ANALISIS DAMPAK PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN SECARA ONLINE MENGGUNAKAN APLIKASI WHATSAPP KELAS XI IPA D DI SMAN 1 SENGAH TEMILA KABUPATEN LANDAK

Dilla A, Hemafitria .

Sari


                                                     

Tujuan penelitian untuk mengetahui dampak dari pembelajaran secara online dengan menggunakan aplikasi whatsapp terhadap belajar siswa di SMAN 1 sengah temila” Ruang lingkup penelitian adalah mengenai kesiapan guru dalam menggunakan aplikasi whatsapp untuk pembelajaran serta Dampak dari pembelajaran secara online menggunakan aplikasi whatsapp di SMAN 1 sengah temila kabupaten landak”. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah kualitatif dan bentuk penelitian yang digunakan studi deskriptif analitis. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA D dan guru PPKn. Hasil penelitiannya guru di SMAN 1 sengah temila siap dalam pembelajaran online ini hal ini terlihat Sebelum melakukan kegiatan pembelajaran daring guru terlebih dahulu membuat RPP, silabus  dan membuat materi  serta membuat tugas lalu di kirim lewat grouf whatsapp. Dampak pembelajaran secara online yaitu dampak positif memudahkan pendidik dalam menyampaikan pelajaran, menambah nilai kemandirian dan pendewasaan individu. Sedangkan Dampak negatif  pembelajaran jadi tidak kolektif, tidak terlalu banyak siswa yang faham dengan mata pelajaran yang di sampaikan melalui pembelajaran online atau daring, pendidik lebih banyak memberikan tugas ketika pembelajaran online dibandingkan dengan pembelajaran didalam kelas serta pembelajaran menjadi tidak efektif.


Teks Lengkap:

Download PDF (English)

Referensi


Dabbagh, N. and Ritland. B. B. (2005). Online Learning, Concepts, StrategisnAnd Application. Ohio: Pearson.

Fatimah, D (2021). Analisis pelaksanaan Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi COVID-19 Di Sekolah Dasar. Universitas Jambi

Lestari, W. (2021). Pemanfaatan Whatsapp Sebagai Media Pembelajaran Dalam Jaringan Masa Pandemi COVID-19 Di Kelas VI Sekolah Dasar. Skripsi Wiji Lestari. Jambi: Tidak Diterbitkan

Agustini, N.P.S, (2020).Penggunaan Media Sosial Whatsapp Pada Pembelajaran Agama Hindu Untuk Di Masa Pandemi. Jurnal Widya Sastra Pendidikan Agama Hindu, Vol.3, (1) 2020.

Hanurawan, F. (2010). Metode Penelitian Kualitatif Dalam Ilmu Psikologi. Depok : PT Raja Grafindo Persada.

Hariyati, S. (2015). “Persepsi Masyarakat Terhadap Pembangunan Jembatan Mahkota II Di Kota Samarinda” dalam Journal Ilmu Pemerintahan, Vol 3 (2) 2015


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-nc4.footer##