadi Hamid, (2013). Urgensi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Di Perguruan Tinggi. Bandung : Alfabeta.

Darmadi, H. (2008). Pendidikan Pancasila; Konsep Dasar Dan Implementasinya. Bandung: Alfabeta.

Fitri, Zaenul Agus. (2012). Pendidikan Karakter Berbasis Nilai Dan Etika Disekolah. Yogyakarta: Katalog Dalam Tertit.

Gusmadi, S. (2018). Keterlibatan Warga Negara (Civic Engagement) Dalampenguatan Karakter Peduli Lingkungan. Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 10 (1): 31-37.

Hariyanti Novi, (2017). Implementasi Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Di Sekolah Dasar Negeri Nomor 99/I Benteng Rendah Kecamatan Mersam Kabupaten Batangha.

Kastowo, Aris, (2018). Peran Himpuanan Mahasiswa Ppkn Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Pancasila Pada Mahasiswa Angkatan 2017. Iips Ikip Pgri Pontianak

Mustika,Fitri (2018). Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial.

Meleong, Lexy j. (2013). Metodologi Penelitian kualitatif . Bandung: PT Remaja.

Noviaty Fety, Dkk. (2014).Pembinaan Karakter Mahasiswa Melalui Organisasi Kemahasiswaan Di Stkip Pgri Pontianak.Jurnal Edukasi, Vol.12, No. 2

Purwanti, D. (2017). Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Dan Implementasinya.Jurnal Riset Pedagogik, 1(2), 14-20.

Rini Erlina Fajar, (2017). Implementasi Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Melalui Pembelajaran Pendidikan Lingkungan Hidup

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sri Narwati, (2011). Pendidikan Karakter Pengitegrasikan 18 Nilai Pembentukan Karakter Dalam Mata Pelajaran, Yogyakarta: Famili.

Sutoyo. ( 2011). Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Perguruan Tinggi, Yogyakarta: Graha Ilmu.

Trahati Melia Rimadhani, (2015). Implementasi Pedidikan Karanter Peduli Lingkungan Disekolah Dasar Negri Tritih Wetan 05 Jeruklegi Cilacap.

Tim Dosen IKIP PGRI Pontianak. ( 2014). Pedoman Penyusunan Skipsi Bagi Mahasiswa. Pontianak : IKIP.

Zuldafrial. (2011). Penelitian Kualitatif, Jakarta: Rineka Cipta.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-nc4.footer##