ANALISIS SCIENTIFIC APPROACH DALAM PEMBELAJARAN PPKN DI SMP NEGERI KECAMATAN BOYAN TANJUNG KABUPATEN KAPUAS HULU

Umi Sholehatun Mubarokah, Siti Uswatun Hasanah, Syarif Firmansyah

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis scientific approach dalam pembelajaran PPKn SMP Negeri Kecamatan Boyan Tanjung Kabupaten Kapuas Hulu. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan bentuk deskriptif. Subyek penelitian ini adalah wakakurikulum guru PPKn, dan siswa SMP Negeri Kecamatan Boyan Tanjung. Alat pengumpulan data menggunakan panduan observasi, panduan wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru PPKn di SMPN 1 Boyan Tanjung, SMPN 4 Boyan Tanjung, dan di SMPN 5 Boyan Tanjung sudah menunjukkan pemahaman yang baik tentang pendekatan ilmiah dilihat dari perangkat pembelajaran yang dibuat sudah menggambarkan pendekatan ilmiah. Proses pembelajaran PPKn menerapkan langkah pendekatan ilmiah yakni mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi, sampai mengkomunikasikan hasil. Faktor penghambat dalam penerapan scientific approach adalah sarana dan prasarana yang kurang, potensi sikap kreatif guru yang kurang merata, penjadwalan mata pelajaran PPKn di akhir jam pelajaran, dan kendala yang bersumber dari peserta didik. Faktor penghambat tersebut diminimalisir dengan media dan fasilitas yang tersedia, semangat dari semua pihak, guru-guru sudah mengikuti kegiatan pelatihan, dan kegiatan berpusat pada peserta didik.

 


Teks Lengkap:

Download PDF (English)

Referensi


Asmaroini, Ambiro Puji (2017). “Implementasi Nilai-nilai Pancasila Bagi Siswa di Era Globalisasi”. Jurnal Oleh Mahasiswa.1:442

Atsnan, M.F dan Gazali, R.Y. (2013). Penerapan Pendekatan Scientific dalam Pembelajaran Matematika SMP Kelas VII Materi Bilangan (Pecahan). [Online]. ISBN: 978-979-16353-9-4.

Hosnan, M. (2014). Pendekatan saintifik dan kontekstual dalam pembelajaran abad 21. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Ida Ayu Km Mirah Wartini, I Wayan Lasmawan, dan A.A.I.N Marhaeni. (2014). Pengaruh Implementasi Pendekatan Saintifik Terhadap Sikap Sosial Dan Hasil Belajar Pkn Di Kelas VI SD Jembatan Budaya, Kuta. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Pendidikan Dasar (Volume 4 Tahun 2014)

Lampiran IV, Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 81A Tahun 2013 Tentang Implementasi Kurikulum Pedoman Umum Pembelajaran

Manik Nur Haq dan Mukhamad Murdiono. (2019). Problematika Guru Dalam Penerapan Pendekatan Saintifik Pada Pembelajaran PPKn. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan Vol. 16 No. 2 Tahun 2019 | 165 – 176

Mukminan dan Anastasia Endah Anastika Dewi. (2016). Implementasi Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran IPS Di Middle Grade Sd Tumbuh 3 Kota Yogyakarta. Jurnal Prima Edukasia Volume 4 – Nomor 1, Januari 2016, (20 - 31)

Nawawi, Hadari. (2007). Metode Penelitian di Bidang Sosial. Yogyakarta: Gadjah Mada Press.

Nuroktya Ningsih. (2012). Hambatan Guru Pendidikan Kewarganegaraan dalam Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran di SMAN 1 Sanden. Jurnal Citizenship, Vol. 1, No. 2, Januari 2012, hlm. 125.

Permendikbud Nomor 59 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menegah Atas/ Madrasah Aliyah

Pudjiani, Tatik. (2014). Pendekatan Saintifik dan Penilaian Otentik. Yogyakarta: Spirit.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-nc4.footer##